14 May 2011

attitude, sopan santun, or, whatever..

attitude = sikap, pendirian, letak (kamus inggris-indonesia) 

attitude is a hypothetical (=hipotesis) construct that represents an individual's degree of like or dislike for something (wikipedia)

attitude (sikap) adalah ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap suatu hal (psikologi umum, ebook)

dan sepertinya gambar ini bisa menjelaskan dengan lebih gamblang tentang makna dari ATTITUDE yang sebenarnya...

asal muasal gambarnya ku copas dengan semena-mena dari sini

ATTITUDE is a CHOICE!!!

beda lagi dengan sopan santun,..


sopan santun adalah cara yang kita terapkan dalam kehidupan untuk memberikan cerminan kondisi diri kita (anneahira.com)

ada juga yang bilang, sopan santun adalah sikap menunduk, menempatkan diri dibawah orang yang dianggap memiliki kedudukan diatasnya, mengagungkan mereka, diam, dan tidak melawan (pandangan di Indonesia pada jaman penjajahan) *heiyyyy... aku paling gak sukak dengan definisi yang ini

tapi ada pula yang cukup bijak (seumbernya sama) dengan menyampaikan bahwa sopan santun adalah penghargaan terhadap orang lain serta hukum yang berlaku di sekitarnya. mengenai cara dan batasan tentang definisi sopan santun, sangatlah bergantung pada hukum adat atau norma masyarakat setempat, baik secara tertulis maupun tidak

ehhh.. tiba-tiba negtik-ngetik gak jelas gitu. maap yah teman-teman, bukan maksud marah-marah or anything else *padahal biasanya emang kalo lagi marah-marah sengaja nge-post yang hurufnya acak adul kayak gini. hahaha

hemmmm.. beberapa hari ini (ato mungkin sehari belakangan yang paling parah), buwwwwwanyak banget yang ngomongin masalah ATTITUDE dan SOPAN SANTUN *eaaa... gede-gede lagi nulisnya :P

sampe muak rasanya. kayak yang ngomongin itu ngerti aja artinya. padahal yo gak sama sekali. *aku pun juga begitu sebelum bikin postingan ini.

yang bikin kaget, ternyata arti kata ATTITUDE atau kalo di bahasa indonesiakan adalah SIKAP, TAPI bukan SIKAP yang seperti biasanya aku pikirkan. SIKAPnya beda. bedaaaaaa banget. SIKAP disini hubungannya sama REAKSI. reaksi terhadap SESUATU, sederhana pilihannya adalah SUKA ato GAK SUKA. *hayo looooo... yang kemaren-kemaren ngomong masalah ATTITUDE tapi SALAH ARTI... ayo ayo di cabut lagi omongannyaaaaaa...  
apalagi sampe ngomongin ATTITUDEnya ORANG LAIN. konteksnya aja udah SALAH. bisa ku jamin deeehhhh kalo pengertian ATTITUDE menurut MEREKA *yang ngerasa angkat tangan yahhhh... ^^ SALAH JUGAK!!!

makanyaaaa... kalo pake kata-kata bahasa planet tuh di perhatiin duluuu artinya apa. gak usah sok-sok'an keren deeeeehhhhh. jadi SALAH semua kaaannn??? hemmmm...

sebenarnya aku gak pengen membahas terlalu banyak tentang sopan santun. soalnya emang sebenarnya gak nyambung. cuma,.. menurut MEREKA *lagi-lagi mereka,. berdasarkan konteks kalimat yang dipakai, ATTITUDE itu diartikan sebagai SOPAN SANTUN. padahal kalo yang di atas tadi kan artinya BEDA BANGEEEETttt. jadi buat info aja dehhh.

olraitt olraitt.. gak mau lagi denger kata ATTITUDE yang DISALAH ARTIKAN 
di PAKEK. buat kamu-kamu semua, kalo ada masih aja nemu orang yang salah pake itu kata, suruh baca tulisan ini aja. okehhhh???? *promosinya gak pernah lupa. hahaha

yowes. itu aja. salam metal *soalnya berasa teriak-teriak tadi pas ngetik ini. -__________________-"

kamar depan, Lawang, pagi-pagi sambil dengerin perut kruyukan *ternyata blogging sambil marah-marah bikin laper

10 comments:

  1. terus, jadinya attitude itu artinya apa? :/

    ReplyDelete
  2. mungkin mereka meraka yang salah menggunakan kata attitude tidak pada tempatnya itu merasa keren kali kalo menggunakan istilah alien kaya itu :)

    karna setau saya attitude itu cenderng kepada setuju atau ketidaksetujuan sesorang terhadap sesuatu, baik itu tersirat maupun tidak...

    kalo sopan santun itu kan ranhanya dah tindakan, action...

    maaf kalo ada yang salah :)

    ReplyDelete
  3. hmmm
    contoh sederhana dari attitude nya di kehidupan sehari-hari kayak gimana?

    ReplyDelete
  4. dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung... itulah sopan santun sebenarnya, saya rasa :)

    ReplyDelete
  5. contoh kalimat yang salahnya mana??? biar lebih jelas

    ReplyDelete
  6. stevanus >>> silahkan baca komennya todi :)

    todi >>> siip. betul banget. :D

    reza >>> mmmhh,.. kalo ngasi contoh susah. anda sudah pernah terjun di dunia kerja? akan sangat mudah menemukannya :)

    bang adhi >>> hehe. i like it

    archer >>> misalnya, "tolong ya, attitude nya itu dirubah". padahal attitude itu kan sifatnya pribadi. hak asasi. gak bisa deh dirubah ^^

    ReplyDelete
  7. ah, dasare orang udah pada punya pengetahuan sendiri akan hal itu,, udah tau yang bener gimana,,dan kitapun aslinya udah tau maksud mereka ngomong gitu menuju kemana dan maksudnya apa,,,ngomongin gini bisa bisa kayak DPR ma pengacara yang tiap kata mesti diperjelas padahal dasarnya udah tau maksud pengucapan kata itu gimana... hidup terlalu singkat buat dibikin ribet,,

    ReplyDelete
  8. youknowwhoiam : kalo kejadiannya sekali doank mungkin gak masalah. oke,. bisa diterima. tapi ini berkali-kali dengan beberapa orang yang berbeda. aarggghhh... -_-"
    oke, maaf kalo bahasan ini gak penting dan bikin ribet.

    ReplyDelete
  9. sorry to say, armae, saya lebih ngeh waktu baca komennya todi, hehehe... artikelnya muter2... :D
    but, I appreciate your work, and keep making a good article!

    regards

    ReplyDelete
  10. Ettitude, maksudnya... sesama karyawan saling tenggang rasa, sopan, dan saling menghargai satu sama lainnya.

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D