18 September 2011

aku dalam belantara per-dokterGIGI-an

sejak duduk di sekolah dasar, aku sudah sering bermasalah dengan yang namanya gigi dan gusi. tapi bukan sakit gigi atau gigi berlubang. enggak. beda banget. dulu waktu SD, sering banget rasanya gusi ini bengkak. terutama yang di bagian gigi seri sebelah bawah. seriiiiing banget. sampai akhirnya proses pembengkakan tersebut sangat mengganggu karena sudah berhasil menutupi seluruh permukaan gigiku (jangan bayangin nutupin semua gigi ya, bengkaknya cuman nutupin satu gigi aja kok--tapi ya tetep aja ngeganggu banget). bahkan inget dulu waktu pemeriksaan gigi rutin setiap hari jumat di sekolah, aku gak berani mangap gara-gara gusiku lagi bengkak. kasian banget deh aku http://www.emoticonizer.com

akhirnya, bisa dipastikan bahwa sejak kecil aku sudah akrab dengan dokter gigi dan segala peralatannya. tapi memang gak semudah itu menemukan dokter gigi yang cocok. hampir sama kayak cari jodoh sepertinya *tseeehhh...* http://www.emoticonizer.com

gambar pinjem dari sini
persinggahan pertamaku dalam belantara per-doktergigi-an jatuh pada salah satu dokter gigi di Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik. dokternya cewek cuiyy,. cantiikk, masih muda pula. tapi aku lupa namanya. jauh dari kesan seram seorang dokter gigi (yang kayak di tipi-tipi). aku ingat pertemuan pertama kami *apaaaa'an cobakk???*, beliau mewawancaraiku mengenai keluhan-keluhan yang aku rasakan. intinya: gak ada keluhan. sakit enggak, linu juga enggak, cekot-cekot apa lagi. pokoknya tiba-tiba bengkak aja gitu dehh. dan setelah memeriksa kondisi gusiku yang bengkak, beliau menyatakan , kemungkinan hal itu karena kelebihan hormon, dan beliau juga bilang kalau gusiku harus dipotong. Aaaaaphaaaaaaaaaa????? *shock*http://www.emoticonizer.com. bayangin gusi dipotong??? sakit cuiiiyyy pastinyaaaa. *jadi mikir-mikir lagi*


setelah melalui pertarungan yang sangat sengit dengan batin *juga tante yang saat itu nganter aku*, akhirnya aku putuskan untuk mengikuti saran dokter cantik tersebut. dan, dimulai juga operasi minor itu *emang operasi yakk?? prasaan gak deh. lebay kamu Mae!!!*. oke...oke... emang bukan operasi. tapi kurang lebih seperti itulah.

satu demi satu, proses kujalani. mulai dari dibersihin, disuntik ini itu *ini bagian paling nyakitin*, selanjutnya proses pemotongan gusi *yang ternyata gak kerasa sama sekali gara-gara habis di suntik obat bius.hahahaha...*, trus proses terakhir adalah penyemenan. ha???? apa lagi itu??? itu maksudnya disemen kawan. semen. tau semen kan??? yang buat bangun rumah ituuuu... kata dokternya sih istilahnya itu *istilah populer kali yaa...*, dan emang teksturnya mirip semen *kayak pernah makan semen ajah*, warnanya putih kecoklatan dan agak berpasir. dan itu ditempelin di gusi yang baru aja dipotong. hadeeehhh... ribet deh pokoknya. dan akhirnya berujung pada aku yang gak bisa nutup mulut karena keganjel semen di gigi bagian depan, plus istirahat makan semalaman pastinya. setelah melewati itu semua. aku senaaaaaaaaaaang,.. dan tenang. setelah itu bisa pamer gigi dengan semena-mena. hasseeeekkkk...http://www.emoticonizer.com

