31 May 2011

kuliah kuliah kuliah,.. atau sekolah???

ini kan 'sekolah'
bukan 'kuliah'
jadi hanya bisa mengangguk lesu, untuk mereka yang diagung-agungkan sebagai 'guru'

maaf,. kalau ternyata yang lebih berkesan di otakku adalah guru ngaji, guru TK, maupun guru SD
saat aku merasa benar-benar dianggap 'murid'
bukan 'pesuruh' yang bisa disuruh-suruh
dengan mengatasnamakan nilai dan belajar

persetan dengan nilai
mama papa tak pernah menghiraukan itu
taunya saat aku disuruh mengaji aku mampu
taunya saat ditanya bagaimana rumus persegi akupun bisa
taunya saat ditanya makanan apa yang tidak boleh untuk penderita gagal ginjalpun aku sanggup

itu.. itu yang mereka cari,. itu yang orang-orangku di rumah cari
bukan nilai
apalagi hasil kerja yang nantinya diatasnamakan diri sendiri
bukan atas nama 'murid'

ah,.. murid,. jadilah murid terus
tuntutlah ilmu sampai ke negeri china
semoga kau bisa temukan lagi 'guru'mu saat belajar a, ba, ta,.. saat diajarkan bagaimana huruf 'a' itu, saat belum ada 'kesalahan' jika kau duduk sebangku dengan teman lelakimu

orang berilmu dan beradab tidak akan diam dikampung halaman
tinggalakan negerimu dan merantaulah di negeri orang
merantaulah, kau akan dapat pengganti dari kerabat dan kawan
berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang
(Imam Syafi'i)

-man shabara zhafira-

*istana mungil, sepertinya ayam goreng semalam tak mampu bertahan cukup lama di perutku---AKU LAPAR!!!

29 May 2011

Milik Ayah

Dia sudah ada di sana. Teronggok kaku tanpa setitikpun kelembutan, bahkan sejak saat aku belum tau apa tugasnya. Hanya Ibu yang selalu mewanti-wanti, “jangan dekat-dekat, nanti panas…”

Selain setelan biru tua dan muda milikku, serta pembungkus-pembungkus tubuh lainnya yang beraneka warna, tidak pernah terlupa atau tertinggal, milik Ayah, yang saat itu masih bermacam dua, coklat, dan hijau. Setiap akhir minggu mereka selalu bertemu, setelah sebelumnya dimandikan, juga bersama-sama. Ah,.. akrabnya,.. sampai iri aku melihatnya.

Si biru telah pergi, sekarang sudah terganti dengan si merah dan putih, serta beberapa helai pengikat leher. Dan ternyata milik Ayah yang memang terkesan ramah itu, lagi-lagi dengan mudah bisa mengakrabkan diri. Dan seperti yang sebelum-sebelumnya, merekapun tak pernah lupa untuk saling bertemu di akhir minggu.

Enam tahun sudah keakraban itu terjalin. Sempat muncul setitik raut kesedihan di wajah si coklat dan hijau, mereka harus berpisah dengan si merah-putih, walaupun ada kesenangan juga, karena Ibu tak perlu lagi memikirkan bagaimana cara menghaluskan si merah yang berlipit-lipit itu. Sebenarnya ingin aku membantu, namun ibu masih saja mewanti-wanti, “jangan dekat-dekat, nanti panas…”

28 May 2011

Cuma Mau Posting Foto

http://www.emoticonizer.com
yapp,. persis seperti judul postingannya. kali ini cuma mau uplod foto. foto-foto semalem, pas menggeje jaya barengan sama Mpus. mmmhh,. sedikit cerita deh. kemaren banyak banget kejadian gak nyenengin. sampe-sampe berhasil bikin aku nangis http://www.emoticonizer.com. lucunya, nangisnya di depan kosannya Mpus, *bisa kamu bayangin gimana pikirannya orang-orang yang lewat dan ngeliat tingkahku. hahahaha..
udah ah,. gak mau ngomong banyak. males jugak bahas yang kemaren. tapi intinya semua-semua itu AMAT SANGAT BERHUBUNGAN ERAT DENGAN KULIAH, PRAKTEK, LAPORAN, dan LAIN SEBAGAINYA http://www.emoticonizer.com. jadi nggak ada hubungannya sama sekali sama Mpus. jadi, gak usah dilanjutin lagi deehhh ngebahasnyaaa. oke oke???

