23 January 2011

Andrian Firdaus

kali ini aku ingin bercerita, tentang seorang teman, bukan, seorang sahabat. sayangnya tidak terlalu banyak yang bisa kuceritakan. hanya sedikit catatan tentangnya, tapi ada. ada namanya dalam buku corat-coretku.

aku mengenalnya kurang lebih tiga setengah tahun yang lalu. saat itu, kami dipertemukan dalam suatu kelompok lomba karya tulis ilmiah mahasiswa baru (LKT-MABA). bersama dua orang arjuna dan seorang lagi srikandi. genaplah kami seperti sekawanan power ranger.
dia, yang paling kukenal dengan baik,
seorang lulusan Az-Zaitun, pondok pesantren modern di daerah jawa barat (aku lupa lokasi pastinya),
seorang penggila IT,
tidak terlalu mahir membawa sepeda motor (aku ingat betul dia hampir menabrakkan motorku ke sebuah kijang di depan Matos, dalam perjalanan ke rumah dosen),
seseorang yang pernah mendeklarasikan bahwa "makanan bergizi seimbang mustahil diterapkan oleh mahasiswa" lantaran aku, yang pada saat itu masih belum terlalu menguasai dunia per-gizi-an kalah debat olehnya yang menabrakkan antara kebutuhan makan dan keuangan anak kos,
seseorang dengan ritual-ritual anehnya (mungkin sebenarnya tidak aneh, tapi karena aku tidak tahu bentuk ritualnya seperti apa makanya aku lebih suka menyebut aneh),
sosok calon dokter yang luar biasa,
seseorang dengan mimpi yang,.. subhanallah...
seseorang yang selalu berpegang teguh pada "Everything is on Our (me and Allah's) hand",
apa sajalah,.. pastinya aku sangat bersyukur telah diperkenalkan kepadanya,..

malam ini, aku kembali teringat semua detail tentangnya,
bagaimana dia menceritakan kebanggaannya terhadap almamaternya Az-Zaitun
dengan leptop zyrex kesayangannya yang penuh dengan kenangan masa-masa SMA,
aku ingat siang itu, saat presentasi LKTM, sama sekali tidak kuhiraukan yang sedang berdiri didepan untuk presentasi. perhatianku tersita olehnya yang sedang asyik bercerita tentang mimpinya, mimpi yang insyaAllah tidak untuk diri sendiri, mimpi untuk membuat sebuah bangunan, atau kompleks bangunan, yang akan dijadikan sekolah, dan diberi nama "Bukit Surga", aku bahkan ingat betul dia sudah mulai merancang denah lokasi Bukit Surga itu, ada perpustakaan, ada tempat belajar, ada asrama, ada lapangan, dan kesemuanya itu sudah terpampang jelas di buku corat-coretnya...

aku ingat sore itu, dirumah salah seorang teman. sore yang sangat indah, matahari dengan sinarnya yang cukup kuat namun tidak menyilaukan, jingga yang tidak biasa. aku sempat memperhatikannya. dia seperti sedang memikirkan sesuatu. dan tiba-tiba dia berkata padaku, "sebaiknya malam ini kamu sholat tahajjud, nanti ku bangunkan, insyaAllah,..". aku tidak tau apa yang sebenarnya terjadi, aku hanya mengiyakan. dan ternyata dia benar-benar membangunkanku. sebenarnya aku tidak tau apa yang terjadi saat itu, tapi aku bisa merasakannya, memang benar-benar senja yang berbeda, aku bahkan tidak yakin pernah melewati senja seperti itu lagi setelahnya.

aku juga sempat menanyakan tentang nama depannya yang cukup unik menurutku, Andrian. agak janggal waktu awal-awal mengetahui itu. umumnya yang sering kutau, nama sejenis itu pilihannya kalau bukan 'Adrian' ya 'Andrean'. lalu dia menjelaskan, awalnya memang Adrian. namun untuk menggenapkan menjadi tujuh huruf (tau kan seberapa sakralnya angka tujuh dalam islam???) dan sama dengan nama belakangnya, ditambahkanlah huruf 'n' ditengahnya, dan jadilah Andrian Firdaus.

yeah,.. itulah namanya. Andrian Firdaus, 0710710087. seorang mahasiswa semester 7 angkatan tahun 2007 jurusan pandidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. yang sudah mendahuluiku, mendahuluimu, mendahuluinya, dan mendahului mereka semua untuk bertemu denganNya.

selamat jalan kawan,.. sepertinya Allah terlalu mencintaimu sehingga memanggilmu lebih dulu,.
semoga amal ibadahmu diterima disisi Allah SWT, semoga niat tulusmu sudah terhitung ibadah olehNya, semoga mimpimu tidak berhenti sampai disini saja,..

aku ingat satu hal yang pernah kamu sampaikan, 'there was an extraordinary love story in every ordinary life story", dan untuk kali itu aku tidak setuju padamu, because my life is always extraordinary... :)

2 comments:

Speak Up...!!! :D