21 September 2011

Ayam Mutiara

pagi ini, baruuuuu ajah. lagi asik-asiknya maen leptong, bewe ke beberapa blog temen trus baca-baca juga di grup Bloof, tiba-tiba Mama teriak-teriak manggil aku. sontak aku langsung terbangun dari singgahsanaku yang sangat nyaman ini (baca: kasur). awalnya bingung, heboh banget yakkk??? pas nyampek di kamar Mama, baru tau ternyata. dari jendela kamar Mama (sebelah utara rumah), muncul tiga hewan bulet bulet gendut warna abu-abu gelap dengan totol-totol putih yang menyebar hampir diseluruh bulunya. ehh??? sejak kapan ada hewan itu disitu??? disamping rumah mameeen, dihalaman. padahal setauku rumahku udah dikelilingi dengan pagar kayu setinggi pinggang manusia, kayaknya aneh aja kalau hewan segitu gede bisa masuk (kalau kucing mungkin masih masuk akal kali ya...).

iyaudah, dari pada berlama-lama, aku langsung ambil pocket camerea kesayanganku (yaa iyalah kesayangan, cuma satu-satunya ini -_-''), trus mulai deh jepret-jepret. dan ini hasilnya:


kalo menurutku, ini sejenis Ayam, cuma gak tau Ayam apa. tetangga sebelah bilangnya Ayam Kalkun. tapi masak iya sih??? kalo aku malah mikirnya ini Ayam Hias, cuma gak tau namanya apa. tapi seingatku pernah lihat kok di TV ayam sejenis ini.
 
habis itu Mama iseng ngambil beras kering yang habis di jemur, kali aja tuh Ayam mau. awalnya kayak malu-malu gitu (sok tau ih aku,..) tapi belakangan baru mau deh, dan berasnya di abisin semua. habis gitu Mama ngambil beras lagi, trus ditaruh di tangannya. jadi biar tuh Ayam (kita sepakati nyebutnya ayam ajah biar gak bingung) makan langsung dari tangannya Mama. awalnya aku ngeri, takutnya ntar tangannya Mama malah luka, ternyata nggak. dan tuh Ayam rasanya lebih jinak daripada Ayam yang biasanya. dan larinya juga gak bisa kenceng. mungkin karena keberatan badan kali yaa,.. lha beneran bulet lo badannya. selain itu, pas di pegang bulunya juga rasanya tebeeelll banget.

well,.. ada yang tau gak ini jenis Ayam apa??? kalo memang bukan jenisnya Ayam, trus hewan apa donk??? >,<

39 comments:

  1. ayamnya gendut lucu :)
    ayam bekias bukan jenisnya? dilihat2 sih kyk kalkun tp agak pendek.

    ReplyDelete
  2. ups.. maaf, salah tulis. maksudnya ayam bekisar :)

    ReplyDelete
  3. Ayam bekisar bukan kayak gitu say. Tak kira merak.
    ternyata bukan yaaa.
    Gimana kalau kita namai aja ayam den lapeh. Deal ?

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  4. irma: aku jugak gak pernah tauu ayam kalkun itu kayak apa >,<
    bekisar juga yang kayak gimana yakk???

    pak Dhe: lahh... ini malah merakk. kalo ayam den lapeh gak bagus pak Dhe, kurang keren, hahaha..

    ReplyDelete
  5. edja: barusan browsing di google kok ayam kalkun gak kayak gitu ya ja??? >,<

    ReplyDelete
  6. itu ayaam kalkun, memang jenisnya macem2 sih.. dulu pernah melihara.. kalo udah gede galak bangeet sama orang yang belum kenal.. :D

    buat aku satu mae.. hahaa

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. ih aku pernah liat di tivi..tapi lupa namanya..:) wah, rumahmu asyik juga ya ..ada hewan antik nan manis berkeliaran disitu :)

    ReplyDelete
  9. wah itu ayam papuakali hehe.
    cocok buat entar kurban teh
    hehe

    ReplyDelete
  10. kayaknya sih kalkun

    ayo kita gorengggg

    ReplyDelete
  11. kayaknya ayam Kalkun deh Kak,,kalau merak kurang cantik hehehe

    ReplyDelete
  12. yakkk,. terimakasih atas pendapat sodara-sodara sekalian. tapi setelah aku cari info kesana kemari naik gunung turun gunung, ternyata ini salah satu spesies ayam hias yang gak dimakan!!! berarti bukan kalkun *karena aku taunya kalkun itu dimakan*
    dan setelah cari tau lebih lanjut, ternyata hewan ini jenisnya adalah AYAM MUTIARA.
    dan yang bikin kaget, pas baca2, ternyata kalau dijual, seekor harganya bisa nyampek empat ratus ribu. busett,.. lumayan jugak yahh.. tapi sayangnya sekarang ayamnya sudah hilang entah kemana.. moga besok balik lagi dehh. trus di kandangin, habis gitu di pelihara, sampe banyak, trus panen deh kita.hahahaha...

