March 18, 2012

Mari Mengenal Piramida Makanan

Finally,. untuk pertama kalinya seorang S.Gz ini membicarakan tentang gizi!!! Apa sebab? Karena beberapa hari yang lalu aku menjalani medical check up dan akhirnya mendapat pesan-pesan yang mujarab dari salah seorang dokter spesialis di rumah sakit dekat tempatku berpijak saat ini: Jaga kesehatan, jaga pola makan, olahraga teratur, dan jangan tidur terlalu malam. Hasseeekkk. Trimakasih bapak Dokter atas sarannyaaaa. :D

Itu secara umum yah, tapi tak akan ku bahas semuanya saat ini. Karena sekarang, cuma pengen ngomongin tentang pola hidup sehat terkait dengan ilmu yang aku pelajari di bangku kuliah. Mari berdoa terlebih dahulu, semoga postingan ini tidak semembosankan saat itu, saat aku menjalaninya sendiri, dengan nyata dan kesadaran sepenuhnya --walopun diselingi main game di hp ato leptop, poto-poto, ngobrol, curhat, nyemil, daaan lain sebagainya <<< ini kuliah apa nongkrong di kantin siii??? :))

Teman-teman sohiblogger semua, sudah tau tidak, kalau saat ini 4 SEHAT 5 SEMPURNA sudah tidak diberlakukan lagi???
A. Gak tau, gak pernah dengar
B. :o Hahh.. Apa itu 4 sehat 5 sempurna???
C. Sebodo amat deh mo ganti mo enggak. Gak ngaruh sama aku. Yang penting ngeblog jalan terusss >:)
D. Denger doank, gak ngerti maksudnya apaan
E. Pernah dooonk, kan udah rame tuh di bicarain. Jadi tuh yaa, 4 sehat 5 sempurna tuh diganti, soalnya udah lamaaa bangett....... *STOOOOPPPP!!!*

Silahkan pilih jawaban yang paling pas menurut hati nurani dan pikiran para sohiblogger, karena jawaban anda akan menentukan langkah selanjutnya yang akan anda ambil. Muahahahahaha... :p

*

Okedeh, aku kasih aja langsung bocorannya. Kalo jawaban sohiblogger adalah antara A sampai D, berarti anda harus tetap disini dan baca lanjutan postingan ini. Kalau jawabannya E, lebih-lebih lagi, anda harus tetap disini. Siapa tau ada yang tanya-tanya, kan bisa bantu jawab gitu. :)) *maksa bangettt*

4 Sehat 5 Sempura, seperti yang umumnya kita tau, merupakan ingredient dari makanan yang sebaiknya kita konsumsi sehari-hari. Terdiri dari (1) Makanan pokok, (2) Lauk pauk (3) Sayur mayur (4) Buah-buahan dan (5) Susu. Sebenernya, dari kesemuanya ini, sudah mencakup makanan yang memang sebaiknya di konsumsi secara umum. Tapi taukah sohiblogger semua, bahwa masih ada kekurangan dari konsep 4 Sehat 5 Sempurna ini???

Kalo tau yaudah, diem aja yahh.. Kalo gak tau, yuk deh lanjut baca.. ;)

Sebenernya, ada banyak hal yang mendasari tidak diberlakukannya lagi konsep 4 Sehat 5 Sempurna ini *yang aku gak yakin bisa untuk menyebutkan kesemuanya :p*. Namun ada dua hal utama yang menyebabkan hal itu terjadi. Pertama, dalam konsep 4 Sehat 5 Sempurna, kita tidak bisa mendapatkan keterangan mengenai jumlah makanan yang harus di konsumsi. Disitu cuma ditulis Nasi, Lauk, Sayur, tanpa tau seberapa banyak kebutuhannya, seberapa besar porsi makanan yang satu dengan yang lain, dan lain sebagainya. Sedangkan yang kedua, ternyata eh ternyata, bahan makanan yang perlu diperhatikan dalam menu makanan kita sehari-hari tidak hanya 5 macam itu saja. Misalnya nih, minyak goreng, gula, garam, sirup, itu belum termasuk kedalam konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Maka dari itu, konsep tersebut akhirnya di sempurnakan.

Nah lo, trus namanya apa donk? Apakah "4 Sehat 5 Sempurna yang Disempurnakan"???

