05 July 2011

MARTABAK MERCON,.. Mau...???

http://www.emoticonizer.comBeberapa waktu yang lalu, siank-siank, sambil beres-beres kamar kos, ada temen yang ngajak chatting. Temen lama bo’,. Kenalnya aja udah dari SMP kelas satu, berarti kurang lebih sudah 10 tahun kita temenan. Whewww..
Awalnya ngobrol ngalor ngidul gak jelas (maaf kalo bahasanya rada’ roaming), tapi akhirnya berujung pada doi ngajakin aku ke rumahnya. Lahh,. Tumbenn yak,. Ada apa gerangan??? Ternyata eh ternyata,, temen ‘masa kecil’ku yang satu ini (kalo pengen tau orangnya klik DISINI ajahhh) belum lama memulai usaha baru, yaitu buka kedai atau warung atau tempat nongkrong atau apa aja deh sebutannya, yang jual Martabak Mercon.

Patut dicontoh ini saudara saudara yahh,. Masih muda sudah bisa buka usaha sendiri,. Selain memajukan perekonomian Negara, usaha semacam ini juga bisa menambah pemasukan bulanan, dan juga membuka lapangan kerja buat pemuda-pemudi yang lain *kok jadi ceramah ya aku???*

Oke, kembali ke martabak mercon. Well,. Kalo ada yang belum ngerti apa itu martabak, ini deh aku jelasin..

Martabak, adalah makanan yang asal muasalnya dari Negara timur tengah (Arab Saudi dan kawan-kawan) *katanya si wiki-wiki nihh*. Trus kalo di Indonesia, martabak itu ada dua jenisnya. Martabak manis, dan martabak asin. Bedanya??? Ya rasanya lahhhhh,. Kalo martabak manis itu manis, kalo martabak asin itu asin… #plakkkk http://www.emoticonizer.com

Oke, ini yang lebih ilmiah. Martabak manis itu, biasanya adonannya gak beda jauh sama kue, campuran tepung dan gula dan telur dan berbagai resep rahasia lainnya. Trus bikinnya di taruh di wajan bulet datar, yang diatasnya ditaburi berbagai macam pilihan rasa. Ada coklat meises, keju, susu kental manis, kacang, pisang, selai beranekarasa, dan lain sebagainya.
Kalo martabak asin, cara masaknya dengan di goreng di minyak panas. Jadi adonan ‘pembungkus’nya (gak tau bahannya apa, tapi seperti ada tepung dan telurnya juga, tapi gak manis) dipipihkan, habis itu didalemnya diisi kocokan telur, potongan bawang prei, sama daging. Rasanya??? Gurih-gurih enyaaaakkk… hehe

Sudah paham dengan martabak???
Kalo sudah, mari kita masuk ke bab berikutnya, yaitu Martabak Mercon http://www.emoticonizer.com

Di Gresik, selain kedua martabak yang sudah aku sebutkan diatas, ada juga namanya Martabak Mie. Lah,. Apa lagi ini cobakkkk???
Tenang,.. tenang,..yahh,.. jadi martabak mie ini, sebenarnya adonannya sama dengan martabak asin, cara buatnya juga. Cumaaan, isinya gak pake daging, tapi diganti sama bihun yang sudah dimasak. Aku kurang tau, kalo didaerah lain ada ato gak, tapi seingatku, di Malang sih gak nemu makanan kayak beginian. Jadi ibaratnya kalo pulang kampung ke Gresik nih ya, martabak mie adalah salah satu jajanan wajib *disamping salad buah dan bakso. Hwehehehe..*

Woiiiii,.. Martabak Merconnya mana wooiiyy,.

Map sodara-sodara, itu tadi perkenalan. Kan tak kenal maka tak sayang, jadiii,. Sekarang aku akan bahas tentang MARTABAK MERCON. Yeeeeyyyyyyy #tepoktangan :D


Martabak mercon merupakan salah satu modifikasi dari martabak mie. Buat yang belum tau apa itu mercon, mercon adalah bahasa jawa *iya gak sihh??* dari petasan. Kalo petasan tau doonk, yang biasanya meledak-meledak ituu, yang sukaknya bikin orang jantungan, trus kaget kaget dan lain sebagainyaaa… tapi martabak ini bukannya bisa meledak-meledak juga sampe yang beli kabur, enggaaaakkk,.. ni maksudnya nama mercon itu artinya martabaknya ini super pedessss *ayo-ayo yang sukak pedes angkat tangan yahhhh*. Kata si empunya, nama “mercon” sendiri terinspirasi dari nama “bebek mercon”. Aku gak tau tuh bebek pedes jugak ato gak, soalnya gak pernah nyobak. Tapi di Malang, ada namanya bakso mercon, dan dalemnya bakso itu memang isinya potongan cabe. Dan rasanya pedeeeessss bangeeeettttt…

Oke, balik lagi ke martabak mercon.

