29 November 2011

PR dari K[A]Z

ini dapet pe'ernya udah lama banget. tapi karena beberapa hari setelah kepulangan dari Bawean gak bisa langsung onlen gara-gara pulsa si pinklink abis, jadinya baru bisa dikerjain sekarang deh. maap yahh k[A]z ,. hehe..

iyaudah, cepet aja deh. ini aturan mainnya:

dan ini, sebelas hal tentangku:

27 November 2011

Jelajah Potensi Wisata Bawean

Judul postingan ini adalah “Jelajah Potensi Wisata Pulau Bawean”. Jadi perlu teman-teman pahami sejak awal, bahwa yang akan aku bahas kali ini adalah potensi wisata, sekali lagi, POTENSI WISATA. Jadi bisa dibilang, ada beberapa lokasi yang sebenarnya belum dijadikan sebagai objek wisata, namun berpotensi untuk menjadi tempat wisata, kedepannya *dengan beberapa perbaikan pastinya*.

Pulau Bawean, menyesal sekali aku katakan jika ternyata masih belum banyak dari teman-temanku yang mengetahui tentang keberadaan Pulau ini (terutama teman-teman di Malang). Begitu aku cerita tentang rencana liburanku *liburan???* ke pulau ini, beberapa dari mereka menunjukkan wajah yang agak keheranan dan bingung.

“Bawean??? Dimana itu?”

“ha? Kok gak pernah dengar ya…”

“mmmhh,. Semacam pulau….. di dekat Madura????” O’owww

“kalo dari namanya sepertinya di daerah Banyuwangi, iya kah???” gara-gara sama “Ba-“ nya begitu kah??? -__-

Kalau begitu, lebih baik aku jelaskan saja ya. Kurang lebih seperti ini, Pulau Bawean, merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di laut jawa (antara Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa), masuk dalam wilayah Jawa Timur dan Kabupaten Gresik, yang didalamnya terdapat dua kecamatan, yakni kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak. Luas pulau ini kurang lebih 196,27 km2 dimana terdapat jalan utama yang disebut dengan jalan lingkar Bawean, yang panjangnya kurang lebih 55 km.
Letak pulau Bawean. Gambar pinjam dari sini
Peta pulau Bawean. Gambar pinjam dari sini

How Lucky I am ???

lucky, atau dalam bahasa indonesiaku tercinta adalah beruntung, merupakan suatu kata yang sudah cukup akrab di telinga kita. walaupun jujur aku katakan bahwa aku kurang percaya pada yang namanya keberuntungan. tau kenapa??? karena setiap kali ada acara yang melibatkan ungtung-untungan atau hanya sekedar 'luck', aku tak pernah mendapatkannya. mungkin itu juga yang menyebabkan kalo ada acara giveaway yang penilaiannya diundi, aku agak males ikutan. pesimis??? gak juga sih, hanya mencoba belajar dari masa lalu *ngeles*. walopun pernah juga kejadian sekali, si Keven di blog nya, Emotional Flutter, bikin acara 'untung-untungan' yang gak aku sadari kalo aku ikutan, dan ternyata dapet!!! yesss!!! dan cuma sekali itu T.T

well, ini alasan lebih ilmiah mengenai kenapa aku gak terlalu percaya dengan 'luck'. menurut pandanganku, 'luck' itu identik dengan yang namanya kebetulan. sedangkan berdasarkan keyakinanku, "Allah SWT menciptakan segala sesuatu, bukan tanpa maksud dan tujuan". ku kira maksud dari kalimat tersebut sangat jelas. dan aku yakin sekain-yakinnya, bahkan selembar daun tanaman jati pun, akan gugur hanya dengan ijin-Nya, dan pasti ada maksud di balik semua itu. gak ada tuh yang namanya kebetulan. semua udah di atur. dan jujur aku juga gak sukak dengan orang yang hobinya ngomong 'kebetulan'. seperti resepsionis kantor yang sering aku lihat di tipi-tipi..

"wah,. kebetulan Bapak X sedang ada rapat,.."

