11 February 2011

Fokus Fokus Fokus

selamat datang di kelas fotografi lagiii... hahha...

ehem... skali lagi, aku mau menekankan. disini aku akan tulis pengalaman pribadiku tentang belajar fotografi. jadi mohon dimaklumi dengan sangat kalau yang aku tulis ini tidak terlalu teoritis. soalnya, akupun gak pernah ikut kelas fotografi. dulu sih sempat ikut semacam seminar fotografi, tapi itu duluuuuuuuuuuu banget pas aku masih imut-imut, dan bisa dipastikan ilmu yang kudapat sudah terlindas dengan matematika, fisika, biologi, ilmu gizi dasar, farmakologi, anatomi fisiologi, ilmu bahan makanan, daaaaaaaaaaaaan lain sebagainya.
jadi, mohon dimaklumi yaaa... :)

nahhh,.. setelah kemarin berkenalan dengan kamera, maka sekarang saatnya berkenalan dengan salah satu cara mengambil gambar. sebelumnya, aku ingetin lagi, kamera yang dipakai disini ada dua,

  • pocket kamera keluaran sony yang uda jadul banget
  • semi DSLR punya canon, serinya kalo gak salah S5IS, gambarnya ada di postingan sebelumnya
kali ini, aku belajar tentang bagaimana cara mengatur fokus suatu gambar. lokasinya di tiga tempat, telaga dowo (gresik, 30.01.11), alun-alun kota Malang (Malang Raya pastinya, 2.02.11), dan yang trakhir taman rekreasi Selecta (Batu,3.02.11).

sebenarnya disini aku tidak akan membahas banyak-banyak sih tentang bagaimana cara mengatur fokus gambar, entah foreground atau backgroundnya yang difokuskan. intinya, kalu pengaturan ISO, ya sesuaikan dengan kondisi. kalau pengambilan gambarnya malam, berarti ISOnya dinaikkan. kalau siang, berarti ya sebaliknya. atau, kalau objek yang mau diambil sedang bergerak, maka pakai saja program sport, biar gak ribet.hehe,.. dan lain sebagainya.

ni,.. beberapa hasilnyaa.. yang di Telaga Dowo. Telaganya sendiri gak ku ambil gambarnya, soalnya gak ada yang menarik dari objek ituuu.hehe..
ini yang pertama, dan langsung bisa!!!
yang kedua!!! membuktikan kalau yang sebelumnya bukan kebetulan.hahhaa
tambahan aja nehh. biar lebih meyakinkan.hohoho
ollrait,.. itu yang hari pertama. setelah ituu, lokasi berpindah di Malang. gak langsung pindah siii, dan sekarang materinya sedikit dipersulit. aku mau belajar ngambil gambar, yang tetap fokus, dengan objek yang bergerak. jadinya, lokasinya ya di pinggir jalan, tepat di depan Masjid Jami' Malang. caranya ternyata gampang. dari jauh, objek yang mau diambil sudah di tangkep. terus difokuskan sambil diikuti pergerakannya, sampai objeknya sudah di depan kita (yang ini terserah, gak harus diikutin.hehe...), terus di jepret deh. dan ternyata, DG-camku juga berhasil melakukannya.haha.. ini buktinya.
ini yang pake DG-cam. pertama nyoba, langsung sukses. yeyyy.. ^^
si Canon beraksiiii
rada' gak jelas kalau yang ini
ini yang sedikit berbeda peletakan fokusnya. tapi gampang aja kalau yang ini mah, tinggal asal jepret, cuma nunggu momennya yang agak susah.
itu tuhh,.. masjid Jami'nya Malang :)
dan ini bonus untuk malam itu. diambil dari jembatan penyebrangan yang ada di sebelah utara alun-alun kota Malang, kalau yang ini aku gak tau bagaimana caranya, si Jeff yang ngambil. dan jahatnya dia gak mau ngajarin akuuu. >,<

mungkin ada faktor kebetulan disini, soalnya setelah aku minta dia untuk nyoba ngambil gambar yang sejenis, ternyata gagal!!! hahahaha..

dan setelah itu, mulai deh belajar tentang pengaturan foreground atau backgroundnya yang mau di fokuskan. sebenarnya aku masih belum terlalu menguasai tekniknya. tapi beberapa gambar yang ku ambil ternyata menghasilkan fokus yang berbeda-beda. anehhhh.. -_-'

terlihat kan perbedaan antara kedua gambar ini???
yep,. mungkin itu saja kelas fotografi kali ini. mohon maaf apabila info yang ku sampaikan amat sangat terbatas. karena sepertinya postingan ini lebih kepada pengungkapan kebahagiaan saat bisa mengutak-atik si Canon dan memaksimalkan si Sony. hehehehe..

sampai jumpa di kelas fotografi berikutnyaaa... :D

2 comments:

  1. kalo foto yg km minta ajarin temen kamu tp ngga di kasih tau caranya itu gini..

    -aku baik kan..haha :p-

    kalo pake dslr,settingnya pake M (manual).trus shutter speednya(S) di lambatin,pake itungan detik,bukan sepersekian detik.trus diafragmanya(F) di atur ke bukaan paling besar.kalo masih gelap,ISOnya digedein..

    intinya kayak gitu sih..hehehe

    btw coba main ke infofotografi.com disitu banyak basic2 fotografi.amat sangat membantu abis baca artikel disitu..:)

    ReplyDelete
  2. hwaaaa..baik bangeeeet. thx infonyaa
    kapan2 aku coba deeee :D

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D