***** 
(baca: beberapa bulan berlalu)

ternyata eh ternyata. penderitaanku belum berakhir sampai disitu kawan. gusi yang habis di potong itu tumbuh lagi. aaaaaaaaarrrrgghhhhh... heran jugak nih, ada apaaa yak sebenarnya didalam gusi ini??? hanya disatu bagian itu kawan, gak di tempat yang lain. huuhhhhh... akhirnya aku memutuskan untuk menemui dokter gigi yang sama. begitu sampai di tekape (baca: RS Muhammadiyah Gresik), ternyata dokter yang dulu menangani aku lagi cuti melahirkan. dan yang praktek disitu adalah dokter pengganti. yahh,. bisa kalian bayangkan, berarti aku harus mengulang semua proses dari awal, termasuk wawancara (ditanya-tanyai tentang keluhan dkk). sampai akhirnya, proses yang sama harus kuulangi lagi. bersihkan--suntik suntik--potong--semen!!! errrrrrrrrrrrrrrrrrr....http://www.emoticonizer.com

"besok kalo bengkak lagi, coba cari dokter lain aja deh ya....", gumamku ke tante. dan alhamdulillah beliau menyetujuinyaa. yeeeyyyyy.... 

***** 
(baca: beberapa bulan berlalu---lagi)

dugaanku benar!!! gusiku bengkak lagi. yessss... *lhoh*
akhirnya tante cari info deh, tanya tanya sana sini tentang info dokter gigi yang bagus. dann,. akhirnya pilihan kami jatuh pada dokter gigi di Rumah Sakit Petrokimia Gresik. alasannya? tante sudah terbiasa berobat disitu *walopun bukan ke dokter gigi*, dan ada yang promosiin juga kalo dokter gigi disitu bagus. oke dehhh,. brangkat cuiiyyyyy...http://www.emoticonizer.com

sampai di RS Petro, langsung daftar-daftar dan lain sebagainya, soalnya sebelumnya aku gak pernah berobat di rumah sakit ini. jadi musti masukin ke data base gitu deh. abis gitu ngambil nomer antrian, dan menunggu. gak lama sih kayaknya nunggunya. soalnya gak terlalu rame emang rumah sakit itu. dan akhirnya, tibalah giliranku.

dokternya cowok, orangnya baikkkk banget. gak terlalu muda, gak terlalu tua. ku taksir umurnya sekitar tigapuluhan tahun. namanya dr. Zayadi. dan berdasarkan penilaian awal, orangnya profesional *gayanyaaaaa*.

setelah bertanya ini itu dan sedikit curhat mengenai dua pengalamanku dengan dokter yang lain, akhirnya dokter itu memeriksa gigi dan gusiku yang gak normal ini. dan ternyata kau tau apa yang dilakukan dokter tersebut??? gigiku cuma dibersihin aja karangnya. atas bawah depan belakang, pokoknya sampe bersiiiiihhh banget dan plong rasanya. dan katanya, sebenarnya masalah gusi bengkak itu ya cuma karena banyak karang yang menumpuk di gigi, makanya jadi bengkak gitu. emang sih, setelah dibersihkan, gak semena-mena gusinya langsung kempes. tapi butuh waktu beberapa hari. dan ternyata emang bener kawan, beberapa hari kemudian warna merah merona di gusiku perlahan mulai pudar trus jadi warna pink kayak gusi yang normal pada umumnya, dan ukurannya juga semakin lama semakin kecil pastinya. Alhamdulillahh yahhh... *ala Syahrini*.

setelah kejadian itu, akhirnya aku memutuskan untuk menjadikan dr. Zayadi sebagai dokter pribadi untuk gigi dan gusiku *halah...*. dan setelah itu, aku berniat untuk membersihkan gigiku secara rutin ke dokter gigi. biar gak bengkak-bengkak lagi. setuju sodara-sodara??? *harus setuju!!!*


***** 
(baca: beberapa bulan [dan tahun] berlalu---lagi---dan lagi)

sudah lama rasanya gak ke dokter gigi buat bersihin nih gigi dan gusi. mungkin sudah sekitar satu tahun (padahal normalnya periksa gigi 6 bulan sekali kan ya???). ku ajak deh si tante nganter aku ke dokter gigi buat bersihin gigi *udah ketagihan, enak sih rasanya. walopun agak sakit, tapi setelah itu plong bangetttt*. dan, betapa kagetnya aku sewaktu masuk ke ruang poli gigi di RS Petro. dokternya ganti!!! bukan lagi dokter ganteng nan baik hati itu. aaaaaaaaaarrrghhhh... aku patah hati. *ehhh...*http://www.emoticonizer.com. tapi yaaaa karena sudah terlanjur daftar dan bayar, masak gak jadi sih gara-gara dokternya beda??? salah sendiri jugak gak pakek tanya-tanyak dulu siapa yang praktek. tapi masalahnya, dokter gigi beda dengan dokter umum. kalo dokter umum stok *stok???* nya banyak, jadi kita bisa milih. kalo dokter gigi, syukur-syukur ada, biasanya malah satu doank. kalo ada dua ato lebih mah udah jadi rumah sakit besar tuh.

