20 April 2011

Wisata Segoro Indah Dalegan (WiSID)

hai hai hai semuanyaaa.. selamat berjumpa kembalii. setelah beberapa kali postingan yang 'semi' galau atau apalah itu sebutannya, sekarang mau cerita lagiii,.. tentang jalan-jalan lagiiii. sudah lama gak jalan-jalan, rasanya postingan terakhir tentang itu yang pas ke Kawah Ijen tahun baru 2011 kemaren. hemmmmmhh,.. jadi anak rumahan rasanya diriku *ato anak kosan???
hahh.. apa aja boleh deeehhhhh....

stiker WiSID. free --> tiap masuk pasti dapet ^^
tema perjalananku kali ini adalah PANTAI, dan akhirnya, setelah sekian lama hanya jadi 'penonton' tiap kali mantai--sebutanku untuk kegiatan jalan-jalan ke pantai--kemarin, (17 april 2011) aku 'berani' mencelupkan kaki hingga ke mata kakiku ke air laut!!! yeyyyy... selamaaaaaaaaattttt *lebay
tapi beneran loooo,.. terakhir main air di laut itu kapan yaa??? kalo gak salah kelas 1 SMP, dan setelah itu GAK PERNAH SAMA SEKALI. naik banana boat, oke,.. tapi gak nyebur. naik kano, pernah juga. tapi lagi-lagi sekuat tenaga berusaha untuk gak basah.

kenapa??? trauma??? nggak kok.
takut??? gak jugak.
trus apa donk??? gak tau,. males aja. hehe *jedieeeerrrrr

kemarin ke pantainya gak sendirian looo,. tapi gak rame-rame jugak. aku cuma berdua sama si Lia a.k.a ranger Kunink (yang gak tau kenapa dipanggil Ranger Kunink pasti belum baca postingan tentang catatan perjalanan sebelumnya!!!). setelah  melalui proses negosiasi yang cukup alot, akhirnya Kunink setuju untuk menemaniku jalan-jalan. iyalaaahhh,.. secara aku ke rumahnya sendirian siang-siang bolong kayak anak ilang gitu, siapa yang tega cobaa???
ntar kalo aku di culik gimana?--> gak mungkin -_-"
kalo aku nyasar gimana?--> ini lagi, sambil merem aja uda nyampek kokk. hassss.. 
kalo aku kenapa-kenapa di jalan gimana?--> salah sendiri kalo itu mah... hahaha

olraitt.. hentikan mae!!! langsung promosikan ceritakan tentang PANTAI. ok??? PANTAI!!!
pantai yang aku kunjungi, nama resminya WISATA SEGORO INDAH DALEGAN disingkat WiSID.
*yang gak tau artinya SEGORO=samudra (bahasa jawa)
pantai ini letaknya di Panceng, Kabupaten Gresik. gak tau Gresik??? itu tuuhh,. tetangganya Surabaya, sekitar 15 km ke arah barat, kota industri, kota santri, tempat asal muasal pudak dan nasi krawu. dan Panceng sendiri, letaknya kurang lebih 30 km ke arah barat laut dari Kota Gresik.
peta surabaya-gresik-panceng
Pantai Dalegan (begitu biasanya orang-orang menyebut), bukan satu-satunya pantai berpasir yang ada di Kabupaetn Gresik. namun setauku, baru pantai ini yang benar-benar dikelola dengan baik. yang lain bagaimana??? kebanyakan aksesnya masih sulit, dan belum terjamah. ditambah lagi aku gak tau jalannya, jadi daripada nyasar dan nambah-nambahin kerjaan, mending yang pasti-pasti aja dehhh. :)
gerbang selamat datang
untuk akses kesana, menurutku tidak terlalu sulit. walaupun aku masi gak tau juga, kalo ngangkot naik apa ya??? beberapa kali kesana pasti bawa motor soalnya. tapi bisa ku pastikan mudah kok. dan jalan yang dilalui juga jalan besar, trus petunjuk-petunjuk buat sampai di lokasi (termasuk petunjuk jalan dan masyarakat yang bisa di tanyai kalo nyasar) cukup jelas. jadi gak perlu khawatir *dan makanya itu tadi kubilang kalo nyasar, gak mungkin. hehe 