ni beberapa hasil jepretanku sama Mpus (gantian >>> jangan harap ada foto berdua http://www.emoticonizer.com). sangat blur, sangat gak fokus, cuma pake si sony (pocket cam jadul yang cuma punya kekuatan 7,2 MP *bahkan sudah kalah dengan hAPe jaman sekarang). lokasinya didepan minimarket ternama *ada fotonya kok, jadi gak perlu sebut merk disini 
habis beli sekaleng softdrink *gak perlu sebut merk juga kan??? 
segelas (gelas kertas) black cream coffe dan sekotak rokok
*gak tau merknya apaan, soalnya megang bungkusnya doank sudah berhasil bikin Mpus parno. Yeyyyyyyy http://www.emoticonizer.com

ahhh,.. malah banyak crita. udah ahh,..

20 May 2011

Selamat Pagi, Sayang...

selamat pagi sayangku,.. bagaimana tidurmu malam ini?

-------

heiyy sayang,.. kau belum bangun rupanya...
yuk,.. bangun,. tidakkah kau dengar kokok ayam bersahutan???

ahh,.. kau masih mengantuk rupanya. baiklah,. aku akan siapkan kopi dulu untukmu.

-------
heiyy sayang,.. belum beranjak juga kau dari tidurmu,..
bangunlah sayang,.. matahari sudah menyapamu,.
lihatlah itu,...
tidak kah kau silau dengan keindahannya???

-------

saaaaayaaaang,.. ayo banguuuuun,.
heiyyy,... tidakkah kau ingin menyapaku pagi ini,
dengan kecupan di keningku, seperti pagi-pagi sebelumnya???

-------

heiyyy,.. ayo lahh,.
bangunlah sayang,.. buka matamu,.. lihatlah betapa indah pagi ini
sang surya sudah cerah disana,. memamerkan kegagahannya
walaupun awan pekat memayungi sekelilingnya
lihatlah,. sangat berbeda dari pagi-pagi sebelumnya
pagi yang tidak biasa,.. lihatlah,.. bukalah matamu sayang,..

hmmm...

18 May 2011

just listen to me for a while,. please!!!

terkadang kenyataan yang ada, tidaklah sekejam apa yang kita banyangkan

bukan terkadang, tapi mungkin sebagian besar.
pemikiran, persepsi, keyakinan, paradigma, atau apalah itu sebutannya,. yang pastinya diawali oleh prasangka. entah prasangka baik atau buruk, tapi yang namanya prasangka tetaplah prasangka.

heiyy.. jangan biarkan otakmu dipenuhi oleh segala pikiran yang belum tentu kebenarannya
jangan biarkan dirimu terhanyut kesedihan yang belum tentu adanya
jangan menjerumuskan dirimu pada pandangan bahwa kaulah yang paling sengsara

okeyy.. aku setuju dengan salah satu lirik lagu *aku lupa penyanyi dan judulnya 
yang menyebutkan, 'you are the driver, not the passanger in life'

tapi bukan berarti lantas pemikiran-pemikiran semata yang akhirnya menjadi raja.
pemikiran yang gak pasti, penuh dengan tanda tanya
dan berandai-andai, berjikalau-jikalau,
bermungkin-mungkin, atau berbisa jadi-bisa jadi, dan sebagainya...

janganlah seperti itu...

ijinkanlah sang penguasa hidup menunjukkan jalan yang tepat untukmu.
jangan biarkan pemikiran-pemikiran picik menguasaimu.
'cause you are what you think!!!