dokternya sih muda jugak, dan sepertinya keturunan china gitu. tapi tetep aja gak enaaaaaakkk.. sudah terlanjur jatuh hati sama si dr. Zayadi. jadinya gak relaa gitu rasanya waktu itu nih mulut di ubek-ubek sama tuh dokter *halah...*

akhirnya begitu keluar poli, langsung deh curhat sama si tante. dan ternyata tante juga baru tau. untungnya tanteku itu baiiiiiiiiiiiiiiiikkk banget. akhirnya beliau mencarikan info tentang tempat praktek dr. Zayadi. 

setelah tanya tanya sana sini situ (lagi), akhirnya ketemu jugak infonya. ternyata si dokter ganteng pindah praktek!!! di rumah sakit *rumah sakit apa ya namanya????? lupa. begokkk!!!*, pastinya rumah sakitnya itu dekeeeeeeeeeettt banget sama rumahku. tinggal jalan kaki mameeenn, smabil merem juga nyampek. asik deh. bisa-bisa tiap bulan kusamperin kesana. hahaha... gak ding. pokoknya deket banget deh. masalahnya itu rumah sakit kecil. jadi gak seberapa populer jugak *bilang aja gak ngerti napa??? ngeles aja nihh...*.

begitu tau infonya, langsung capcus ke lokasi. dan ternyata (lagi-lagi) aku belum beruntung. kesananya pas malem jumat, dan prakteknya kalo malem jumat libur. eaaaaa... enggak jadi lagi. yaudah deh besok-besok ajah *dasar emang gak jodoh kita pak Dokter #plakkk*http://www.emoticonizer.com

di hari yang berbeda *dan sekarang aku beruntung!!!*

"sepertinya pernah tau,. dulu pernah datang ke RS. Petro ya???"
"ehehe... iya dok,. yang gusinya bengkak itu..."
"ooo,... ya ya ya,. sudah besar ya kamu sekarang..."
busettt,. inget aja nih dokter. jadi ge'er. hahahaha...
"gimana,. ada masalah lagi?"
"mmmhh,. nggak sih dok, cuma pengen bersihin rutin aja..."
"ooo... ya..ya... yasudah silahkan"

dan mulai mulutku di ubek-ubek. hmmm... senangnyaaa....

***** 
(baca: beberapa waktu berlalu, pertemuan terakhir dengan si dokter sampai saat ini)

kalo gak salah terakhir ke dokter itu semester 6, kalo gak 7 (berarti sudah lumayan lama ya. hehe..). waktu itu aku sempet ngeluh sering sakit kepala. cuma gak tau jugak apa ada hubungannya sama gigi. dan, sewaktu mulutku lagi di ubek-ubek sama si dokter,...

"sudah kuliah sekarang?"
"sudah dok..."
"ooo... kuliah dimana?"
"di Brawijaya dok..."
"jurusan apa?"
"gizi"
"semester berapa?"
"semester enam dok..." *anggep aja semester enam deh yaa..."
"ooo..." tampangnya si dokter lagi mikir
"emang kenapa dok?"
"gak papa sih,. sebenernya saya mau ngira-ngira umur mu berapa..."
jedierrrrr... tanya umur aja susah banget.
"yahhh... tanya aja kenapa. dua puluh satu dok. kenapa emang?"
"ada yang aneh sama gigimu. gigi geraham yang paling belakang, empat-empatnya belum tumbuh. padahal kalo umur segitu harusnya sudah..."
o'owww... masalah lagi rupanya ini.
"tapi gak sakit kan???"
"gak sih dok, tapi ya itu tadi, aku sering ngerasa sakit kepala. tapi sakit kepala kan penyebabnya bisa macem-macem. tapi kalo gigi ada hubungannya kah dok?"
"bisa jadi...."

dan obrolan kami berhenti. acara ngubek-ngubek mulutku sudah selesai. tapi ada yang beda. si dokter bikin surat keterangan (lain dengan resep), untuk foto ronsen *gak ngerti tulisan yang bener gimana* gigi.