Wiken ini, aku balik ke Gresik, jadinya langsung hubungi temen yang punya usaha itu, dan langsung deh capcus ke tempatnya. Dan ini laporan singkat dari tekape. Ceck this one out >>>http://www.emoticonizer.com

Ini ‘penampakan’ dari depan, lokasinya di Jl. Lamongan GKB, Gresik 61151

Disini, martabaknya sebenernya ada berbagai macam varian. Kalo isi utama, pastinya bihun sama telur. Kalo variannya, ada yang ditambah abon, sosis, cecek, tahu, atau usus ayam. Nahh,. Khusus yang martabak mercon ini, isinya adalah usus ayam yang dimasak pedas (kelihatan banget potongan cabenya kecil-kecil) ditambah lagi dengan sambel yang super pedes pastinya. Jadi, pedesnya dobel gitu deeeehh..
ini cabenya. ngeliatnya aja udah serem >,<
kalo ini usus ayamnya. keliatan gak potongan cabenya??? udah kerasa aja pedesnya nihh
Mau tau cara buatnya??? Ini diaaaa…
ini,..
ditambah ini,..
ditambah ini,..
trus beginiiiii,..
Dan ini yang sudah jadiiii,… *selamat makaaaannnn :D*




Oia, di warung ini (aku kok jadi bingung ya, nyebutnya apa, warung, kedai, café???) disediain juga berbagai macam minuman instan, aku sih kemaren sambil nunggu pesanan pilih GoodDay Freeze. Plus,. *ada plusnya lagi niihhh*, di tempat jualannya ini, ada hot spot areanya yang tempatnya lumayan nyaman dan adem, dan ini FREE, khusus untuk pembeli martabak mercon. Kata si empunya lagi, fasilitas hot spot + minuman disini memang sengaja disiapkan untuk pembeli, sambil menunggu pesanan dibuatkan. Ehh?? Sampe segitunya emang?? Iyaaaaaa,. Bangeetttt. Habisnya orang disini kalo beli gak aturan. Ada sekali beli sampe belasan biji, bahkan puluhan. Kalo sudah kayak gitu, pasti bakalan lama. Maka dari itu, si empunya juga nyaranin,*nih si empunya baik banget ngasi tau melulu’* kalo emang mau beli, mending telpon ato sms aja dulu buat pesen, terutama pada jam-jam sibuk, misalnya sepulang sekolah, ato sore menjelang malam.
ini yang punyak lagi bikinin aku good day freeze...



lokasi free hot spot area
Martabak mercon ini sebenernya belum lama dibuka, belum ada satu tahun katanya. Tapi, Alhamdulillah respon dari masyarakat lumayan baik. Buktinya??? Setelah tanya-tanya juga, dalam sehari, martabak yang dijual bisa mencapai 250 biji, bahkan lebih. Whewwww.. sekarang itung aja nih ya, satu biji martabak harganya dua ribu. Nah, kalo yang laku ada 250 biji, sehari dapetnya berapa yak?? Kalo seminggu berapa juga yak?? Trus sebulan??? Arrrggghhh,. Itung sendiri deeeeeeeeeehhhh….http://www.emoticonizer.com

Testimonial :
Oia, kemaren kan aku beli *beliii???* 8 biji, kukasih ke Mpus 2 biji (martabak usus ayam biasa), kakak 1 biji (martabak usus ayam jugak), tante (1) 1 biji (martabak isi sosis), tante (2) 1 biji (martabak isi tahu), dan sisanya aku (martabak isi usus ayam)*prasaan banyak banget yahh buat aku?? Ahaha,.. bodo’ amat deh*, Dan ini tanggapannyaaa…

Mpus   : “enakk… pinter yah kamu,..” *sambil ngacungin jempol*. Maksudnya apa?? Entahlah. Biar aku saja yang tau. Hahaha..