"ohh,.sayang sekali. kebetulan Ibu Y baru saja pergi untuk menghadiri pertemuan diluar..."

woiyy.. itu bukan kebetulan woiyyy. emang uda diatur kayak gitu. emangnya rapat gak sengaja??? emangnya janji ketemuan sama orang diluar terjadi begitu aja??? pasti ada maksudnya donk. dan pliiiisss,.. berhenti pake kata 'kebetulan'. karena tanpa kata itu, kalimat yang di omongin jadinya bisa lebih tegas, lebih jelas, lebih sengaja, gak terkesan mudah sekali berubah hanya karena faktor kebetulan.

*kok jadi marah-marah ya aku???* 

oke, back to the topic!. om Nuel, itu tuh, pemilik blog sebelah itu, bikin giveaway pertama dalam rangka ulang tahun si "Immanuel's Notes" yang kedua!!! whewww... slamaaaaaaaaaaaaattt *ulang tahunnya masih tanggal empat desember besok dink!!!*. ah,. gak papa. pokoknya selamat yahh om Nuel, moga blognya panjang umur, sehat selalu, gak pernah jablay *curcol*, makin banyak penggemar, makin banyak teman, dan makin sering bikin giveaway. aamiiiinn ^^. dan kali ini, aku berencana ikutan acara Give Away Pertama-nya, yang bertemakan 'Luck'.

18 November 2011

filem filem fileeemmmmm

beberapa hari--atau bulan--menggeje (baca: gak jelas), akhirnya aku putuskan untuk membuat kartu member di salah satu rental VCD dan DVD deket rumah. namanya "Video Planet". berbekal uang limapuluhriburupiah plus KTP berdomisili Gresik dan sedikit 'manggut-manggut' pas dijelasin tentang aturan pinjam-meminjam filmnya, akhirnya, tadaaaaaaaaaaaaaa... jadilah kartu ini ^^

ehmmm.. sudah lama gak bahas tentang film nih. dan setelah kulihat dan kubaca lagi, ternyata si Popcorn baru bahas tentang tiga film, dan ketiganya ditulis pada bulan Januari 2011!!! wuihhh.. udah hampir setahun aja. mau tau film nya apa aja??? nih dia, The Next Three Days, Eat Pray Love *aku masih memburu versi aslinya--buku!!!*, dan The Tourist. kalo pengen baca, klik aja tuh judulnya *promosi postingan lama*.

udah, sekarang langsung bahas film yang sudah aku tonton aja yahh. setelah ku hitung-hitung semenjak pertama kali jadi member di Video Planet, ternyata sudah banyak judul film yang aku tonton. bagaimana tidak, harganya satu film tigariburupiah, tapi ada paketan yang lain yang pastinya lebih ekonomis. delapanriburupiah untuk tiga film, atau sepuluhribu rupiah untuk lima film. berhubung aku masih berpegang teguh pada hukum ekonomi *ato asas ekonomi???* dan jiwa-jiwa mahasiswa masih melekat erat dalam jiwa dan ragaku, jadinya aku lebih sering memakai paketan sepuluhribu. selisihnya bener-bener lumayan soalnya, bisa buat jajan sampe kenyang di alun-alun Gresik ^^

nah,. nahh,. terus ini mau bahas berapa film??? mmmh,. sementara tiga aja dulu kali ya, nanti kalo sudah ada stok tambahan baru bahas lagi yang lain. oia, jangan protes dengan film-film pilihanku, karena ini biasanya film-film lama. maklum, bukan penggila nonton di bioskop, jadinya sering ketinggalan gitu -_-"

16 November 2011

jam tangan dan selotip

jam tangan, saat ini sudah mulai memiliki berbagai macam fungsi. selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga bisa digunakan sebagai aksesoris, dan penentu status sosial *yang terakhir seperti disebutkan di buku Paulo Coelho, The Winner Stand Alone*.

aku menyukai jam tangan semenjak SMP. sejak itu, sepertinya tanganku tidak pernah kosong oleh jam, disamping gelang-gelang yang beranekaragam *biasanya lebih dari satu* yang tidak pernah aku lepas hingga gelang tersebut tidak layak pakai. ini semacam aksesoris wajib. aneh rasanya jika di tanganku tidak terdapat apapun. karena tulang di pergelangan tangan yang sangat kecil, jadi terkesan semakin kecil jika tidak memakai gelang dan jam tangan.

