28 June 2011

Jangan Rusak Sepiku

disini sepi. tinggal aku sendiri.
ohh,. bukan. masih ada hati, pikiran, jiwa, dan raga yang menemani.

ah,. lagi-lagi hanya mereka saja. tapi tak apalah, daripada tidak sama sekali.

tak biasanya seperti ini. bukan tak biasa sepi. hanya saja, tak biasanya diri ini tak bisa menikmati sepi. terkadang malah sangat menantikan. tapi tak selalu. hanya, ada masanya untuk boleh seperti itu.

sepi,. jadi punya waktu untuk diri sendiri.

mengingat beberapa waktu yang telah lalu,. beberapa kata yang telah terucap,. beberapa hati yang telah tersakiti,. beberapa jiwa yang ingin menyapa namun langkahku terlalu lebar untuk mereka kejar, atau pongahku yang terlalu tinggi...?

juga beberapa waktu yang tersia-sia,. beberapa tenaga yang terbuang percuma,. beberapa nasehat yang hanya numpang lewat,. beberapa lagu yang diputar lalu terlupa,. beberapa kesalahan yang fatal,. beberapa maaf yang selalu hanya berujung maaf,. beberapa murka yang oleh beberapa hati dianggap biasa saja,. beberapa janji yang terlupa,. beberapa mimpi yang tercapai--juga yang terabaikan,. beberapa nikmat yang teringkar,.

tak boleh lupa juga beberapa bibir yang tersenyum,. gelak tawa yang membahana,. rasa syukur yang terucap,. amanah yang terlaksana,. telinga yang mampu mendengar lebih dari biasanya,. dan tentunya jari yang tak berhenti memainkan tuts keyboard, serta koneksi internet yang lumayan lancar.
*dua terakhir telah berhasil merusak segalanya -_________-"

bolehlah seperti ini. tapi jangan selalu. ada kalanya ingatanku terbatas untuk semua itu. dan apabila hal itu terjadi, sungguh,. tak ada lagi secuilpun kenikmatan dalam sepiku.

jadi aku mohon, jangan rusak sepiku, dengan sepi.

...perlahan sangat pelan hingga terang kan menjelang
cahaya kota kelam mesra menyambut sang petang
disini kuberdiskusi dengan alam yang lirih
kenapa matahari terbit menghangatkan bumi
aku orang malam yang membicarakan terang
aku orang tenang yang menentang kemenangan oleh pedang...
--eros feat. okta-puisi--

*dan lagu itu terus mengalun tak tau malu meramaikan sepiku

27 June 2011

BOOK REVIEW : Mr. Darcy, Vampyre

Judul : Mr. Darcy, Vampyre
Pengarang : Amanda Grange
Tebal : 386 halaman
Tahun Terbit : 2010
Penerbit : Gagas Media

Pernah menonton atau mendengar film Pride and Prejudice? film kolosal dengan latar Inggris pada tahun 1800an. Setahuku film tersebut sudah dibuat beberapa versi. Dan versi terakhir yakni tahun 2005 telah diperankan dengan sangat cantik oleh Keira Knightly sebagai Elizabeth Bennet serta Matthew Macfadyen sebagai Mr. Darcy. Saat ini aku tidak ingin membahas tentang film tersebut, melainkan tentang buku. Bukan berarti buku yang difilmkan atau sebaliknya, melainkan buku ini adalah sekuel dari kisah cinta romantis antara Elizabeth Bennet dan Mr. Darcy, yang pada akhir film tersebut dikisahkan menikah.

Pada bagian awal buku ini menceritakan bagaimana detail acara pernikahan Elizabeth dan Darcy, yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan berbulan madu berkeliling Eropa. Awalnya, Elizabeth (atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan Lizzy) merasa sangat bahagia atas pernikahan tersebut. Namun tepat saat mereka meninggalkan Hertfordshire, Inggris, dan mengubah rencana awal untuk berbulan madu di Distrik Lake lalu berbelok menuju ke Eropa, Lizzy mulai merasa ada hal yang aneh dalam diri suaminya, Darcy.

Keanehan-keanehan yang lain mulai muncul seiring dengan semakin banyaknya waktu yang mereka habiskan bersama. Darcy yang hingga berminggu-minggu usia pernikahannya tidak pernah datang ke kamar Lizzy pada malam hari, keputusan-keputusan mendadak diluar rencana, serangan di Istana, mimpi aneh, serta pembiacaraan-pembicaraan yang kental dengan unsur masa lalu semakin membuat Lizzy bertanya-tanya tentang sudah seberapa jauh dia mengenal suaminya. Sementara disisi lain, Darcy hanya mampu mengatakan bahwa semua baik-baik saja.