Kakak  : “enak tuk,.. tapi kurang akehhhh” (enak tuk, tapi kurang banyak) *ni komennya lewat sms, soalnya habis kukasih martabaknya si kakak langsung pulang :p

Tante (1) : enak, tapi iya, kurang asin dikiiiittt,.. *soalnya denger komenku sebelumnya yang bilang, emang agak kurang asin dikiiitttt*, tapi overall enyaaakkkkk :D

Tante (2) : enak ya,. Gak asin.. *ni soalnya si tante darah tinggi, jadi malah senengs bangets kalo ada makanan yang gak asin. Hahaha..*

Aku : Martabaknya enak, pedesnya kerasa, cuma emang kurang asin dikiiittt,..tapi kalo yang martabak isi tahu enak bangettttt *sempet nyobak punya tante dikit*. tempatnya bersih, hot spot areanya nyaman, pokoknya enak dehhh.. mau lagi kalo besok pulang ke Gresik lagiiiii :D

Pengen nyobak juga??? Langsung aja mampir kesiniii,.
Ato bisa telpon/sms dulu disiniiiii..

Buat temen-temen lain yang diluar Gresik, boleh deh kapan-kapan main ke Gresik trus nyoba’in nih martabak. Kalo pengen tau info yang lebih lengkap,. langsung klik aja FANPAGE FACEBOOKnya MARTABAK MERCON disini!!!

kemarin belum sempat nyobak yang martabak merconnya, habis kata si empunya *lagi*, ntar kuatir aku kepedesan. Jadinya beli yang martabak usus ayam biasa. Tapi emang yang biasa aja udah pedes banget kokk. Gimana yang pake ditambah sambel yak??? Hhmm,. Kapan-kapan deh kucoba. 

Well,. Ini ceritaku, apa ceritamu??? *yak,. Saya mulai kemakan iklan >,<*
http://www.emoticonizer.com

30 comments:

  1. salam kenal

    wah cabenya bikin ngiler?

    semoga pemilik blog ini berterimakasih dgn kamu trs ngasih gratisan :D

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwkwkwk.. mercooon.. :D
    seneng posting tentang makanan berarti anda bener2 hobby makan ^_^
    ditambah lagi dengan gambar latar popcorn, passs.. banget katauan tukang ngemilnya, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  3. armae
    Tante pengen jualan lumpia mercon. Gmn? Ahaha

    ReplyDelete
  4. aduhh, malem malem gini ngeliat makanan yang sueegerrrr buat disantap :( jadi laper .. hiks
    #mojokdiwc

    ReplyDelete
  5. Wah gua ga kuat pedes, kalo makan pasti beneran tu mercon meledak di mulut, hahaha

    ReplyDelete
  6. dingin-dingin kek gini cocok tuh makan yang pedes-pedes.
    Martabak panas + cabe yang pedas = kebanyak bisa-bisa perut mules.
    Harganya terjangkau ya

    ReplyDelete
  7. aw aw awww murah bener tuh martabak, mana liatnya bikin ngiler pulak.. hahahaha... aduuuh, mupeng mupeng mupeeng, secara saya suka martabak.

    apalagi yang pedes, cium baunya aja tuh perut udah mulai bergejolak..

    mau doonk, dilemparin satu martabak merconnya!

    Btw, tuh penjual Hi Tech banget yah, make hotspot segala. hahaha

    ReplyDelete
  8. Murah banget,,,kalu ditempatku ada namanya Bakso Mercon..kapan² aku posting deh,,,
    oya salam kenal nih

    ReplyDelete
  9. wah, jadi ngiler baca review nya...
    kreatif deh yg bikin :D

    terus, satu lagi (yg bikin senyum2 sendiri nih), itu foto spanduk di gerobaknya bertuliskan:
    "martabak usus khas gresik? 100% halal, rasanya...?? pak nyuuusss!!"

    wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  10. waah murah banget harganya, tapi penampakannya mirip sama gehu ya (toge+tahu)
    kalau pengen martabak mercon, bisa gg pake usus gg ?