oia,.. beberapa orang juga menyebut pantai ini pantai PASIR PUTIH. alasannya? ya karena pasirnya putih. apalagi coba??? dan setelah kulihat-lihat kemarin, ternyata memang begitu kok *lhahh.. prasaan bukan sekali itu aku kesana #baruSadar

biaya masuknya Rp. 4000,00/kepala (murah meriah oiyy,..), ditambah ongkos parkir motor Rp. 2000,00/ekor (lebih murah lagi). jadi, kemarin, aku (AKU???) cuma ngeluarin uang sepuluh ribu rupiah saja, dan bisa menikmati keindahan Pantai Dalegan seeeeepuasnya.
*kalo mobil ato kendaraan besar lainnya aku gak tau. maaf,.. kemarin gak sempet nyatet jugaakk. tapi kayaknya gak seberapa jauh deh bedanya. toh yang di kena'in biaya kan per kepala. betul gak??? menurutku sih gitu,.. iya deh. anggep aja kayak gitu. hahhaha #sesat

trus di pantai ngapain???
1. main air
2. main air
3. main air
4. fot-foto
5. main layangan
6. foto-foto lagiiii...:D

tapi emang itulah yang aku dan Kunink lakukan. dan beruntungnya, dia (Kunink.red) bersedia jadi model dadakanku. hahahha *mumpung gak ada si Mpus. kalo ada, pasti aku yang di potoin. males deeee, trus kapan aku belajar foto-fotonyaaa??? #curcol. Lupakan!!!
ranger kunink beraksi di depan sonycam. hehe
sebenarnya disana juga ada fasilitas khas permainan pantai, misalnya persewaan kano, banana boat, dan naik perahu. tapi aku sama sekali gak nyobak, selain gak minat, gak bawa baju ganti, alasan yang paling memberatkaku adalah gak bawa uang. hahaha.. bener-bener kayak anak ilang.
trus ada juga flying fox. cuma menurutku gak terlalu seru, soalnya jalurnya pendek, dan gak terlalu tinggi. jadi ya kurang menantang gituuu *sombongnyaaaa -_____-"
perahu
kano
banana boat (tapi gak ada yang makek -_-")
satu yang membuat aku cukup terhibur, disana banyaaaak banget anak kecil dengan segala tingkahnya. ada yang main pasir, main air, pake pelampung yang kebesaran, dan ada juga yang main layangan *ada orang jual layangan, bagus bagus bentuknya 
mereka-mereka yang sedang bermain pasir

banyak banget kan layangannya???

anak kecilnya buwwwwwanyak jugak. sukak deee ^^

ini juaranya. dia lagi main layangan ceritanya. dan tingkahnya sumpah bikin ngakak. hehe
syukurnya kemarin cuacanya bagus banget, gak panas, tapi gak hujan juga. jadi adem, ditambah angin laut yang semilir-semilir, bikin tambah enak kalo maen layangan.
kunink 'nyulik' layangannya adek kecil
adek baik hati yang besedia minjemin layangannyaaa ^^
 oia,.. ada yang kelupaan. karena pantai ini merupakan pantai utara pulau jawa, jadi jangan berharap bakal ada ombak besar bergulung-gulung serta orang-orang maen surfing yaaa... GAK ADA SAMA SEKALI. bahkan ombak pun keciiiiiiiiiiilll banget,. cuma berbui waktu udah mau nyentuh pasir kering. tapi menurutku, hal itu gak mengurangi indahnya pantai Dalegan kokk ^^
menurut kalian, pantes gak dibilang pantai pasir putih???
aku aku akuuu... biar ada bukti jugak kalo aku emang bener-bener kesana. hahaha
 olraitt,..ku kira itu saja yang bisa aku bagikan teman-teman. semoga bermanfaat, dan semoga bisa mantai lagiii--karena sudah ku putuskan untuk berbaikan dengan pantai *mungkin ini alasannya aku gak mau basah-basahan sebelumnya. aku musuhan sama pantai. tapi sekarang sudah tidak. kenapa musuhan??? emmmhhh.. kenapa yyaaa????? hehe....