    oke, sekian itu saja reportase yg dapat saya sampaikan dari tekape. skali lagi trimakasih banyak atas komennya sodara sodara!!! :D

    ReplyDelete
  13. jawabnya Kalkun Mutiara....hehehe..waktu aku kecil punya kalkun, tapi ilfeel, suka ngejar2 sih..:D

    ReplyDelete
  14. itu bukannya sejenis ayam gitu ya ? :O

    ReplyDelete
  15. Wow. Kayak kalkun. Eh, entah sih, kayak burung kasuari juga. :D

    ReplyDelete
  16. ia itu kaya kasuari, tapi ga tau juga, spesies baru mungkin? haha

    ReplyDelete
  17. itu ayam Mutiara ceman cemaaaaannn.. sudah betul tuh katanya mas Adit :D

    iya azizah, itu ayam. ayam mutiara. oke???? :D

    ReplyDelete
  18. apapun itu nama hewannya, kayaknya di Palembang kagak ada deh.. atau memang ada, dan saya yang belum pernah liat.. :D

    ReplyDelete
  19. bukaaaaaaaaaannn.. ayam mutiara. hiiiiiii *emosi jadinya.hahaha

    ReplyDelete
  20. @Insan Robbani: kakak Insan tau aja kalo itu ayam kalbu.. wkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  21. andro: jyahahaha... bisa bisa bisa.

    dhenok: enggak tau jugak yahh,. belum lihat peta penyebaran hewan2 langka :D

    ReplyDelete
  22. Ada acara tebak gambar rupanya di sini...heheh :D

    Ngeliat gambarnya sih ayam kalkun, tapi hewan ini bersuara ga?? kalo bersuara, dan suaranya 'quluquluq' berarti ayam kalkun, tapi kalo suaranya, 'kukuruyuk' berarti ayam biasa, tapi kalo suaranya 'meong meong'... jangan-jangan kucing yang sedang menyamar jadi ayam... hahahah...

    ReplyDelete
  23. hahaha.. bisa dibilang begitu lahh,..

    hemm,. sayangnya waktu ketemu gak ada suaranya Sam, mereka diam seribu bahasa *halah*

    ReplyDelete
  24. itu maha ayam kuluk kalo saya masih kecil menyebutnya... bunyinya kuluk-kuluk-kuluk...

    waktu masih kecil di kampung dulu biasa nimpukin tuh ayam biar bunyi.. (hehehe nakalnya)

    ReplyDelete
  25. yang aku tau memang ayam itu bunyinya agak unik mas Koes :)

    ReplyDelete
  26. aq pnah punya ayam ini pnjualnya namanya aayam mutiara,,lucu tlurnya ky tlur aym kmpung......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihhh.. aku malah belum pernah lihat telurnya. Hihihi..
      kalo namanya, iya betul, ini ayam mutiara :)

      Delete
  27. ayam mutiara..aku baru tahu dari mae

    ReplyDelete
    Replies
    1. catat kalo gitu mas Ario!!! ?@_@?

      Delete
  28. Ayam Mutiara itu mah. Ayam mahal tuh... Rp 200.000,- per ekor.

    ReplyDelete
  29. Itu ayam Mutiara. Mahal tuh, sekarang kisaran Rp 400.000,- sepasang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh,. yang betul ini 400 atau 200 nih??? :-/

      Delete
  30. as.wr.wb..............akhirnya cari sono sini, ketemu juga yang di cari,,,,hampir sama bu, saya cari info nama sampai ke pasar jati negara, di sana ada di jual juga sepasang ayam kayak gitu, kata nya pedagang sich nama nya ayam kasuari, n harga nya itu 1,2jt sepasang, wow,,,(harga yang mantabz), so saya punya di rumah, itu di kasih saudara dari karawang, cuman satu ekor, mula2 sich ayam nya pendiam, n saya kasih makan nasi, pur ayam, n beras hitam juga mau, n yang paling kaget, setelah sore itu bunyi, kenceng sekali, bunyi nya kayak ayam jantan biasa, tapi suara nya seperti kunti lanak, panjang banget berkicau nya,, pokok nya bagus dech, sehingga para tetangga kaget, terdengar nya s.d 300 meter,,, cuman kasian bu sekarang ayam nya sendirian tuch, n masih pemalu kalau di deketin ( btw ayam mutiara ya bu.....)

    ReplyDelete
  31. iya saya punya ayam ini. namanya ayam mutiara ada juga yg bilang ayam kasuari,mungkin karna mirip burung kasuari...
    ayam ini ga galak, hanya saja ayam ini sombong dikit, dia hanya mau berteman dengan jenisnya sendiri dan jika dikejutkan dia biasanya terbang ketempat yg lebih tinggi..
    untuk soal harganya ayam ini lumayan,bisa sampai 500rb/ekor. ga cuma harganya yg lumayan mahal, telurnya juga banyak sampai 40 butir lebih..

    #pengalaman ayam sendiri..
    ^_^

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D