sesuatu yang GAK SEHARUSNYA terjadi padamu bisa jadi AKHIRNYA TERJADI. karena kekuatan pikiran itu ada. dan aku meyakini hal itu. the power of believe, yang menjadikan satu-satunya hal yang tidak mungkin didunia ini adalah yang tidak terpikirkan oleh manusia!!!

baiklah,. kalau pemikiran itu sifatnya positif. dan sangat baik pula akhirnya jika mampu mempengaruhi sekitar. tapi jika sebaliknya???

bukalah mata dan telingamu lebar-lebar.
tak perlulah takut untuk mendengarkan orang lain.
siapa yang tau, apa yang akan disampaikannya?
berhentilah menjadi orang yang paling sok tau sedunia.

sungguh,.. jika kau mau mendengarkan, aku jamin. semua yang akan kau dengar, tak akan lebih kejam dari apa yang kau bayangkan. tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, termasuk kebalikan dari apapun yang ada dikepalamu, yang telah bercokol dengan kuat di ubun-ubunmu, yang telah dengan semena-mena menguasai hati dan pikiranmu.

teringat sebuah buku yang sampai sekarang masih dalam pencarian, buku lama,
judulnya 'whatever you think, think the opposite'.
*kalau ada yang tau tentang keberadaan buku itu, tolong beri tahu aku yahh ^^
 

sumber gambar ku co-paste dengan semena-mena dari sini
kamar depan, Lawang, dengan kerinduan sangat dan emosi yang sedikit meluap, serta kesungguhan untuk ingin didengarkan, sekali ini saja.

14 May 2011

attitude, sopan santun, or, whatever..

attitude = sikap, pendirian, letak (kamus inggris-indonesia) 

attitude is a hypothetical (=hipotesis) construct that represents an individual's degree of like or dislike for something (wikipedia)

attitude (sikap) adalah ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap suatu hal (psikologi umum, ebook)

dan sepertinya gambar ini bisa menjelaskan dengan lebih gamblang tentang makna dari ATTITUDE yang sebenarnya...

asal muasal gambarnya ku copas dengan semena-mena dari sini

ATTITUDE is a CHOICE!!!

beda lagi dengan sopan santun,..

10 May 2011

aku dan ke-AKU-anku

sekeping lagi potongan hatiku kulietakkan disini
saat ini

dimana sebelumnya sudah menyebar di sebagian kecil penjuru bumi

bali
pantai
penanggungan
mahameru
songa adventure
watugede
gondanglegi
kalimantan
beberapa rumah sakit tempat aku praktek
beberapa nyawa yang telah memberikan pelajaran amat berharga
semuanya

aku tidak tau apa yang salah dengan ku
atau mungkin aku terlalu egois untuk menghiraukan penyebabnya
atau bahkan terlalu malu untuk mengakui kesalahan sendiri

my first blog award

yoooooyoyoyooooyoyyyy.. dapet award pertama!!!!
huhuuuuiyy,... *sambil lompat lompat kegirangan


setelah baca-baca sana-sini, cari tau, tanyak-tanyak kanan kiri, akhirnya ketemu juga aturan yang bener. ada-ada aja nehhh,..dapet award musti bagi-bagi jugak. hehe..
tapi tak apalah,.. ngikut ajaaa... orang aku masih baru jugak di dunia per-blog-an., musti ikut aturan. oke!?!?!?!

hemmm..

first step,..

09 May 2011

dualisme 'aku' dan aku

'Terkadang lebur, terkadang terpisah...
Terkadang bertolak belakang, terkadang pula justru saling mendukung...

Keduanya bukan hal yang tak mungkin disatukan, namun sayangnya sebagian besar lebih menyukai memilih salah satu antara "aku" dan aku...