"ini kamu coba foto dulu ya,.. saya sih ngiranya mungkin gigimu yang belakang itu sudah tumbuh, tapi tumbuhnya kesamping. makanya sampe sekarang gak kelihatan jugak. dna kalo emang kena ke syaraf, bisa jadi itu juga yang bikin kamu sering sakit kepala. saya gak punya alat buat foto gigi itu, tapi kamu bisa ke RSUD Gresik, cuma disana yang setahu saya ada alatnya. ini saya kasih surat pengantar. nanti kalau sudah foto, kesini lagi ya, saya lihat hasilnya"

hmmm... pikiranku udah kemana-mana aja tuh. bayangin cobak. kalo emang tumbuhnya miring gimana donk???? bisa-bisa operasi beneran deh. haadewwwwwhhhhh....akhirnya pulang dari dokter gigi yang terakhir itu, gak semangat kayak biasanya. sambil ngebawa surat pengantar buat foto. hemmmmm...http://www.emoticonizer.com
 
***** 

(sampai saat ini)

surat pengantar masih disimpan sama si tante. belum ke dokter gigi lagi, apa lagi foto. cuma alhamdulillah keluhan sakit kepala sudah agak berkurang. berarti bukan dari gigi. yessssss.....!!!!!

well,. buat temen-temen yang belum pernah ke dokter gigi, coba deh kalo ada senggang periksain tuh gigi. gak ada ruginya jugak. dan menurutku, pembersihan karang gigi secara rutin itu juga penting. karena gak semua kotoran di gigi bisa hilang dengan sikat gigi *ato dengan berkumur-kumur macam iklan itu....*. dan bersyukurnya lagi, sampe sekarang bisa dibilang aku gak pernah ngalamin sakit gigi yang katanya lagu dangdut lebih kejam daripada sakit hati, ngerasa linu-linu dan lain sebagainya. gak ada tuh. padahal aku sukak banget makan es batu.http://www.emoticonizer.com

udah segini ajah *gak nyangka jadinya banyak banget*,. ini ceritaku, kalo kamu??? *merger indomih n mizone.hahahaha....*

25 comments:

  1. Saya sih ingin check gigi saya ke dokter gigi, cuma saya takut kalau ada masalah, dipreteli sama dokter pulak gigi ane pakai alat tajam. No! Lebih baik rajin sikat gigi, kumur-kumur, kurangi makan daging dan bershiwak :P. Parnok doktel gigi hehehe

    ReplyDelete
  2. dah mau GR...kupikir Belantara Indonesia...hahahhahahha....makanya blm baca semua....lalu mlempem....

    ReplyDelete
  3. Hahaha bener tuh jadi vegetarian kayaknya bsa bkin gigi sehat:p
    #sotoy
    Sukses yah buat tournament giginya :)

    ReplyDelete
  4. makanya mamalia pemamah biak jarang sakit gigi...

    mau ikut tapi ga ada experience tentang gigi ma... yang ada adekku... mosok tak tulis gini...

    "adekku giginya bolong, gara gara makan jambu biji terus bijinya nyangkut sampe berhari2 n ga sadar, dan "taraaaa..." giginya bolong"

    ReplyDelete
  5. kereeen......

    ceritanya kereen,..terbawa alur suasana..
    untung ya nggak jadi operasi...

    ReplyDelete
  6. reza & uchank: ehh,. emang ada hubungannya ya makan daging sama sakit gigi??? *baru tau*

    adit: jyahahahha.. maaa'ap yhaa.. gak maksud. hehe.. :)

    edja: hahahaha.. gak masalah tulis aja. konyol banget tuh ceritanya. yang penting kan bukan fiksi. :)

    mas Arman: terimakasih banyaaakkk.. he'em. semoga aja. walopun masih tetep berniat pengen foto :D

    tante Hani: ehhh..???

