08 November 2011

seputar lebaran idul adha

lebaran idul adha kali ini agak berbeda. papa, mama, kakak, dan adik-adikku datang semua. walopun gak sampe seminggu mereka disini. sebenarnya ini tidak direncanakan. awalnya, cuma mama sama papa aja yang datang kerena mengikuti acara wisudaku tanggal 29 oktober lalu (belum cerita yaa.. maaffff T.T). awalnya papa iseng, waktu di Banjarmasin, dateng ke pesantrennya adikku yang paling kecil, trus tanya, boleh ijin atau gak. gak taunya dikasih ijin, empat hari pula. jadilah, kakak sama adikku yang satu lagi langsung disuruh ngurus ijin di kantor dan kampusnya. dan, hari rabu kemarin (2 November) mereka sampai di Gresik dengan selamat. niat awal maunya lebaran bareng-bareng di Gresik, tapi gak disangka, pas hari kamisnya papa dapat telepon dari kalimantan, katanya disuruh pulang dan berlebaran disana. yasudah,. akhirnya hari jumat kemarin (4 November) kami sekeluarga nganter papa ke Juanda. sedihh, banget. niatnya lebaran bareng, gak taunya batal disaat-saat terakhir. dan kemarin (senin), mama, kakak, dan adik-adikku juga udah balik lagi ke Kalimantan. aku sendirian. lagi.

kalo lebaran idul adha, di Gresik sini lumayan rame. soalnya ada semacam pawai takbir keliling yang dilombakan, yang diikuti oleh tiap taman pendidikan al-Qur'an, atau madrasah, atau sekolah-sekolah islam yang ada disini. kemarin sempet liat sebentar, dan ternyata yang ikut lumayan banyak, kurang lebih 23 peserta. mulai dari yang masih keciiiil banget seumuran anak TK, sampe yang sudah besar, yang sudah sekolah di tingkat Aliyah. maisng-masing dari mereka punya ciri khas sendiri, dengan berbagai macam atribut yang digunakan, spandung lebar yang dibentangkan, bahkan ada beberapa peserta yang membawa miniatur masjid. padahal pawai nya itu jalan kaki lohh, dan lumayan jauh juga. luar biasa.


aku ingat, dulu waktu aku masih mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur'an Masjid Jami' Gresik, aku selalu mengikuti kegiatan itu setiap tahunnya. begitu juga setelah melanjutkan di Madrasah Diniyah Asshofiyah, aku juga selalu mengikuti acara takbir keliling itu. namun sayangnya, sekolahku tidak pernah menang. bahkan kata tante, dulu tiap kali selesai acara takbir keliling, pasti aku  marah-marah dan menangis, karena sudah berusaha sekuat tenaga, bertakbir dengan sangat lantang dan semangat, berjalan jauh disekitar kota Gresik, tapi tidak pernah menang. tapi belakangan, aku baru tau, kenapa sekolahku tidak pernah menang. ternyata eh ternyata, yang menjadi panitia acara takbir keliling tersebut adalah sekolahku sendiri, yakni Masjid Jami' Gresik. jadi, untuk mengurangi tingkat ketidak adilan, sekolahku tidak terhitung sebagai peserta. hmm.. pantas saja tiap kali takbir keliling, sekolahku selalu berada di baris terdepat untuk urutan peserta T.T

hari pertama lebaran kemarin, sudah sempat makan sate juga. dan sebagian besar yang aku makan adalah sate kambing. karena orang rumah semua uda janjian untuk menderita tekanan darah tinggi, jadi tidak ada yang mau memakan daging kambing. (dari segi gizi hal ini masih menjadi kontroversi, tentang daging kambing = darah tinggi). walopun sudah makan cukup banyak, sekitar sepuluh tusuk lebih, tapi rasanya masih pengen lagi. hihihi.. nanti deh, kalo ada waktu dan masih ada daging nganggur, mau bikin sate sendiri. karena setelah kuperhatikan, sebenarnya jauh lebih enak bikin sate sendiri daripada beli. bisa jadi dari rasanya, potongan dagingnya yang berukuran jumbo, serta makan sate dalam kondisi yang masih panas karena langsung dari panggangan.

hmmm.. udah deh ya. kayaknya untuk cerita idul adha nya cukup sekian aja. aku sedang memupuk semangat untuk kembali aktif blogging, setelah beberapa hari di buat pusing karena blog yang sempet 'kacau' dan koneksi yang luar biasa lambatnya kayak siput manjat pohon kelapa.

oia,. sekedar info saja, hari kamis besok (tanggal 10 november), aku mau ke Jogja, jalan-jalan dan ada urusan dikit juga sih (aku yakin lebih banyak jalan-jalannya). yang blogger Jogja siapa aja ya??? adakah yang bersedia mengajakku ber-kopi darat???

13 comments:

  1. wahh teteh kasihan idul adhanya,tapi rame.eh eh banyak amat yang ikutan pawai takbir,pasti rame banget :)

    ReplyDelete
  2. rame ya Idul Adha sampai ada arak-arakan gitu. Kalo di tempat saya sepi-sepi aja.. Paling yg ngebedain cuma ada yg takbiran aja di tiap mesjid. :(

    ReplyDelete
  3. kaz: iyaa,. disini malah ramenya pas idul adha, kalo idul fitri mah cuma takbiran di masjid-masjid aja. :)

    akmal: wah,. sayang sekali yaa. kalo gitu kapan2 main kesini aja pas takbiran.hehe

    ReplyDelete
  4. mending ada karnaval gitu,meriah. daripada takbir keliling pada mobil terbuka lebih beresiko

    ReplyDelete
  5. pak Ies: setuju pak,. kalo gini juga rasanya lebih aman. walopun di jalan raya, tapi kan sudah ada polis-polisi yang berjaga untuk mengamankan peserta pawai :)

    ReplyDelete
  6. sekarang makna lebaran terkesan foya-foya....
    padahal momen idul adha adalah momen berkurban...
    ataukah sekarang berkurban identik dengan foya-foya..?
    :P

    ReplyDelete
  7. Ah, Mae, kamu gak ke Bandung sih. :D

    ReplyDelete
  8. zone: foya-foya?? masak si?? aku melihatnya sekarang malah semakin banyak yang berkurban. sapi-sapi dan kambing-kambing semakin banyak jumlahnya di tiap masjid dan musholla. tapi menurutku itu bukan suatu bentuk foya-foya lo yaaa

    Asop: gak mungkin deh aku ke bandung kalo keluargaku ke Gresik semuaaa... ehh,. emang ada apa di bandung ya??

    ReplyDelete
  9. heee :O rame ya kalau ada pawai gitu, suka pengen ikutan deh, tapi nanti jadi pengasuhnya :(

    ReplyDelete
  10. di tempat tante banyak kue lapissssss

    ahahahahah

    ReplyDelete
  11. selamat lebaran Haji..maap telat uapnya..heheheh......mari kita gemuk lagi..daging sapi menggunung....LOL

    ReplyDelete
  12. fiction world: hahahha.. iyah. soalnya kalo pawainya anak-anak TK gitu, bisa dipastikan orang tuanya juga ikut pawai. jadi makin rame. hihi

    tante Hani: mauuuuuuuuuuuu.. kirim donk nteee :D

    adit: selamat lebaran haji jugaaaaaakkk.. aku sudah makan banyakkk. sudah makin gemuk rasanya.hehe

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D