Semua hal tersebut mencapai klimaks saat Lizzy akhirnya berpikir bahwa kesabarannya sudah habis dan Darcy tidak mencintainya. Ditambah dengan seorang teman yang juga mendukung keputusannya untuk pulang ke Inggris sendiri, akhirnya Lizzy memutuskan untuk pergi meninggalkan Italia. Tepat setelah Lizzy meninggalkan vila, bencana dimulai. Ditengah perjalanan didalam kereta kuda, Lizzy mulai merasa aneh dengan ditemukannya semua surat-surat yang sudah dia tulis untuk kakaknya, Jane, sepanjang perjalanan bulan madunya. Belakangan, dan sudah sangat terlambat memang, surat-surat tersebut tidak dikirimkan oleh pengawal yang ia suruh. Lizzy mulai merasakan bahwa ada yang tidak beres. Beberapa kali ia meminta kusir untuk menghentikan kereta kuda, namun kuda-kuda tersebut tetap saja berlari kencang, hingga masuk kedalam hutan.

Lizzy tidak tahu apa yang akan dihadapinya sesaat setelah kereta kuda itu berhenti. Tapi yang ia tahu, sekarang dia dalam kondisi yang tidak bisa disebut baik-baik saja.

26 June 2011

BOOK REVIEW : The Alchemist

Judul             : The Alchemist
                        (sang Alkemis)
Pengarang     : Paulo Coelho
Tebal             : 213 halaman
Tahun terbit  : 2005 (sekarang cetakan ke-9)
Penerbit        : PT. Gramedia Pustaka Utama

The Alchemist (atau Sang Alkemis dalam bahasa Indonesia) menceritakan tentang perjalanan seorang anak, yang awalnya menemukan takdirnya yang ditentukan oleh kedua orang tuanya, untuk menjadi pendeta di sebuah gereja. Namun karena hal itu bukan keinginannya sendiri, si anak tersebut akhirnya menolak dan memilih untuk menjadi penggembala. Dengan sedikit bekal yang diberikan Ayahnya, si anak tersebut membeli beberapa domba dan memulai perjalanannya menjadi penggembala.

Kehidupannya mulai berubah, saat ia bermimpi sebanyak dua kali tentang harta karun, dan memutuskan untuk mencari tahu tentang arti dari mimpi tersebut. Dari seorang peramal berbangsa Gypsy, anak tersebut akhirnya mengetahui tentang arti dari mimpinya. Dan perjalanannya pun dimulai, perjalanan  yang sebenarnya, perjalanan untuk mencari harta karun, yang ada di mimpinya.

Raja Salem, perampok, penjual Kristal, orang Inggris, kepala karavan, Fatima, silih berganti menemani perjalanannya dari Andalusia, Spanyol, hingga padang pasir gurun Sahara untuk mencari harta karun, yang konon berdasarkan mimpinya terletak di dekat piramida-piramida Mesir. Sempat beberapa kali si anak ingin menyerah dan pulang ke kampung halaman untuk kembali menjadi seorang penggembala, namun pembicaraan singkatnya dengan sang Raja Salem selalu menghalanginya untuk kembali.

“Jangan lupa, segala sesuatu yang kau hadapi pusatnya hanya satu. Jangan lupakan juga bahasa pertanda-pertanda. Namun yang paling utama, jangan lupa mengikuti takdirmu sampai pada akhirnya…”

24 June 2011

Dalam Diam, Aku Tetap Menulis

http://www.emoticonizer.com
hwahahaha.. pengen ngakak sambil gulung-gulung rasanya kalau liat judul postingan ini. aku bayangin kalo orang baca judulnya (JUDULNYA AJA YAAA,..) mungkin mikirnya nih postingan isinya poem, ato minimal curcolan puitis seorang penulis yang gak punya pulpen, leptop rusak, mati lampu, kertas sudah diloakin ke tukang jual kacang, yang jadinya cuma bisa diem mati kutu. tapi anda salaaaaaaaaaahhhhh..hagz hagz hagz http://www.emoticonizer.com

sumpah yaaaahh,. ini judul dapet inspirasinya pas lagi jalan, dari kamar mau ke kamar mandi. gak tau tiba-tiba pengen aja bikin posting judulnya gini. itung-itung bikin yang rada' spesial laaah, kan sudah lebih dari satu minggu--tujuh hari--vakum *empreeettttt >>> vakum nulis, vakum apdet status, vakum ngetwitt, vakumkliner (lhoh?!?!?), serta vakum-vakum lainnya, *walopun baca-baca n komen-komen tetap berlangsung. http://www.emoticonizer.com