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. saya termasuk orang yang malas untuk merawat gigi, tapi untungnya saya ga pernah dan ga mau pernah bermasalah sama gigi.. Berarti ompong dong gue. :D

    ReplyDelete
  9. bersyukurlah kamu nak,.. tidak pernah bermasalah dengan gigi. tapi mencegah lebih baik daripada mengobatiii :)

    ReplyDelete
  10. saya jrang lo Kak malah sampai gak pernah periksa gigi malah kalau sakit di kerok malah sering dipijet hehehe gak masuk akal banget ya Kak,,tapi tipsnya boleh juga tuh di praktekkan,,,ternyata ini kontes toh hehehe,,,,

    OOT : Mohon maaf nih jarang main² kesini,,ohya saya hari minggu tanggal 18 September kemarin ke UM Malang memang benar nih Kak Amaee di UB ya kapan² kita Kopdar Kak hehehe

    ReplyDelete
  11. waktu kecil bermasalah sama gigi, gedenya jadi dokter gigi.
    hhmmm... :D

    ReplyDelete
  12. eh..eh..aku salah baca..
    ternyata bukan gigi tapi gizi..
    ngapunten mbak..
    wkwkwkwkwkwk....

    ReplyDelete
  13. Pencarian dokter gigi yang pas juga butuh perjuangan yaaa....

    beuhhh... panjang banget ceritanya, seperti udah jadi ciri khasnya nih... maaf ga bisa komen panjang karena aku termasuk salah satu yang selalu gemetar kalau ketemu sama dokter hahahah...

    ReplyDelete
  14. haha...sy juga dulu jaman SD langganan dokter gigi, tapi setelah nemu dokter gigi yang keren abis, sekali diobati langsung sembuh nggak kambuh2 lagi sampe sekarang hahaha XD

    ReplyDelete
  15. wahahaha... ngakak


    sakit gigi memang engga ada matinyanya #lho..?

    ReplyDelete
  16. kang sofyan: iya ini ikutan kontes, bingung juga mw posting apa soalnya. hehe..
    oke oke. nanti kalau ke malang lagi kabar-kabari yahh,.aku di UB kang, tapi sudah lulus, tinggal tunggu wisuda.tapi masih sering ke malang juga kok.sipp,. nanti kita kopdaran :D

    nadia: hehehe,. iyah gak papa. makasi yaaa ;)

    sam: iya. sangat. demi keamanan dan kenyamanan bersama *lebay*.hehe...

    azizah: aku juga alhamdulillah gak ada keluhan lagi. tapi ngusahain tetep ke dokter gigi buat pencegahan :)

    ikbal: hahahaha.. emang sakit gigi bisa mati? *lhoh!??!?!*

    ReplyDelete
  17. akku paling takut kalo udah urusan gigit menggigit eh, maksudnya gigi

    ReplyDelete
  18. fanny: aku juga dulu awalnya takut :)

    ReplyDelete
  19. Menurut saya dulu (mungkin juga sekarang :D) makhluk yang paling nyeremin selain kuntilanak itu adalah dokter gigi.
    Bayangin aja mbak, saya udah keluar lari dari rumah sakit lho..masih tetep dikejaaaaarrr mau dirampok giginya.

    ReplyDelete
  20. itik bali: itu yg betul dokter gigi apa perampok yaakkk??? -____-"

    ReplyDelete
  21. eh sama2 org gresik nich.. Btw drg.zayadi orangx kacamataan bukan? Skrg praktek di rs.nyi ageng pinatih.. Kl iya ,wah qt sama donk, q jg disitu.

    ReplyDelete
  22. @luqi maharaninahh.. nahh... sepertinya memang itu tuh nama rumah sakit yang kumaksud. hahaha..

    salam kenal yaa :D

    ReplyDelete
  23. iyaa :)

    eh mbg q kirim comment lg td, ga usah di muat ya he5.. Q kira commentq ga masuk yg kmaren. Hoho :D

    follow blog q ya :)

    ReplyDelete
  24. Maaf kalo boleh tahu biayanya berapa ya kak?makasih:)

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D