28 January 2012

Aku Ingin Bergabung dengan NGO

picture captured from here
NGO, yang merupakan akronim dari Non Government Organization sebenarnya sudah aku dengar keberadaannya sejak di bangku kuliah, terkait dengan beberapa dosen yang memang sudah menjadi anggota dari beberapa NGO ternama, bahkan ada yang sampai bertaraf Internasional. Berdasarkan informasi yang aku dapat di bangku kuliah juga, NGO bisa jadi suatu 'lahan pekerjaan' bagi seorang lulusan gizi, karena masalah kesehatan merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian khusus oleh para NGO, disamping masalah pendidikan, lingkungan, dan human right *aku kesulitan membahasa Indonesiakan bagian ini*. Gak hanya itu aja, jika bergabung dalam NGO, mungkin aku bisa menerapkan satu-satunya bidang ilmu gizi yang aku minati sangat, yakni Gizi Komunitas. Dan kukira ini adalah penyebab utama, mengapa aku ingin bergabung di NGO :D.

Hmm,. sudah ngomong panjang lebar tapi masih bingung tentang definisi NGO??? Sebenarnya aku juga bingung sih gimana mo ngejelasin :)), jadinya musti nyontek di web sebelah. Dan ini yang kutemukan :D
A non-governmental organization (NGO) is any non-profit, voluntary citizens' group which is organized on a local, national or international level. Task-oriented and driven by people with a common interest, NGOs perform a variety of service and humanitarian functions, bring citizen concerns to Governments, advocate and monitor policies and encourage political particpation through provision of information. Some are organized around specific issues, such as human rights, environment or health. They provide analysis and expertise, serve as early warning mechanisms and help monitor and implement international agreements. Their relationship with offices and agencies of the United Nations system differs depending on their goals, their venue and the mandate of a particular institution. (taken from www.ngo.org)
Selama proses pencarian kerja ini, selain perusahaan industri makanan, aku--dan beberapa orang teman yang amat sangat berminat di bidang ini juga mencari informasi tentang lowongan di NGO. Biasanya, NGO itu bekerja di negara-negara berkembang, yang masih memiliki permasalahan-permasalahan gizi, pendidikan, dan semacamnya, Indonesia salah satunya.

Sejauh informasi yang ku dapat hingga saat ini, ada beberapa NGO yang membuka lowongan pekerjaan, namun hanya dua yang aku coba memasukkan lamaran kedalamnya. Pertama, Helen Keller International (HKI), yang merupakan NGO yang lebih concern pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh anak cacat terkait dengan interaksinya terhadap masyarakat umum, serta Plan International yang juga lebih berkonsentrasi pada subjek anak-anak, serta keterkaitannya dengan kesehatan, kesejahteraan, pendidikan, eksploitasi, dll. Sampai saat ini, yang di HKI, sudah melalui tiga proses seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes tulis, dan interview. Sedangkan untuk Plan International, sudah melalui tiga proses seleksi juga, yakni seleksi administrasi, interview dengan pengurus pusat (di Jakarta), dan satu lagi interview dengan kepala bagian daerah yang kemungkinan akan kutempati jika aku diterima, kelak.

Sudah dua minggu berlalu, dari saat terakhir proses interview kedua NGO tersebut *yang kejadiannya hanya berselang sehari*, dan keduanya sama-sama meenyampaikan kalau keputusan diterima atau tidaknya aku, akan ada maksimal dua minggu kedepan. Mungkin ini salah satu penyebab, beberapa hari ini aku gak mood ngeblog, males blogwalking, beberapa hari ini cuma mantengin si hengpong aja, karena berharap akan ada panggilan dari mereka. Hmmm.. Gak tau deh bakalan nunggu sampe kapan. Tapi pastinya harapan itu masih ada, walopun kemarin sempat ngedrop, gak semangat, hampir hampir hampir give up, ato apalah itu istilahnya.