yeppp,. beberapa orang terdekat sempet tanyak,.
"lahh,. kenapa kok gak pernah apdet status???"
"woiyyy,. mentionku dibales woiiyyy.."
"nulis lagi dooonk,...", dan lain sebagainya.http://www.emoticonizer.com

hemmm,. jujur yahh, sebenernya pada saat aku putuskan untuk vakum sementara dari dunia maya, aku mengemban misi khusus : mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melestarikan ketertiban dunia *kok rada' aneh ya rasanya ketertiban dilestarikan?? betul gak sih kayak gini bunyinya?? *begoknya kumat. au ahhh,..

14 June 2011

aku : gak gaul bangetttt

http://www.emoticonizer.comsenin, 13 juni 2011. perjalanan yang panjang. Gresik-Malang, yang biasanya bisa tembus 3 jam (bahkan 2 jam setengah juga bisa), kali ini menjadi 9 jam. howcome??? jawabannya adalah karena 'kecantol' di Surabaya dulu. hahhaaa..

jam 9 pagi berangkat dari Gresik. biasalah, agak macet dijalan. truk-truk besar berlalu lalang, seolah gak ada yang mau ngalah. pertigaan pun jadi sasaran empuk kesemuanya bertemu. dan,.. Bummmmm... gak ada tabrakan sihh. cuma suara klakson bertebaran dimana-mana.http://www.emoticonizer.com

tarik jaket sampai ke leher, kencengin tali helm, pegangan sama Mpus, dan akhirnya cari jurus langkah seribu buat menghindari terkaman buaya darat *agak lebay kalo yang ini. akhirnya dengan susah payah dan kelelahan yang teramat sangat, sampailah kami berdua di Tunjungan Plaza Surabaya (selanjutnya ku singkat TP).

TP, menurutku termasuk salah satu mall terbesar dan terlama di Surabaya. disamping kalo mau jalan dari ujung-ke ujung lumayan bikin ngos-ngosan, mall ini seingatku sudah ada sejak dulu (minimal sejak aku mengenal apa itu mall). kurang lebih begitulah. emang gak ilmiah banget. tapi suka-suka aku donk mau nulis apaan *lhoh??!?!!!?

olraitt,. back to the topic...

kesalahan fatal : ngemall kepagianhttp://www.emoticonizer.com.
belum jam 10 aku sudah sampai disana. alhasil, belum boleh masuk mall sama pak satpam yang sangat berwibawa dan disiplin itu. sambil nunggu, duduk-duduk gak jelas di dekat pintu masuk, plus foto-foto gak jelas jugak (untung ni kamera di bawa'!!!). sampe akhirnya waktu menunjukkan jam 10 dan lampu di dalam mall menyala semua. yeyy.. masuk deh kitaaa...

11 June 2011

jalan memutar

Tinggi besar, kutaksir hingga mencapai sembilan kali tinggi tubuhku. Berlumut, keropos, berdebu, bercak hitam, coklat, dan hijau dimana-mana. Lalu adakah tempat yang layak untuk cakar mungilku berpijak? Ah,. Lagi, lagi, dan lagi, aku harus melaluinya.

Tembok itu tak juga rapuh, atau tiba-tiba terguling tak berdaya. Masih tetap kukuh berdiri disana, memisahkan aku dengan dunia dibaliknya. Sebenarnya ada sesuatu yang lain yang menempel disana. Berbahan jauh lebih lemah, namun lagi-lagi tak ada celah untukku. Ini semua gara-gara benda yang tak jauh lebih lebar dari daun telingaku itu, yang menjadi pengait antara yang satu dengan yang lainnya. Aku tak tau apa sebutan untuk itu. Begitupun sudah cukup bagiku untuk mendeskripsikannya. Lalu bagaimana selanjutnya?

Aku benci menunggu. Menunggu keajaiban datang. Menunggu ada sesosok raksasa muncul dari balik kotak persegi panjang berwarna hitam legam  disamping tembok berlumut ini. Namun selain menunggu, aku tidak bisa berbuat yang lain. Hanya berteman bulu-bulu halus sebagai alas tidurku, sambil bergelung kemalasan.

Masih tetap saja dingin, walau aku berusaha melindungi seluruh bagian tubuhku. Sang jingga kian meninggi, tapi tak juga hangat disini. Tuhan, tolonglah, ijinkan keajaiban itu terjadi, sekali lagi—tak pernah bosan dan malu aku berucap tentang itu. Sekalipun tak layak pula dianggap keajaiban, karena hal itu sudah tergolong biasa, sangat biasa.