Akan menjadi sulit jika tiba masanya "aku" adalah aku...'

namun saat ini, kesemuanya itu semakin mengarah pada terpisahnya "aku" dan aku

tak mungkinkah suatu ego itu menjadi baik?
tak mungkinkah hati nurani mengarah pada kenistaan?
ahh,.. lagi lagi menyangkal ucapan sendiri, 'dengarkan hati nurani manusia, karena fitrahnya manusia memang selalu mengarah pada kebenaran'
iyakah...?
atau... adakah tempat untuk toleransi diantara jarak yang memisahkan mereka?

"aku" kah, atau aku saat ini yang sedang memimpinku?

mengikuti angin salah...
mengikuti air pun yang sudah pasti arahnya, belum tentu tepat juga.
tanah,. tak akan hilang kemana
sedang api, akan musnah jika tiba masanya

06 May 2011

RSJ oh RSJ... (part II)

hari ini lagi-lagi aku mendapatkan pengalaman luar biasa di tempat pre-DI FSMku,. RSJ.
dengan beberapa tugas baru, yang memungkinkan aku untuk berinteraksi lebih banyak dengan pasien-pasien yang sedang dirawat disini.

mas-mas yang sering membantu menyiapkan makanan di dapur, mengangkut berkilo-kilo beras dari luar ke gudang, mengepel lantai saat kegiatan penyelenggaraan makanan sudah berakhir,.. namun sayangnya aku tidak mengenal nama mereka satu persatu.
nanti lah,.. akan kucoba :)

siang ini, bertempat di ruang Kutilang, salah satu ruangan yang ada di RSJ Lawang, aku dan seorang teman melakukan study plate waste. sedikit penjelasan, study plate waste merupakan survey untuk mengetahui sisa makanan pasien. jadi, makanan yang diberikan dari rumah sakit, setelah dimakan oleh pasien, aku dan temanku mengukur sisa makanan yang tidak dihabiskan. survey ini bertujuan untuk mengetahui menu makanan apa saja yang paling banyak sisanya dan yang paling sedikit sisanya. dan nantinya, survey ini dapat membantu pihak instalasi gizi untuk menyusun ulang siklus menu yang sudah ada di rumah sakit tersebut. intinya untuk menyesuaikan menu yang ada, dengan kesukaan pasien. begituu... :)

ini pertama kalinya aku masuk ke ruangan pasien. sebelumnya aku hanya berada di balik meja, menyusun laporan, sedikit membantu penyelenggaraan makanan di dapur, mengatur stok barang masuk dan keluar di gudang makanan, dan sebagainya. tapi tetaplah, tidak akan jauh-jauh dari instalasi gizi dan dapur. tapi hari ini, aku bertemu langsung dengan pasien. yeyyyyyyyy!!!!

awalnya sempet horror, ngerikk, parno, ato apalah itu. begitu masuk ruangan sambil membawa berbungkus-bungkus makanan, spontan para pasien langsung mengerubungiku dan temanku. ohhh,.. no!!!

untungnya bapak perawat atau penjaga ruangan disana langsung sigap. mereka langsung menyuruh para pasien untuk mengambil sendok dan duduk di meja makan. meja makannya panjang dan besar. lalu masing-masing dari mereka duduk mengelilingi meja itu, sambil membawa sendok satu persatu. lucu rasanya.

setelah suasana cukup terkendali, aku dan temanku mulai memanggil satu demi satu nama pasien untuk kemudian diberikan sekotak makanan yang berisi nasi, sayur, dan lauk yang ditempatkan pada wadah makanan plastik berwarna warni yang sudah ditempeli nama masing-masing pasien. setelah semuanya kebagian, mereka langsung makaaaaaaannnnn!!!!

sempat muncul beberapa guyonan diantara kami, aku, temanku, penjaga ruang, beberapa mahasiswa praktek lainnya, juga para pasien. 