Ehh,.. ini awalnya ngomongin NGO kok ujung-ujungnya curhat ya??? :)). Hyaaasudahlah. Pastinya sampe sekarang masih terus nunggu, dan terus berharap. Dan kalo ada teman-teman yang punya informasi tentang NGO, plisss plisss plissss banget kasih tau yahh. Pengen banget soalnya gabung sama begituan. Apa ya... Selama ini aku merasa kalo aku pribadi kurang bisa berbagi, dan menurutku dengan bergabung di NGO, lahan untukkku berbagi bisa lebih luas--walopun berbagi juga gak hanya bisa dilakukan melalui NGO, ya, aku sadar itu. Tapi alangkah baiknya jika kegiatan berbagi tersebut juga sekaligus menjadi pekerjaan bagi kita. Sangat menyenangkan pastinya ya... :)

Curhat lagi dikit ahh... Dua NGO ini bener-bener deh, telah memaksaku untuk menggali lebih dalam ke pelosok harddisk di otakku yang mungkin sudah hampir terlupakan. Gimana nggak, pertanyaan-pertanyaan mereka waktu interview tu bener-bener masalah gizi yang mendasar, dasaaaar banget sampe hampir lupa :)), macam, gimana cara mendeteksi anak bergizi buruk, jelaskan tentang diagram permasalahan gizi UNICEF serta penyebabnya masalah gizi yang mendasar berdasarkan diagram tersebut,  *duhh, itu tuh mata kuliah semester satu, empat tahun yang lalu woiyy.. empat!!! :))*, kebutuhan gizi khusus untuk anak cacat, persaingan susu formula dan ASI serta keterkaitannya dengan status ekonomi masyarakat, dan lain sebagainya. Pokoknya itu keduanya merupakan sesi interview terpanjang sepanjang pencarian kerjaku. Selesai interview beneran pengen ngakak. Soalnya gak nyangka bangeeet bakal ditanyai begitu-begituan, sekaligus ngetawain diri sendiri juga pastinya :)). Tapi disisi lain juga aku senang, karena ternyata ilmu yang aku dapat di bangku perkuliahan akhirnya berguna *baru nyadar????????????? Kemana aja Nooonnn!!!! Nyiahahahaha =))*.

65 comments:

  1. NGO itu juga sama artinya sama LSM lho dan juga ga selamanya berhubungan sama medis. :)

    ReplyDelete
  2. wah semoga diterima di NGO ya mbak, bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahlian kita itu sangat-sangatlah menyenangkan. Btw ini berarti musti ditempatkan di seluruh pelosok Indonesiakah?

    NGO ini kayak LSM gitu kali yah?... namun bergerak di bidang gizi. Trus profitnya darimana itu mbak?

    ReplyDelete
  3. moga diterima ya Mbak, selain bisa memberikan kemanfaatan untuk orang lain, kan bisa jalan-jalan keliling dunia

    ReplyDelete
  4. tetap smngat rie ...moga diterima aamiin ya rabb ...turut mendoakan mu.

    ReplyDelete
  5. semngat ya rie smoga di terima..turut mendoakan mu.

    ReplyDelete
  6. Jiahahaha parah banget baru sadar.
    Kalau mbak ingin masuk NGO, aku ingin masuk salah satu organisasi UN. Trus jalan-jalan ke pelosok, kayaknya asyik ^^

    ReplyDelete
  7. waaahh, dhe ikut deg2an juga mae.. hahahhaha :P

    dhe malah baru tau NGO dari sini mae, hahaha, ya iyalah lha wong dhe bukan ahli gizi dan gk paham masalah gizi.. hehe.. tapi tetep, dhe bantu do'a semoga apa yang mae harapkan terkabul.. dan salah satu dari yang disebutkan diatas, bisa menjadi tempat berlabuh mae untuk bekerja.. aamiin..

    ReplyDelete
  8. heheheh... kirain lagi ngebahas busi motor... :D Setahuku ada busi motor merk-nya NGO, dan kirain dirimu mau bergabung di perusahaan busi motor... :))

    penantian yang panjang ternyataa... sing sabar yaaaa... semoga panggilan itu datang sehingga penantiannya tak bertanda tanya ria lagi.... :)

    ReplyDelete
  9. semoga bermanfaat dan diterima apa sudah yach?hehe

    ReplyDelete
  10. @FifinHaha.. iya Mas, di pelosoook banget. hihihi.