    ReplyDelete
  11. @Fic: bisa jg og. mrtbk mercon g hrs isi usus. bs d.gnti dg varian yg laen, trgntng selera knsumen... :)

    ReplyDelete
  12. baru diliat dari gambarnya aja rasanya udah pedess nikmat gimanaaa gitu. Eh pedes ga mba? blom pernah nyoba soalnya :(

    di surabaya juga ada kayaknya, tp aku aja yg ga tau tempatnya hehehe

    ReplyDelete
  13. wah.. saya sering lewat situ, malah saya nggak tahu, apa saya kurang memperhatikan ya?, terima kasih info-nya, kapan-kapan boleh dicoba juga!

    ReplyDelete
  14. salam kenal ega,. tenaang, sudah dikasih kok. lah yang kuceritakan di postingan ini kan gratisak semuaa #upzz :p

    mas andy: gak sukak2 banget kok. dikiiiitttt.. hehehe

    tante: boleh bolehh,. bikin gih, nanti aku kasih testernya yahhh :D

    dian: aku sendiri pas bikin postingan ini jadi pengen lagi kokk. hehehe

    keven: yahh,. sayang bangett,. tapi kan banyak pilihan lain yang gak pedes,. :)

    ReplyDelete
  15. pak Ies: betul banget tuh pak. cocok. sayangnya jualnya di gresik,. jauhh :(

    mas gaphe: maunya juga ngelempar sampe jogja, tapi enggak nyampek. hehe.. hi tech?? iyadonk. doi kan mahasiswa teknik informatika #ketahuan dehhh

    sofyan: murah? emang,. dan harga bersaing tuh. oia?? boleh bolehh,. ditunggu postingannya. salam kenal jugaak ;D

    bang Adhi: ralat bang, yang betul 101%. gehehehehe

    fiction world: boleh tuhh,. sudah dijawab sama si empunya langsung :)

    ReplyDelete
  16. teh Ani kalo mau maen maenlah ke gresikk :D

    riska: oia?? aku malah gak pernah dengar. jarang maen ke surabaya juga sih soalnyaa. nanti kalau sudah tau tempatnya kabari yahh :)

    cak peyek: wajib tuh dicobak!! :)

    ReplyDelete
  17. wew,, pagi-pagi gini baca postingan tentang martabak,, jadi laperrr -__-"
    boleh dong buk armaee yang baik hati kirim kesini.. :)
    oya, kemaren nanya widget twitter yg timbul2 sendiri itu kan??
    =link nya ada tuh, di postingan yg kemaren.. ^^

    ReplyDelete
  18. buk?? jadi berasa tua -_-"

    sudah ku kiriiimm.. bersama angin yang bergoyang. hahaha..

    ohh,. oke oke oke. siap meluncur ke tekapee. tengkyu kurt :)

    ReplyDelete
  19. Astaga... makasih, perut saya lemah... :D

    Eh eh, di Surabaya ada tuh, NASI GORENG JANCUK. :D Kata adik saya yang pernah nyobaik, pedess banget, saking pedesnya orang yang nyobain sampe bilang, "Jancooook puedes rek!" Ahahaha....

    ReplyDelete
  20. Asop: oia??? hwahahha.. lucu juga tuh yaa. jangan-jangan kalo beli disana bakal rame soalnya orang ngomong gitu semua. hehe

    ReplyDelete
  21. emang menggila kak martabaknya. yg cabang mana tuh? smp1??
    ayo kopdar :D

    ReplyDelete
  22. Wlekkk gak doyan pedes rekkk.. hehe.

    ReplyDelete
  23. @dhinna:yang SMP 1 sekarang sudah tutup dhek, denger2 sih yang di GKB mau ada perluasan gitu.
    hayukk hayukk :D

    ReplyDelete
  24. oh udah aku tebak rasanya pasti pedas karena aku ingat oseng mercon.

    ReplyDelete
  25. @Baha Andessepertinya kata mercon memang sudah identik dengan pedas ya Kak..

    ReplyDelete
  26. dan lagi di jln lamongan dalam no 8 gkb ada rujak mpek-mpek biasax kita makan rujak cingur nah sekarang mari kita makan rujak mpek-mpek rasanya sangat berbeda dan yg istimewanya bisa santai dan fre wifi...enaklo bisa makan rujak dan berdunia maya sm sang pacar klu punya pacar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whowwww... Emmmhh,. sayang saya sedang tidak di Gresik sekarang :(

      Delete

Speak Up...!!! :D