IstanaMungil, 20 April 2011

23 comments:

  1. jadi pengen mantai... ~___~

    ReplyDelete
  2. wah, saya belum pernah main ke pantai di daerah jawa...
    jadi pengen kalo liat foto2 nya ke pantai yang seru kayak itu!

    oh ya, motor kok disebutnya "... per ekor" ya?
    "... per biji" lebih baik kali, hehehe... ya sudahlah! :D

    ReplyDelete
  3. hai vmee.. brangkat looo kalo pengen :D

    hehehe.. isenk aja bang Adhi, pake sebutan itu. gak tau juga tapi yak,. gak sengaja kayaknya..
    aku malah bosen pantai di jawa, kangen yang di kalimantan

    ReplyDelete
  4. Bagi warga Gresik, barangkali pantai delegan adalah satu-satunya pilihan, tapi sayang, potensi itu belum di kelola layaknya sebuah aset yang laku dijual, seperti pantai milik tetangga sebelah kita itu.

    Entah berapa kali saya berkunjung kesana, sekedar iseng, terkadang hanya mengantar keponakan yang ternyata iseng juga untuk sekedar melihat pantai yang bisa dinikmati, tapi setiap kali berkunjung nampak tak ada perkembangan yang berarti, tapi ya sudahlah, barangkali memang sampai disitu keseriusan kita dalam menggali potensi daerah, dengan tanpa surut berharap akan ada perbaikan disana.

    Oh.. ya, salam kenal, selamat datang di dunia blogger, saya lihat anda aktif menulis sebagai blogger, semoga tak bosan menulis dan berbagi pengalaman lewat tulisan, banyak blogger datang dan pergi, semoga anda salah satu yang datang dan tetap tinggal serta tak bosan untuk menulis.

    Jika anda tak berkeberatan, saya akan memasukkan blog anda ke agregator(http://nggersik.com) yang lama mati suri dan tak terurus, itupun jika anda berkenan.

    Salam

    ReplyDelete
  5. saya dapat info dari temen saya yang tinggal di daerah Bungah, katanya sepanjang unjung pangkah situ sebenarnya banyak juga pantai. tapi ya itu,. lagi-lagi belum tersentuh, belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal juga. mungkin betul juga kata anda, kalo memang sampai disitu sajan keseriusan kita dalam menggali potensi daerah. terutama dalam bidang pariwisata.

    salam kenal jugaa :D

    barusan saya buka linknya. sepertinya menarik. boleh dehh. trimakasih yaaa,..dan semoga kita semua bisa tetap tinggal disini :)

    ReplyDelete
  6. asik nih jalan-jalan..

    salam kenal dan salam follow mbak..

    ReplyDelete
  7. iya donk. siapa coba orang di dunia ini yang gak sukak jalan-jalan.

    salam kenal jugaa :D

    ReplyDelete
  8. haduh mae saya tuh anak pantai masa ga diajak mantai si *garuk-garuk dagu sambil diangkat dagunya (padahal kalo dipantai juga ga beda sama mae nonton aja dr pantai orang-orang pada berenang karena ya sama juga kaya mae males aja main basah-basahan *ngelessssss :D)

    ReplyDelete
  9. cieee..anak pantai katanya. pantai mana buuuu'??hehe..
    ya maap atuh nenk,. namanya juga dadakan. besok besok lagi dahh ku kabarii. hehe :D

