07 July 2011

prucil

hari yang sama, kebiasaan yang sama, seperti jumat jumat sebelumnya, meninggalkan kota Malang yang mulai beranjak menjadi kota pesisir menuju Gresik yang sudah sejak lama menjadi kota pesisir. berharap akhir minggu ini bisa sedikit beristirahat di rumah, berteman kasur dan kipas angin, serta alunan merdu sang winamp di leptong. ahh,.. dijalan tidak sabar juga rasanya. macet dimana-mana, klakson brisik, bis yang penuh sesak. dan terminal yang sudah menanti. dengan sedikit usaha lagi, sampailah dirumah tercinta...

---tapi semua kacau---

gak ada yang bilang kalo mereka datang. gak ada yang bilang kalo mereka lagi liburan. gak ada yang bilang kalo mereka bakal menginap dan mengambil jatah tempat tidurku. aaarggggghhhh,...
jangan marah dulu, mereka gak seburuk apa yang kamu kira. mereka perempuan semua, tiga ekor, dengan masing-masing rambut sebahu. dan semua lurus. satu berbentuk bulat dengan pipi tembem, satu agak gelap dengan lesung pipi dan tubuh yang cukup ideal untuk anak seusianya, satu lagi seperti keturunan cina, yang tidak punya rasa takut sama sekali. anak dari saudara jauh, yang biasa kupanggil 'mbak'. terkadang memang datang, dan itu membuat rumah jadi riang, tapi sepertinya tidak untuk saat ini, setelah semua bayang-bayang di bis tadi.

sibukkan diri dengan membaca, tapi si prucil itu (ini sebutanku untuk mereka) malah sibuk menonton FTV. saat menjelang maghrib, ku ajak mereka mengaji bersama. sempat sedikit kewalahan, tapi akhirnya berjalan dengan baik. next??? makan malam, jalan-jalan sebentar di alun-alun kota, lalu pulang dan kembali sholat, setelah itu waktunya tidur.

semua tidur satu kamar, satu orang dibawah dengan kasur yang sudah terhampar, tiga orang (termasuk aku) di ranjang. jangan berharap akan tidur nyenyak. ya,.. tenang saja. harapanku sudah terbang entah kemana sejak pertama melihat mereka sedang dirumah.

"belum mau tidur,..." kata si hitam manis
"hehh,. ayo tidur. sudah malem ini. besok gak bisa bangun pagi kamu..."
"bentar tah mbakkk...." katanya lagi.

"mbak,. nyalain TV nya donk..." *beruntungnya di kamar ada TV*
"mau nonton apa? jam segini lo gak ada acara bagus..."
"itu lohh,.. sinetron **********" *kukasih bintang karena aku gak tau judulnya*
"hehhh.. masih kecil nonton sinetron.. tidur ajahh..."
"ayo tah mbaaakk..." sambil mengambil remote TV.

dan,. klik. terang.

kubiarkan sejenak,. dan wawwww.. dia sangat menikmatinya. luar biasa.

"he.. sudah ya,.. ayo tidur"
"loh loh,.. bentar mbakkk,.. sedikit lagi itu loooo...."
"hheeeee... sudaaaahhhh.... " kali ini kesabaranku habis. lebih karena muak melihat adegan-adegan di sinetron itu. kuambil remote, kumatikan TV, dan aku paksa tidur.

butuh setengah jam, bahkan lebih mungkin, untuk akhirnya melihat mereka semua tidur. ahhhh,.. selamat malam!!!


*******

mereka anak dari saudara jauh,..
yang tertua mungkin sekitar kelas 5 SD, yang tengah. kelas 3, dan yang paling kecil baru akan masuk SD. kedua orang tua mereka bekerja. berangkat pagi, pulang menjelang petang. materi berlimpah, segala apa yang dimau ada, tapi sehari-hari hanya menghabiskan waktu didepan TV bersama pembantu. jarang kemana-mana karena ini itu tidak boleh, nanti jatuh, nanti diculik orang, ada orang gila, nanti sakit, nanti ketabrak, dan nanti-nanti lainnya. begitulah omongan orang tuanya. kasihan??? sangat.!!!

terkadang ikut menemani mereka bermain monopoli, atau main lompat tali, dan segala permainan yang 'sudah seharusnya' mereka mainkan. tapi disela-sela itu, mereka juga sempat berucap,..

"mbak mbak,.. aku lo punya pacar kamu disekolah. namanya Riki..." *bukan nama sebenarnya*

whaatttttt???