    Emang sama dengan LSM, tapi kalo LSM itu kan lokal, kalo NGO tu 'istilah kerennya' untuk skala internasional, dan gak hanya di bidang gizi aja kok mas, lainnya juga banyak. Kalo profitnya, biasanya dari yayasan ato donatur. Kalo tingkat internasional gitu biasanya udah ada donatur tetapnya, terutama dari negara-negara yg sudah maju :)

    ReplyDelete
  11. @PakiesAmiiiinn.. Haha.. iya pak Ies. Tuh jalan-jalannya jadi bonusss :D *ngarepp*

    ReplyDelete
  12. @meutia rahmahAmiinn.. amiin.. makasih yaa kak Tiaa :D

    ReplyDelete
  13. @Una:o organisasi UN apa ya mbakk?? hihi

    iya nih, parah banget baru sadarr :p

    ReplyDelete
  14. @dhenok habibieHwidiww.. sampe ikut deg degan gitu.. terharu aku Dhe.. :">

    Amiinn,,. makasii yaaa Dhe Manisss :D

    ReplyDelete
  15. @SamNGO apa NGF apa NGK??? Haiyooooo :))

    Amiiin, mugo diparingi sabar lan di terimo, :D

    ReplyDelete
  16. @Urang kampoengAmiinn..Amiin.. Amiin.. Makasiii :D

    ReplyDelete
  17. Teruslah berdoa karena Allah suka orang yang berdoa,
    Berdoa berarti bersungguh-sunggu untuk mendapatkan harapan tersebut.

    Met weekend :)

    ReplyDelete
  18. @armae Lah piye sih... United Nations. Wong di postinganmu aja ada kata United Nationsnya :p

    ReplyDelete
  19. @armaekayanya sih NJK?? Atau NII?? masih bingung dan ga yakinnn...:D

    Wahhh.. Ini bahasa jawanya kaum ningrat yaaa?? walau ga ngerti aku aminkan ajaaa dehhh, coba nebak-nebak kayanya sebuah doa.... :D

    ReplyDelete
  20. organisasi yang bagus tuh,
    oia salam kenal ya, ijin follow blog ini kembali ^^







    hiakuherry

    ReplyDelete
  21. tadinya aku berharap armae lebih memilih NGO islami, macam Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dll, tapi tak apalah, soalnya NGO yg armae pilih sesuai bidang kamu

    ReplyDelete
  22. @Baha AndesHahaha.. kak Baha ada ada aja niii :D

    ReplyDelete
  23. @UnaHahaha.. iya yah. Jadi malu akuuu :">
    ketahuan banget nih kalo itu asal copas gak dibaca sampe akhir :))

    ReplyDelete
  24. @Sam:-? makin banyak saja nih istilah aneh-anehnyaaa..

    Hihihi.. Baguslah kalo di amini, makasi yaaa :-bd

    ReplyDelete
  25. @Djepret BerceritaKadang juga kerasa capek Kak, tapi moga gak sampe putus asa :D

    ReplyDelete
  26. @HEЯRYTrimakasiii,. salam kenal juga Herry :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo udah pake template bawaan untuk tampilan ponsel udah otomatis berbalas komentar itu bisa :D jadi nggak ngerusak template aslinya..
      tapi kalo template tampilan penuhnya lain lagi tampilannya jadi ya aneh aja :D

      Delete
    2. Padahal kalo dengan tampilan aslinya bawaan blogspot lebih bagus loh, mau lihat?? Nih blog km dalam tampilan ponsel :D

      Delete
  27. @Ario AntokoWah.. aku malah belum pernah denger tentang NGO itu mas Ario. Kalo ada informasi kasi tau aja yaaa ;)

    ReplyDelete
  28. @HEЯRYIya, kalo di hengpong udah auto, tiba-tiba gitu aja. aku juga gak tau gimana bisa. hihihi.. :D

    ReplyDelete
  29. @HEЯRYIya bagus, warnanya juga matching. tapii, nanti dulu laaaaahhh :D

    ReplyDelete
  30. semoga terwujud keinginannya untuk bekerja disana..Aminn:)

    ReplyDelete
  31. Saya gak punya info tentang NGO mbak, tapi turut berdoa semoga diterima.

    kalau kenyataannya sebaliknya, ehm saya rasa tanpa NGO anda juga masih bisa kok jadi pahlawan gizi Indonesia :) semangat...!