sudah berapa jam tangan yang kuhabiskan hingga saat ini? tadi sih waktu melihat di lemari, ada sekitar empat buah, belum lagi yang ku simpan di dalam kotak, dan yang hilang entah kemana. walaupun jam tangan itu sudah rusak, tapi entah kenapa aku enggan membuangnya. dan aku lebih suka untuk tidak memakai lagi jam yang sudah rusak, ketimbang mengganti batreinya *padahal permasalahannya hanya di batrei yang habis -_-"*. jangan kau kira aku banyak uang, tidak. sebagian besar dari jam itu aku tidak membelinya sendiri. pernah sekali di beri teman, oleh-oleh setelah liburan kemanaaa gitu aku lupa, pernah pula di belikan tante sebagai hadiah, dan yang paling sering adalah mengambil milik Mama. tapi tidak sekedar mengambil, karena kadang Mama memang sengaja membeli jam tangan tersebut dan ingin memberikannya padaku, hanya saja Mama menunggu hingga aku datang sendiri ke Borneo, lalu mengambilnya. hmm.. susah ya...

saat ini yang sedang aku pakai adalah jam tangan sport digital merk Q&Q yang aku beli dengan uangku sendiri di plaza Surabaya *kalo gak ada diskon aku jamin gak bakal beli dehhh*. jam tangan ini adalah salah satu jam tangan 'terlama' yang pernah ku pakai. umurnya hampir dua tahun, dan hingga beberapa hari yang lalu tidak ada masalah yang berarti, kecuali pencetan stopwatch yang sering tertekan tidak sengaja hingga jam tersebut harus bekerja untuk menghitung waktu. rekor terlama sampai saat ini sih stopwatchnya menghitung hingga lima jam, sampai akhirnya aku menyadari kalau stopwatchnya sedang bekerja dan sesegera mungkin aku matikan. kasiannn -_-"

13 November 2011

Finally, the Graduation

WARNING!!!
*ini postingan nyontek*
*ini sebenarnya PR yang harus sudah dibuat beberapa waktu yang lalu, berhubung yang ngasi PR (baca: Kurt, kalo pengen tau blognya, klik DISINI, atau pengen tau juga hasil PRnya dia, boleh baca DISINI) juga baru menyelesaikan PR tersebut dua hari yang lalu, jadilah, aku juga baru menyelesaikannya hari ini. Hehe..*

Postingan ini bercerita tentang kejadian pada hari Sabtu, tanggal 29 Oktober 2011 lalu. Apa yang terjadi pada hari itu? Yukk mari cek langsung aja laporan dari te-ka-pe berdasarkan konsep 5W+1H *jangan salah sangka, aku bukan penggemar OVJ!!!*

What…???
Langsung lihat ke gambar ini aja yah,. ^^

Where…???
Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang

11 November 2011

aku suka HOT CHOCOLATE

HOT CHOCOLATE atau dalam bahasa Indonesia disebut COKELAT PANAS merupakan salah satu minuman yang disajikan dalam bentuk hangat, dan berbahan dasar cokelat, hingga rasa dan aroma yang dihasilkan pun berupa khas cokelat. Ngomong-ngomong tentang rasa cokelat, setelah baca di Wikipedia, ternyata rasa cokelat ini masih sulit didefinisikan. Dalam bukunya Kaisar Cokelat (Emperors of Chocolate), Joel Glenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Menurutnya rasa cokelat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat tidak enak kalau berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa cokelat tiruan. Cukup unik ternyata.

Oke, kembali lagi ke Hot Chocolate

Aku mengenal Hot Chocolate belum lama, mungkin baru dua atau tiga tahun belakangan ini, pada saat kuliah di Malang. Saat itu, salah seorang teman kosku menawarkanku minuman hangat ini. Setelah ku coba, tidak butuh waktu lama rasanya untuk memutuskan bahwa aku menyukai minuman itu. Aromanya sangat cokelat, begitu juga dengan rasanya. Tetap ada rasa manis, namun rasa dari cokelat itu sendiri yang lebih mendominasi. Dan sejak saat itu, Hot Chocolate menjadi salah satu menu minuman favoritku.