"anaknya ganteng kamu mbak,.. Mbak Ira juga sudah punya disekolahnyaa.." *dia menyebut nama kakaknya, lagi-lagi bukan nama sebenarnya*

*******

kalo aku bisa, aku ingin ajak kalian bertiga ke masa lalu. waktu aku main bekel sama teman disekolah, main lompat tali, main lari-larian, merengek minta dibelikan majalah mentari atau bobo setiap minggu, atau senang sekali main ke rumah saudara di Surabaya lantaran dia punya koleksi lengkap buku dongeng-dongeng walt disney. juga saat sinetron tidak meraja lela. dan pada hari minggu, aku akan ajak kalian menonton film kartun favoritku. beruntun. dari jam setengah tujuh pagi hingga jam sebelas siang. dan tidak akan ada secuilpun tayangan infotainment mengganggu minggu pagimu yang cerah itu.

*******

kukira majalah mentari sekarang sudah tidak ada di minimarket. aku ingat betul, dulu setiap minggu tante selalu belanja di sana, di minmarket dekat rumah, dan setiap kali ada edisi baru, aku selalu minta untuk dibelikan. tanteku keberatan??? tentu saja tidak. bahkan dulu ingat betul, sering sekali beliau membantuku mengikuti kuis atau sejenisnya yang ada didalam sana. tapi sayangnya, gak pernah menang rasanya. hmmm,.. belum beruntung saja mungkin ya,.. 

tapi beruntungnya, sekarang ada Peri-peri bersayap pelangi . buku kumpulan cerita anak yang berisi 20 cerita dongeng-dongeng untuk anak tentang persabahatan, kesehatan, belajar menghargai, perjuangan untuk cita-cita, bagaimana mencintai diri sendiri, mencintai orang tua, sampai dengan dongeng tentang bagaimana tetap bahagia dengan segala kekurangan yang ada. Ditulis oleh 11 penulis dan diterbitkan oleh Lingkar Spasi Media Publisher. kamu mau??? klik saja di link di atas, bisa langsung pesan. aku mau jugak. minimal tidak perlu menunggu jalan-jalan ke Surabaya untuk membaca buku dongeng, karena akupun tau, buku-buku dongen itu mahal harganya hingga aku tidak sanggup untuk membeli. tapi tidak untuk yang satu ini...ditambah lagi dengan SELURUH rupiah dari hasil penjualanan buku ini, akan disalurkan dalam bentuk buku yang sama untuk anak-anak yang kurang mampu :)


*aku juga mau,. tapi tunggu pengumuman giveaway dari Pungkyyyy  ^^

15 comments:

  1. Armae: semoga menang ya sayang

    ReplyDelete
  2. amiiinn.. trimakasih tante cantik :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata ke 3 ekor org tersebut adlah sodara mbak toh hehe,.oh ya semoga menang ya mbak di giveawaynya Pungkyymenang ya mbak di giveawaynya Pungkyy

    ReplyDelete
  4. keven: amiiiiinn,. makasih yaa buat doanya...

    sofyan: emang sodara, tapi sodara jauh. :)

    ReplyDelete
  5. aku juga nggak pernah liat majalah mentari di toko2 buku lagi lho mbak?
    ngilang kali ya mbak?

    Oh ya, semoga menang ya..bukunya keren..

    ReplyDelete
  6. nggak tau tuhh.. mungkin karena belakangan sudah gak ada yang nyari. jangankan mentari, bobo aja menurutku sekarang sudah susah nyarinya..

    amiin,. trimakasihh. :)

    ReplyDelete
  7. mantap, semoga sukses ...dan teruslah berkarya....

    salam kenal, tukeran link yok..

    ReplyDelete
  8. sinetron + infotainment = nikotin (pelan2 merusak)

    ReplyDelete
  9. hihihihi lucu deh judulnya :D
    udah aku baca yaa. dan udah sampe ke meja juri juga. makasih cantik udah ikutan. semoga menaaaang :D

    ReplyDelete
  10. kesasar nang kene. blognya keren, tulisannya juga...
    salam kenal

    ReplyDelete
  11. halo Bana, salam kenal jugaa :)

    stuju banget sama Bang Adhi :D

    amiiin,. trimakasih pungkyy

    halo kira. trimakasih. salam kenal jugaa :)

    amiinn, trimakasih sang cerpenis. kamu juga ikutan kan ya?? semoga menang juga buat kamuu :)

    ReplyDelete
  12. salam kenal lg mbak,..semoga menang ya,..agar prucil2 itu bisa menikmati buku-nya mbak pungky dan mbak Aarmae jadi pendongeng yg hebat buat mereka,..:)

    ReplyDelete
  13. halo mbak kenia,. salam kenal jugaa.. amiin, trimakasih doanya :)

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D