    ReplyDelete
  32. semoga tercapai keinginannya ya, mbaaak :)
    saya juga pengen banget jadi kaya volunter gitu (sama ga, ya?)

    ReplyDelete
  33. pilihan yang arus saya acungin jempol. nggak banyak looh orang yang mau bekerja di NGO karena non profit oriented,, kadang banyak dipandang sebelah mata.. tapi namanya ketulussan untuk pengabdian, pasti ntar dikasih jalan sama Tuhan laah.. sabar yah, moga dikasi yang terbaik

    ReplyDelete
  34. ckckck,,, kebanyakan pertanyaan2 waktu interview kerjaan itu hanya pertanyaan basic aja, ya kalo bisa dibilang pertanyaan semester 3 ato 4 lah..
    Tapi itu lah salahnya kita , sering lupa dengan pelajaran2 yg dianggap enteng. Btw, kalo mau berbagi langsung aja ama aku mae.. Berbagi rezeki mu yg berlebih itu buat aku :p

    ReplyDelete
  35. Wah, good idea banget ka. Semoga ke wujud aja deh.. Salam kenal dan makasi

    ReplyDelete
  36. kalau aku malah ingin gabung ke NatGeo kalau dikasih kesempatan,heheh
    soalnya aku suka jurnalistik NatGeo paling aku suka dari segala sudut ( ngarep )

    ReplyDelete
  37. nice blog! maybe we can follow each other if you want? :)
    http://choccopost.blogspot.com/

    ReplyDelete
  38. @Lozz AkbarYaaa.. nanti kalo sudah ada laah infonya Uncle :)

    Amiiin,. semoga saja bisa juga seperti itu :D

    ReplyDelete
  39. @Kampung KaryaSiaaaapppp!!! Dari dulu mah kalo pengen bergabungnya. Hihihi

    ReplyDelete
  40. @catatannyasulungVolunteer, hemm,. mirip sih, tapi gak bisa disamakan jugaa :D

    ReplyDelete
  41. @GapheTrimakasih untuk acungan jempolnyaaa,. makasih juga untuk doanya :D

    ReplyDelete
  42. @Kurnia Eksis dengan InternetAhahaha.... kalo itu salah satu bentuk doa agar aku banyak rejeki, ku amini saja laaahhh :D

    ReplyDelete
  43. @AndyHwehee.. kalo NatGeo mah aku juga mauuuuuu :D

    ReplyDelete
  44. Bekerja di bidang yang sama dengan jurusan kuliah dan sekaligus sesuai dengan passion?
    Wah itu sih sebuah kebahagiaan hidup yang tak terkira... :)

    ReplyDelete
  45. @Asoppengeeeeeeennn bangeeeeetttt :D

    ReplyDelete
  46. wah selamat ya mendapatkan pekerjaan yang di idamkan selama ini. Semoga menyenangkan menjalani rutinitas disana. Jangan lupa ceritakan pengalaman sobat pada kita kita sahabat blogger disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiii...
      Aamiin.. mohon doanya yaaaa :D

      Delete
  47. Aku Juga Sama Pengen Masuk k N.G.O. !!
    Krn Slain Bnr2 NgBantu Org Dlm Ksulitan Juga Terlihat Keren Aj Gtu !!
    Tp, Scara Ksuruhan, Aku Blm Tw Pasti N.G.O. Itu Sperti Apa, Jd Rada Bingung2 Dikit Gtu !!
    Btul Btul Btul !!
    Hehe2 !!
    :D :* <3

    O y, Aku Tw N.G.O. Itu dr Film RESIDENT EVIL : DEGENERATION Loh !!
    N.G.O. Yg Ku Maksud Adalah TERRA-SAVE, Yaitu Organisasi Perlindungan Dari T-Virus & G-Virus !!
    & CLAIRE REDFIELD Adalah Salah Satu Anggota Nya Yg Paling BrPengalaman Tntang T-Virus & G-Virus !!
    Krn Dia Telah Selamat DARI INSIDEN RACOON CITY !!
    :D (^_^)

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D