    ReplyDelete
  10. waaaah jadi pengeen main kesana.. hmmm,, kapan yaaa saya bisa kesana... ckkckckc

    ReplyDelete
  11. waduh jadi pengen, nanti kalo gue mau kesono, lo jadi tour guide nya yah :D

    ReplyDelete
  12. wwwaahh pengeeennn ke pantaaaaiii!
    serrruuuuu..!

    anyway salam kenal ya, visit my silly blog juga ya, hehehe. :D

    ReplyDelete
  13. wah kayak beberapa wisata shopping di Bali ya? kalo masuk dapet stiker. tapi klo di bali stikernya ditempel di baju kita. bagaimana dengan pantai dalegan?

    ReplyDelete
  14. candra : ayok brangkaaatttt

    pina : sieph dahh. yang penting sampe kesini dulu kamunyaaa. hehe

    sri : iyadooonkkk. salam kenal jugaaak :D

    bobby : jo*er maksudnya?? kalo di dalegan gak ditempelin. jadi ngasihnya pas di loket masuk. skalian sama tiket masuk n karcis parkirnyaa :)

    ReplyDelete
  15. kunjungan nyasar di mari...
    cah gresik toh...? hehehe
    salam kenal..

    ReplyDelete
  16. iyahh.. lahir dan besar di gresik. hehe
    salam kenal jugaa :)

    ReplyDelete
  17. Di Indonesia banyak tempat wisata yang bagus. slah satunya pantai.



    Pantainya bagus dan satu lagi, airnya jenih ya.... pengin suatu saat ke situ!

    ReplyDelete
  18. buseet, pantainya rame banget yah?. udah kayak cendol gitu orangnya dimana-mana.. saya belom pernah ke WISID sih.. tapi kalo liat banyak orang gitu jadi malees.. hahaha mendingan nyari yang enak, masih sepii..

    ReplyDelete
  19. ello: setuju bangeeetttt..

    gaphe: hahaha.. mungkin karena emang gak ada pantai lain kali yaaa di gresik (yang sudah terawat maksudnya), jadinya ya gitu, pas wiken di serbu orang banyak. tapi kalo malem2 kesana sepi kok :P

    ReplyDelete
  20. hallo mbak mae salam kenal..

    aku sekarang tinggal di surabaya sih, tapi belum pernah berwisata ke gresik. padahal cuma deket. hehe..

    oh ya, mau tanya nih.. kalo nasi krawu aku tau tapi kalo pudak sama panceng ki opo? haha..

    ini ke pantainya waktu liburan kah? rame bener.. lebih tepatnya bukan mau liat keindahan pantai kalo kayak gini, tapi liat lautan maunusia.. hehe

    @gaphe: kalo ente ke kenjeran aja bang.. wkwkkwkwk :p

    ReplyDelete
  21. iyah. pas hari minggu. hehe,.. mau gimana lagi. emang di gresik kekurangan tempat wisata. makanya sekalinya ada bakal rame banget kayak gini.

    PANCENG itu nama daerah kang (atau desa lebih tepatnya), dimana terdapat WISID ini,.

    kalo PUDAK, temennya nasi krawu, salah satu kuliner khas gresik. terbuat dari tepung beras,biasanya dibungkus daun wana putih tulang :)

    ReplyDelete
  22. dilihat dari foto2 dan ceritanya, ni pantai udah ga perawan lagi ya? hahaha.. biasanya pasti udah kotor karena orang2nya rame bener...
    tapi, pantai memang selalu mengasyikkan ya..

    itu kasian banana boat ga ada yg nyobain.. kalo di tidung sih orang2 pada rebutan naek banana boat.

    tengkyu ya uda mau ikutan giveaway sayaa :D

    ReplyDelete
  23. kalau mau yang perawan, di tanah bumbu banyak kak,. hehe..

    trimakasih kembalii :)

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D