13 January 2011

Sekilas Tentang Bahasa Manusia

bahasa...
apa sih bahasa itu???
menurut seorang Bapak, pengurus pensiunan pegawai PJB UP Gresik--aku lupa namanya--bahasa adalah suatu kesepakatan. kalau aku dan kamu telah sepakat menyebut suatu benda berbentuk tabung tanpa tutup dengan sebuah pegangan disisinya dan biasa digunakan orang untuk memasukkan air minum kedalam mulut sebagai sebutan "gelas", maka itulah bahasa.

pentingkah suatu bahasa???langsung kujawab saja, dengan penuh subjektivitas, PENTING!!!
karena dengan bahasa, kita bisa berkomunikasi. dengan bahasa, kita bisa tau apa yang orang lain maksud, juga sebaliknya. mungkin terkait juga dengan manusia yang merupakan makhluk sosial, yang tidak mampu hidup sendiri, yang harus bersama-sama dengan orang lain, sehingga penggunaan bahasa itu sangat penting.


lalu mengapa ada berbagai macam bahasa di dunia ini???mengapa tidak dibuat sama saja semuanya???agar tidak ada kaum mayoritas karena bahasanya digunakan sebagai bahasa internasional, juga kaum minoritas yang bahkan tinggal beberapa kepala saja yang benar-benar menguasai bahasa tersebut. mengapa???
kalau untuk itu, ya jawabannya kembali lagi kepada definisi dari bahasa:kesepakatan. sekarang bayangkan saja, jaman dahulu, belum ada tv, belum ada hp, belum ada bb, belum ada teleconferrence, belum ada 3G, belum ada satelit, bahkan listrik pun masih mati nyala, bagaimana caranya seluruh umat manusia didunia berkumpul untuk menyepakati bahasa yang dipakai???sangat tidak mungkin. kalau orang jaman dulu (di Indonesia), mungkin menyebutnya takhayul, atau apalah istilah yang lebih keras lagi untuk sesuatu yang amat tidak mungkin.

berawal dari situ, maka muncullah berbagai macam bahasa, yang biasanya memang memiliki kecenderungan 'berdasarkan daerah masing-masing', karena, ya memang saya akui, lebih mudah untuk bersepakat dengan satu daerah saja, daripada satu dunia. tapi masalahnya, sebutan untuk daerah itu sendiri juga beranekaragam, ada yang luaaaaaaaaaaaass, ada yang sempiiiiiitt, ada yang banyak orangnya, ada yang hanya beberapa, bermacam-macamlah. ditambah lagi dengan negara yang memiliki banyak pulau dengan lokasi yang terpisah-pisah seperti Indonesia, bayangkan sendiri sajalah...

seiring dengan perkembangan jaman, semakin banyak ragam bahasa yang tercipta. hingga saat ini, jenis bahasa itu sendiri dikelompokkan menjadi dua, yaitu bahasa verbal dan non verbal. bahasa verbal merupakan bahasa yang kita pakai sehari-hari, melalui omongan, pembicaraan, intinya adalah yang kita utarakan secara langsung. sedangkan bahasa non verbal, secara singkat dapat diartikan dengan bahasa tubuh.

ada yang menarik dari bahasa tubuh ini. ternyata eh ternyata, proses komunikasi yang kita lakukan selama ini, perbandingan penggunaan dan efektifitas dari bahasa verbal dan non verbal adalah 20:80. dari hal tersebut pula, saya menyimpulkan sendiri, bahwa ternyata bahasa non verbal itu jauh lebih penting dan lebih 'jujur' daripada bahasa verbal. seperti pepatah, lidah itu tak bertulang. maka segala yang terucap bisa jadi dibolak-balikkan. namun bahasa non verbal???sayangnya tubuh itu memiliki tulang. jadi agak sulit kalau dibolak-balik (yang terakhir rada' maksa--jayus!!!)

tapi memang betul juga, dilihat dari pengalaman pribadi, bahasa tubuh itu dapat dibaca, dapat diartikan, dan juga dapat menunjukkan apakah yang sedang dibicarakan seseorang itu hal yang benar atau tidak, dan sebaliknya. namun menurutku, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk dapat membaca bahasa tubuh. perlu latihan, perlu pengalaman, perlu pergaulan yang luas, perlu pengamatan yang cukup mendalam--kalau istilah di fotografi sih semacam "human interest" begitu.

berikut ada beberapa contoh bahasa non verbal yang sering digunakan, semoga bermanfaat...

1. Personal Space/Jarak Berdiri Antara 2 orang
menandakan Jarak yang menunjukkan jauh dekatnya suatu hubungan antara 2 orang

2. senyum
menandakan Perasaan orang sedang senang hati, nyaman, setuju

3. ekspresi muka
menandakan kondisi pikiran seseorang

4. open posture (postur tubuh yang terbuka, tidak menyilangkan tangan atau kaki)
menandakan Seseorang merasa terbuka, percaya diri

5. Tubuh condong ke depan ke arah lawan bicara
menandakan Lawan bicara ter tar ik pada pembicaraan kita

6. sentuhan
menandakan orang merasa mulai akrab

7. eye contact (lembut dan hangat)
menandakan Keterbukaan, apa adanya, terus terang

8. Anggukan kepala
menandakan Persetujuan, afirmasi, akrab, suka (terkecuali orang India, maknanya sebaliknya)

9. Meletakkan tangan seper ti ber topang dagu/menelpon dengan kepala dan badan tegak
menandakan Kondisi seseorang sedang menganalisa/menimbang pembicaraan orang lain

10. Mengangkat satu kaki dan kedua tangan di belakang kepala
menandakan Seseorang tengah merasa dominan, menantang, berkuasa

11. Menggaruk belakang kepala/leher
menandakan kesan bohong/ragu (Kesan lebih kuat jika muka dialihkan dari lawan bicara)

12. Menjulurkan tangan kepada lawan bicara dengan telapak tangan di atas
menandakan kejujuran, terus terang

13. Memukul tubuh sendiri (kepala, dahi atau paha)
menandakan sedang kelupaan atau menyalahkan diri sendiri

14. Tangan membentuk Piramid
menandakan Sikap percaya dir i, punya pendapat yang diyakini

15. Menguasai Gerakan Tangan (menggambarkan sesuai dengan perkataan)
menandakan Pembicara adalah orang yang berpikir secara visual

alright, mungkin itu saja sementara bahasa tubuh yang sering digunakan, terutama saat berbicara dengan orang lain. pelajari yang baik, kurangi atau bahkan hilangkan yang kurang baik, karena bahasa tubuh dapat menentukan mau jadi apa anda kelak,..(sedikit info, berdasarkan teman-teman yang sudah bekerja, saat wawacara kerja di perusahaan, bagian HRD-nya, biasanya amat sangat menguasai bahasa tubuh, dan bisa jadi merupakan penilaian yang sangat penting untuk menunjang keputusan mereka, dalam menerima anda atau tidak untuk bergabung dalam perusahaan)

...gud luck...

2 comments:

  1. gerakan tangan, tubuh, etc iku disingkat ae dadi somthing called "GESTURE"

    ReplyDelete
  2. tapi gerakan2 itu juga beda-beda jaaaa...ne' gesture kan istilah umum yang digunakan untuk menyebut gerakan tubuh, masalahnya adalah, gerakan tubuh yang seperti apa???

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D