Bukaaaaan,. Jadi yaa, sekarang ini, konsep 4 Sehat 5 Sempurna itu, sudah berubah menjadi "Piramida Makanan" Yayyyy..... Selamaaaaaaaaaaaaatttt!!! *ehh* :))

Bingung tentang Piramida Makanan? Ato sudah pernah dengar tapi gak paham maksudnya? Iyaudah deh gak usah lama-lama, yuk kita perhatiin gambar yang satu ini.

pict source




Nah nah,. gambar di atas bentuknya seperti piramida bukan? Lebar di bagian bawah dan semakin sempit serta mengerucut dibagian atas. Perubahan kelebaran ini menunjukkan jumlah yang harus di konsumsi setiap harinya. Semakin kebawah, maka semakin banyak yang di butuhkan tubuh, semakin ke atas, maka semakin sedikit pula kebutuhannya. Bahkan untuk tingkat yang paling atas sendiri, itu dianjurkan untuk dikonsumsi seperlunya saja. Jika mampu untuk dihindari, rasanya akan lebih baik. :D

Beberapa kelebihan dari Piramida Makanan ini, diantaranya:
  • Kita jadi bisa mengetahui tentang kebutuhan air minum kita sehari, yakni +8 gelas
  • Pada baris kedua, itu merupakan 'Sumber Karbohidrat' yang biasanya juga disebut sebagai makanan pokok. Dari gambar piramida diatas itu, selain kita bisa mengetahui kalau kebutuhannya paling besar diantara makanan yang lain, kita juga bisa melihat kalau makanan pokok itu tidak melulu nasi. Bisaa diganti dengan roti, cereal, biskuit, bahkan pasta.
  • Pada tingkat ketiga, disitu kita bisa lihat kalau ternyata setelah makanan pokok, kebutuhan terbesar kedua adalah sayuran dan buah-buahan. Kedua bahan makanan ini sangat penting sebagai sumber vitamin dan mineral, juga serat. Nah, karena keduanya berada dalam satu baris, memang lebih baik keduanya memiliki porsi yang sama besar. Namun, jika memang teman-teman kesulitan untuk memenuhi salah satu diantara keduanya *dengan berbagai alasan, termasuk rasa suka dan tidak suka*, kedua jenis bahan makanan ini bisa saling menggantikan loo. Kalo gak terlalu sukak sayur ya buahnya bisa dibanyakin, begitu juga sebaliknya. Tetapi, memang lebih baik mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, karena semakin beranekaragam makanan yang kita makan, semakin bervariasi pula zat gizi yang kita dapatkan. Karena pada kenyataannya, tidak ada satu jenis makananpun yang mengandung semua zat gizi  secara sempurna kecuali ASI!!! Ingat itu yaa... ;)
  • Tingkat ke empat dari Piramida Makanan ini dihuni oleh para sumber protein. Terdiri dari protein hewani seperti daging, ayam, dan telur, protein nabati seperti kacang kedelai, kacang hijau, dan olahannya, dan dairy product seperti susu, yoghurt, dan keju.
  • Nah, sampai juga nih di tingkat kelima, posisi puncak yang menandakan kebutuhannya yang sangat sedikit atau bahkan lebih baik dihindari, yang dihuni oleh minyak, garam, gula, supplemen, dan vitamin tambahan. Beberapa jenis bahan makanan disini, biasanya memang tidak berdiri sendiri, melainkan bercampur dengan bahan makanan lainnya. Misalnya nih, teman-teman gak mungkin kan langsung makan minyak dari botol minyak gitu? Hahaa.. pasti gak enak banget deh rasanya. Tapi taukah teman, kalau dalam satu buah gorengan entah apapun itu, mengandung minyak sebanyak kurang lebih 1 sendok teh??? Hayoooo... Hihihi. :p. Itulah yang kumaksud dengan bahan makanan yang tidak berdiri sendiri. Lalu bagaimana menghindarinya? Nah, untuk ini, perlu dilakukan modifikasi mengenai penyajian makanannya. Dikurangi laah goreng-gorengnya ituu, atau kalau bikin teh, gak usah terlalu banyak gulanya. Berhenti jugak, yang punya kebiasaan ngemil garam, plus yang suka kue kue manis macam tart, brownis, donat, dan lain sebagainya. ;) Eh trus, kenapa vitamin dibatasi jugak??? Eits, jangan salah yaaa. Vitamin yang dimaksud disini adalah vitamin tambahan, yang didapatkan diluar makanan sehari-hari yang kita makan. Simpel aja penjelasannya, kalo temen-temen bisa memenuhi kebutuhan sayuran dan buah-buahan setiap hari, gak perlu banget rasanya vitamin tambahan itu. Lagi pula, vitamin yang kita dapat di sayur dan buah kan alami, jadi pastinya lebih aman. Gituuu :D
Oke, sekian untuk penjelasan mengenai Piramida Makanan ini. Maaf kalo misalnya ini postingan berasa kuliah, dan jadinya panjang bangeeeeeett. :p Kalo ada yang masih belum jelas monggo ditanyakan. Jika yang ku sampaikan diatas itu benar, maka kebenaran tersebut datangnya dari Allah SWT. Namun jika ada kesalahan, maka sesungguhnya kesalahan itu karena ketidak mampuanku semata :) *seperti yang disampaikan Pakde Cholik*