"siapa pengen nambah???", tanya bapak penjaga ruangan.
"ayo,.. yang pengen nambah angkat tangan!!!", lanjutnya, dengan suara lantang hingga semua orang mendengarnya. 
lalu tiba-tiba, pasien yang duduk di dekatku menoleh dan mengangkat tangan dengan semangatnya,
"aku mau!!!", tapi tetap tidak mengalihkan pandangan dari kotak makanan yang ada di depannya.
"ya,.. nanti sore ya...", eaaaaaa... sama aja Bapaaaak,. ntar sore juga dapet jatah makan lagiii *gumamku sambil sedikit tersenyum.

setelah selesai makan, mereka lantas merapikan kotak makannya, menutupnya kembali, lalu meletakkan dimeja awal, tempat aku dan temanku membagikan makanan tadi.
setelah itu, mereka mulai membereskan ruang makan. menaikkan semua kursi keatas meja, lalu dengan sigap langsung mengambil sapu, kain pel, dan lap serta kemoceng. ternyata memang sudah menjadi rutinitas, setelah makan, langsung membersihkan ruang makan,.. patut dicontoh kalau yang ini. :)

mereka semua saling membantu, ada yang membersihkan meja dengan kemoceng dan lap, ada yang menyapu lantai, ada juga yang mengepel. lucunya, saking banyaknya yang menyapu dan mengepel, bisa jadi seluruh lantai di ruangan tersebut dibersihkan antara lima hingga sepuluh kali.!!! kinclong-koinclong dehhhh ^^

setelah selesai semua, sepertinya jam bebas.
aku memperhatikan mereka, ada yang mengajak ngobrol perawat,
dan (lagu-lagi) mengajak aku berkenalan.
kemudian ada yang bilang,.

"mbak,. aku disayang yah mbakkk..", lhahh.. siapa elo???? *bingung sambil nahan ketawa.

ada juga dengan polosnya bilang, "Mbak,.. keluarin saya dari sini mbak,. saya gak betah mbakkk... " dan sesaat setelah ngomong gitu, orang tersebut langsung kabur. anehhhhhhh

ada juga yang maen pukul-pukulan. tapi gak sampe berantem. seorang bapak memukul dengan pelan kepala temannya. lalu temannya membalasnya. lalu bapak tersebut memukul temannya lagi. begitu terus gak berhenti-berhenti beberapa kali.

tapi dibalik semua itu, setelah aku amat-amati, dan mencoba untuk mengerti lebih jauh *cieeeeee
satu lagi pelajaran yang bisa aku ambil, dan aku ingin tanamkan pada diriku sepenuhnya,..

semakin melihat mereka, membuatku semakin sadar, aku tidak patut untuk tertawa

Ruang Pertemuan RSJ Lawang, 6 Mei 2011

05 May 2011

RSJ oh RSJ... (part I)

hai bloofers,...
hai LC crew,..
dan semua semuanyaaaaaaa
kangen kangen kangeeeeennnnnn...!!!!
udah dua minggu lebih aku memutuskan untuk sedikit bermusuhan dengan blogger, fesbuk, twitter, kaskus, YM, dan lain sebagainya. tapi aku sama sekali gak punya pilihan. minggu-minggu terakhir menjalani Pre Dietetic Internship-pre-DI (yang gak ngerti maksudnya pre-DI bisa liat disini) Klinik di RS tk II. dr. Soepraoen Malang benar-benar membuatku gila. ditambah lagi perpindahan rotasi menuju pre-DI Food Service di RSJ (yapp,.. Rumah Sakit Jiwa) dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang-Malang yang tanpa persiapan sedikitpun. alhasil, semua terbengkalai. termasuk dua buah laporan wajib untuk pre-DI klinik yang sampai saat ini belum tersentuh. persetan dengan pengurangan nilai karena terlambat mengumpulkan laporan. aku cuma bisa mikir satu-satu. NGANTRI!!! gak boleh NYEROBOT!!! kalo nyerobot ntar DITANGKEP POLISI!!! lhahh??? apaaaa coba??? hasss,.. lupakan lahhh.
logonya RSJ, ada disepanjang pagar luar RSJ. gak tau kenapa aku sukak desainnya :D