19 August 2011

I am a Dietitian, already...

Akhirnya hari ini datang juga: 16 Agustus 2011. Tepat satu hari sebelum perayaan Indonesia Merdeka yang ke 66. Sepertinya sudah cukup tua usia negaraku,. Tapi tidak dengan masa depanku yang sepertinya baru saja akan di mulai.

Yappp,.. hari ini tepat jam 10.00 WIB, aku, beserta 62 orang temanku yang lain, menjalani Yudisium Sarjana Program Studi Ilmu Gizi Kesehatan Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, di ruang Auditorium, lantai 6 Gedung Pusat Pendidikan FKUB.
 

Ada haru, ada bahagia, ada kelegaan *sekaligus kekhawatiran*, tapi pastinya satu hal yang aku tau: KAMI SEMUA SENANG DAN LEGA!!! Dan hal ini sepertinya juga dirasakan oleh para dosen di jurusanku yang sebagian menganggap bahwa angkatan kami merupakan angkatan yang LUAR BIASA *silahkan terjemahkan sendiri luar biasa yang seperti apa*.

Gak bisa ngomong banyak. Pastinya seneeeeeng banget,. Akhirnya satu dari sekian langkah yang harus kuambil sebagai sesosok manusia bisa aku selesaikan dengan baik. Sekalipun selangkah tersebut membutuhkan waktu empat tahun lamanya, sekalipun selangkah itu menghabiskan materi sekian banyak jumlahnya, sekalipun selangkah itu cukup menguras tenaga hingga titik darah penghabisan. Tapi ini langkahku, dan aku sudah menyelesaikan. Tinggal *TINGGAL????????* melanjutkan dengan langkah-langkah yang lain, yang pastinya penuh dengan tanya dan ketidak jelasan mengenai berapa langkah lagi yang akan kuambil, berapa hati lagi yang akan kutemui, berapa pikiran-pikiran lagi yang akan kujelajahi, serta seberapa kuatkah lagi tulang punggung ini untuk menopang kakiku agar terus bisa melangkah, sekalipun hanya selangkah demi selangkah, tapi aku tau, aku sudah maju selangkah!!!

Bukan bermaksud untuk meletakkan diri pada suatu posisi yang sangat melenakan, ataupun sekedar menyombongkan diri atas apa yang sudah diraih. Ayolahhh,. Lihat ini lebih mendalam lagi. Tidak kau hargai sedikit jerih payahku hingga bisa mencapai titik ini??? Memang tidak terlalu hebat menurutmu, begitu juga mereka. Bahkan mungkin baginya, ini bukanlah apa-apa. Dibandingkan dengan ini, dibandingkan dengan itu, dan lain sebagainya.

Ughhhhhhhh… menyebalkan sekali saat orang-orang disekitar mulai membahas tentang si ini yang sudah begini dengan gaji segini serta hidup seperti ini, si itu yang tak lagi tinggal disitu melainkan melaju dengan kecepatan jitu dan sudah bisa membeli ini itu. Aihhhhh… aku punya pilihan sendiri. Tidak mau menjadi seperti dia dan dia. Aku mau jadi aku. Aku yang seperti apa?????? Entahlah,.. mari kita lihat tujuh tahun mendatang *aku suka angka tujuh*. Dan semoga saat itu si PopCorn masih sehat sejahtera sentosa hingga kamu, kamu, dan kamu, bisa jadi saksi dari semuanya. *balada seorang fresh graduate*

Ollraittt,. Tak perlu membahas tentang mimpi lebih jauh. Cukup sampai disini. Saat ini, aku hanya ingin memperlihatkan, wajah mereka, senyum mereka, senyum dengan sejuta optimistis untuk menerjang masa depan dengan tangan terbuka. Bukannya tertunduk lesu menyadari bahwa perpisahan akan segera dimulai.

Dan ini dia,… senyum mereka…

























satu hal yang temen-temen perlu inget,. temen-temen sekelasku, di jurusan gizi FKUB, GAK ADA SEORANGPUN YANG GAK SUKAK DI FOTO. jadilah seperti diatas ini hasilnya. SEMUA ON CAM. sampai-sampai sempat terdengar selentingan di antara kami, bahwa "HANYA KAMERA YANG DAPAT MENYATUKAN KITA". hahahaha....


*******
Oia,. Aku punya hutang kepada kamu dan kamu, tentang penjelasan mengenai DIETITIAN. Ada yang sudah menemukan jawabannya??? Alhamdulillah jika sudah, anggap ulasan ini sebagai pengulangan, siapa tau di ujian semester depan akan keluar. Jika belum tau, hmmm,.. smeoga yang ku sampaikan ini bermanfaat.