Pengalaman minum Hot Chocolate

Hot Chocolate buatan teman
Maksud dari buatan teman ini, bukan berarti temanku mengolah biji cokelat sendiri hingga menjadi cokelat panas, bukan. Jadi, temanku ini membuat cokelat panas dari campuran beberapa bahan, diantaranya Cokelat Bubuk Van Houten, yang biasanya dibuat untuk campuran kue dan pudding, ditambah dengan susu skim, dan sedikit gula. Apakah ini berarti susu cokelat??? Menurutku bukan, karena susu skim yang sebagai campurannya itu, hanya berfungsi sebagai tambahan saja agar cokelat panas yang dihasilakan tidak terlalu encer. Sedangkan bubuk cokelatnya tetap merupakan komposisi yang utama. Gula juga tidak diberikan terlalu banyak, agar tidak terlalu manis. Karena jika minuman yang dihasilkan terlalu manis, aroma cokelat tidak akan terasa kuat.

09 November 2011

serunya berteka-teki

Disuatu malam, beberapa tahun yang lalu, tiba-tiba seorang teman mengirim sms seperti ini:

VYBIRLBH
“without wax”

Clue: ½=13

Message details:
From: a friend <+628563279xxx>
Subject: VYBIRLBH
Date: xx.xx.xx
Time: xx.xx PM
Type: Text message

Hampir semalaman mikir lamaaaa banget tentang teka-teki diatas. Bukan masalah huruf-huruf acaknya, melainkan clue-nya. Karena kalo clue-nya gak ketebak, huruf-huruf tersebut gak akan  kebaca. Ditambah lagi ada kalimat “without wax” yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “tanpa lilin”. Namun sayangnya, arti kata tersebut tetap masih tidak menunjukkan apa-apa.

***beberapa bulan kemudian***

Suatu malam, aku jalan-jalan ke toko buku diskon Toga Mas sama seorang temen. Pas nyari-nyari buku yang bagus, tiba-tiba ketemu sama buku terbarunya Dan Brown, judulnya Digital Fortress (Benteng Digital). Waktu itu aku baru selesai baca ketiga buku pertamanya, dan sangat antusias. Jadi tanpa pikir panjang, akhirnya aku membeli buku itu. Delapanpuluhsekianriburupiah melayang begitu saja. Hmmmmm…

08 November 2011

seputar lebaran idul adha

lebaran idul adha kali ini agak berbeda. papa, mama, kakak, dan adik-adikku datang semua. walopun gak sampe seminggu mereka disini. sebenarnya ini tidak direncanakan. awalnya, cuma mama sama papa aja yang datang kerena mengikuti acara wisudaku tanggal 29 oktober lalu (belum cerita yaa.. maaffff T.T). awalnya papa iseng, waktu di Banjarmasin, dateng ke pesantrennya adikku yang paling kecil, trus tanya, boleh ijin atau gak. gak taunya dikasih ijin, empat hari pula. jadilah, kakak sama adikku yang satu lagi langsung disuruh ngurus ijin di kantor dan kampusnya. dan, hari rabu kemarin (2 November) mereka sampai di Gresik dengan selamat. niat awal maunya lebaran bareng-bareng di Gresik, tapi gak disangka, pas hari kamisnya papa dapat telepon dari kalimantan, katanya disuruh pulang dan berlebaran disana. yasudah,. akhirnya hari jumat kemarin (4 November) kami sekeluarga nganter papa ke Juanda. sedihh, banget. niatnya lebaran bareng, gak taunya batal disaat-saat terakhir. dan kemarin (senin), mama, kakak, dan adik-adikku juga udah balik lagi ke Kalimantan. aku sendirian. lagi.

kalo lebaran idul adha, di Gresik sini lumayan rame. soalnya ada semacam pawai takbir keliling yang dilombakan, yang diikuti oleh tiap taman pendidikan al-Qur'an, atau madrasah, atau sekolah-sekolah islam yang ada disini. kemarin sempet liat sebentar, dan ternyata yang ikut lumayan banyak, kurang lebih 23 peserta. mulai dari yang masih keciiiil banget seumuran anak TK, sampe yang sudah besar, yang sudah sekolah di tingkat Aliyah. maisng-masing dari mereka punya ciri khas sendiri, dengan berbagai macam atribut yang digunakan, spandung lebar yang dibentangkan, bahkan ada beberapa peserta yang membawa miniatur masjid. padahal pawai nya itu jalan kaki lohh, dan lumayan jauh juga. luar biasa.