“GUBRAK!!! Krieeeeeeeeeeeeeeeeeetttt…”

Ahaa,.. akhirnya doaku terdengar.

09 June 2011

HITAM PUTIH : buku yang menggoda

ngomongin buku lgi nihh. hehe,..
tapi gak berniat beli buku lagi dalam waktu dekat. kecuali kalo aku bersedia puasa sebulan ini. http://www.emoticonizer.com
*itung-itung pemanasan sebelum ramadhan gitu*... tapi aku putuskan untuk tidak melakukannya. oke,.. lupakan!!!

kali ini ngincer giveawaynya mas Gaphe dari Bali.,
sebuah buku (yang judul bukunya jadi judul postingan ini) >>> gak perlu puasa buat dapet buku baru,yeyyyyyyyy!!!!,
sebuah ethnic belt yang, wewww,. so Indonesia,
plus sebuah pulpen 'gendut' (jadi penasaran segendut apa) warna abu-abu (my fav colour of course!!!).
pengen semua ituuuuuu,,,,,,,http://www.emoticonizer.com

so,. ini dia tugasnyaaa...

#1 follow blognya Gaphe Bercerita >>> sudah dari dulu kaliiiii,.. :D

#2 pasang cover buku plus linknya. oke okee,. akan kulakasanakan, ini diaaaa... (sebelumnya gak pernah pasang gambar sebesar ini. hwahahhaaa...)


pengen tau sedikit tentang isi bukunya?? silahkan klik disini >>>

kalo pengen tau lebih banyak lagi tentang bukunya??? beli aja langsung, bisa pesan di penulisnya, Mbak Rifka dengan cara kirim email ke friendly_ika[at]yahoo[dot]com atau langsung klik link yang ada di bawah gambar. bisa langsung pesen deeehhh,..

okeeeee. itu saja cukup rasanya. setelah dilebihkan usaha, saatnya berdoa agar pada pengumuman tanggal 21 Juni besok yang keluar adalah namakuuuu... http://www.emoticonizer.com

07 June 2011

bukunya dataaaaaaaaaaaaaaaaaang ^^

http://www.emoticonizer.com  apa kabar semuaa??? hweww,. sudah bulan Juni aja sekarang. semakin mendekati pertengahan tahun, yang entah kenapa rasanya sudah menghantuiku sekian lama. iya laaahh,. tahun ini, dua bulan lagi lebih tepatnya, akan ditentukan dengan sangat bijaksana dan berperi kemanusiaan, apakah aku, sebagai seorang mahasiswa, akan lulus kuliah dalam tenggat waktu yang 'normal' atau tidak. padahal masih ada beberapa amanah yang belum terselesaikan. http://www.emoticonizer.com
ahh,. mohon doanya saja lah, semoga selalu diberikan yang terbaik, apapun itu bentuknya.

masih ingat postingan beberapa waktu lalu, yang judulnya JUST LISTEN TO ME FOR A WHILE,. PLEASE!!!. ??? nahh,. di situ kan aku nulis tuh, pengen sebuah buku, yang sudah agak lama dan aku gak tau musti nyari dimana. setelah menjalankan salah satu nasehat yang ada di komen postingan tersebut, tepatnya komennya tante Hani, akhirnya dengan senyum yang merekah setulus hati aku sampaikan kalau sekarang buku itu sudah ada di tangankuuuuuuuuuu.. yeyyyy....http://www.emoticonizer.com

pertama, aku ucapkan trimakasih buat Allah SWT,
lalu tante Hani, yang telah memberikan petunjuk untuk mendapatkan buku tersebut, 
kemudian belbuk[dot]com yang sudah sangat membantu dalam proses pencarian buku tersebut,
juga oci',.. temen kuliah yang aku pinjam kartu ATMnya buat transfer uang. hahaha.. *gak modal beudd http://www.emoticonizer.com

seneng banget akhirnya bisa punya tuh buku. disamping ada beberapa buku lain juga ^^

buat teman-teman yang ingin mengikuti jejakku juga *apaan coba???
ini deh aku kasih tau beberapa step buat beli buku online di situs yang sudah ku sebutkan diatas,..

oia,. awalnya sempat ragu sih, soalnya sebelumnya gak pernah belanja online sama sekali. apapun itu bentuknya. setelah beberapa kali bertanya dan diyakinkan oleh tante Hani kalau situs itu terpercaya buat beli buku, akhirnya aku menyerah juga. iya deh,. coba aja.