DIETITIAN
dari kamus elektrik English-Indonesia versi 2.03 adalah AHLI/PENATA DIET
dari kamus saku kedokteran Dorland edisi 25 adalah PENGATURAN DIET DALAM MENGOBATI PENYAKIT
sedangkan berdasarkan yang aku tau, Dietitian artinya suatu profesi, yang berkaitan tentang pengaturan makanan untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan untuk DIET sendiri, beberapa sumber mengartikan berbeda-beda.
Dari Oxford Learner Pocket Dictionary, diet artinya
(1) food that usually eaten 
(2) food eaten by somebody in order to lose weight.
Dari kamus elektrik, diet artinya MAKANAN
Sedangkan si Dorland, bilangnya adalah kebiasaan dalam jumlah dan jenis makanan dan minuman yang dimakan oleh seseorang dari hari ke hari terutama makanan yang dirancang untuk mendapatkan kebutuhan individu yang spesifik.

Well,.. dari beberapa pengertian diatas, sebenarnya yang paling simpel, DIETITIAN adalah AHLI GIZI. Seseorang yang ahli di bidang gizi, tapi mohon dibedakan antara seorang AHLI GIZI dengan DOKTER SPESIALIS GIZI. It’s ABSOLUTELY DIFFERENT!!!

Di jurusan ini, selain mempelajari tentang ilmu per-gizi-an, serta hubungannya dengan berbagai penyakit dan kondisi anatomi-fisiologi tubuh, kami juga belajar tentang ‘seni’. Karena salah seorang dosen pernah bilang, bahwa di gizi, perpaduan antara science dan seni harus seimbang. Bagaimana kita menyiapkan suatu makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, namun juga memperhatikan dari segi rasa, aroma, penampilan, bahkan juga status sosial seseorang. Gak mungkin laaahh, kita mengajukan menu steak atau sandwich, kepada pasien yang notabene berasal dari daerah, atau justru sebaliknya, memberikan pilihan menu sayur asem, sambal trasi, atau otak-otak bandeng pada pasien (klien) yang berasal dari ekonomi menengah ke atas. Bukan bermaksud untuk mendeskriminasi, namun hal tersebut juga penting dalam proses penyembuhan seseorang (jika makanan yang diberikan memang bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu), dan lagi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa sedikit banyak makanan, saat ini sudah berubah fungsi (walaupun belum meninggalkan fungsi awalnya), menjadi salah satu penentu, dari status sosial seseorang. Setuju??? Ada yang tidak setuju??? Kalau tidak setuju, silahkan silahkan komplain kotak komentar. *eaaaa…..

Yappp,. Ku kira sudah cukup jelas untuk pengertian dari DIETITIAN. Dan, lagi-lagi mau promosi. Ehh,. Nih ada ahli gizi baru, fresh graduate,.. jika di daerah teman-teman (entah rumah sakit atau apapun) yang sekiranya membutuhkan tenaga ahli gizi, mohon beri tahu saya yahh… dimana aja lokasinya aku jabanin deeehh,… *berniat lari dari kota yang fana ini. Hahahaha…

Olrait then,.. makasih atas semua dukungannya, doanya, semangatnya, dan lain sebagainya, terutaman di saat-saat terakhir yang sangat menentukan.

*pinklink belum sembuh. Nyari tumpangan ngenet dimana yuaaa enaknyaaaaaa >>> ni dapet pinjaman modem dari temen #curcol…*

11 comments:

  1. wehehe demen di foto si teteh ^^

    ReplyDelete
  2. ketularan temen temen kaz.. hehehe *alesan aja niiii

    ReplyDelete
  3. Selamat yaaa....
    Selamat dengan gelar dietitian-nya...
    Selamat melepas status ke-mahasiswi-annya...
    dan Semoga dengan gelarnya bisa mengabdi ke lingkungan sekitarnya... :)

    ReplyDelete
  4. amiiiiiiiiiiiiiinnnn.. makasih banyak Sam..

    walopun sekarang masih bingung mau mengabdi dalam bentuk seperti apa .. :(

    ReplyDelete
  5. kita emang harus optimis menghadapi tiap permasalahan bukan :(

    ReplyDelete
  6. selamat yaaa...
    semoga bisa berkarya dan mengabdi di masyarakat..
    aamiin..^__^

    "hanya kamera yang dapat menyatukan kita"? hmmb. setuju deh..heheheh

    ReplyDelete
  7. stuju banget buat majalah masjid. tapi kok emotenya sedih gitu??? -_-"

    halo kak phipiii.. apa kabar? lama tak bersua. amiiiinn.. makasih doanyaa.
    iya tuh. sepertinya gak cuma temen2ku di gizi yah yang pegang filosofi itu.hehe

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah baik..
    iya, lama ga Bewe2,,hhe
    semangaat yaa.. ^_^
    filosofi umum spertinya de'... hihihi

    ReplyDelete
  9. ohh.. sudah umum ya?? *berarti aku yang gak gaul >,<

    siappppp!!! semangat juga kaaakkkk :D

    ReplyDelete
  10. Ciiieeee pakai rok dia, gitulho yang, cakeeepp,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haihhh.. Masa masa itu sudah berlalu sayaaang,.. Hihihi

      Delete

Speak Up...!!! :D