Last, mari memulai hidup yang sehat dari pola makan yang sehat. Karena menjaga kesehatan, merupakan satu bentuk rasa syukur kita kepada Sang Pemberi Hidup. :D

43 comments:

  1. Kalo makan mie mercon udah memenuhi bagian mana dari "piramida makanan" ini??

    Kenapa pas mbahas buah dan sayur tiba2 melenceng mbahas ASI??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie mercon yaa,. tingkat kedua, sedikit bagian ketiga, keempat, sama yang paling puncak juga :D

      Ohh... kalo masalah ASI itu, hanya untuk pembanding saja. Karena memang semua tiap bahan makanan itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing :)

      Delete
    2. kan mie mercon pedes.. la yang puncak itu kana untuk makanan manis???

      Delete
    3. Minyaknya yg ku maksud, minyak dalam bumbu, minyak saat menggoreng mie instan, dan minyak dari nyeplok telor :D

      Delete
  2. Saya udah mengikuti saran 4 sehat 5 sempurna itu Bu Dokter... Tapi kok saya masih kurus kering yaaaa?

    *lirik postingan saya yang jam 12 ke atas, begadang, dan kopi*

    #nyengir wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehem.. aku bukan bu Dokter yah mbak,.. Hihihi :D

      Nah nah,. itu sudah tau penyebabnya apa. Yuk mulai perbaiki pola hidup menjadi lebih baik ;)

      Delete
  3. yang jadi pertanyaan adalah ketika masyarakat miskin yang mungkin saja kurang mampu membeli makanan yang terdapat dalam 4 sehat 5 sempurna ini, lantas gimana mereka mau memenuhi kebutuhan gizinya mbak?

    #sebagia ahli gizi, saya harap ada solusinya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.. Masalah klasik nih, tapi tetep gak selesai-selesai. Well, gak bisa jawab banyak untuk saat ini. Mungkin akan aku buat postingan untuk membahas tentang ini. InsyaAllah,.. Semoga bisa yaa.

      Tapi satu hal yang perlu ku tekankan, bergizi gak harus mahal. Bahkan justru makanan yang di jual di restoran fastfood yang harga seporsinya cukup menguras kantong itu tidak melulu lebih bergizi daripada nasi bungkus yang dijual dipinggir jalan :D

      Delete
  4. waahhha ternyata air putih tetap jadi prioritas eaa.. :D
    thanks inponya kk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyadooonk,. karena 60-70% bagian dari tubuh adalah cairan ;)

      Delete
  5. kalo aku suka melewatkan susu hehehe. btw WHO sudah mengeluarkan My Plate entah untuk mengganti piramida makanan atau bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. My Plate itu tambahan untuk piramida makanan mbak Lid. Jadi dari piramida makanan ini, diterjemahkan lagi kedalam satu porsi makanan lengkap dengan berbagai elemennya dalam bentuk my plate ituuu :D

      Delete
    2. aku pernah lihat di film seri The Good Wife, dalam menentukan my plate ada lobi2 politik oleh perusahaan makanan/minuman/ atau juga petani/peternak


      ini recapnya:

      http://www.vulture.com/2011/11/good-wife-the-good-wife-recap-natural-enemy-vegetables.html

      jgn lupa pakai CTRL +F dan cari dgn keyword "My Plate" diagram

      Delete
    3. Whaowww.. Aku gak ngerti tuh kalo ada lobi lobi politik segala. Ya nanti aku baca mas. Makasi yaaa infonyaaa :)

      Delete
  6. wah baru kelihatan anak lulusan Gizi ngomong begini tumben,hehehe
    makan 4 sehat 5 sempurna juga belum cukup buat badan kita tetap bugar & sehat,kalau kagak relaksasi pikiran biar beban pikiran kita kagak menumpuk & berlebihan harus banyak yoga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :">
      Yapp.. 100 buat mas Andy. Hidup sehat tidak hanya dapat diperoleh dari pengaturan makan. :D

      Delete
  7. ci ci ci eh. ternyata dikau lulusan gizi. namun kenapa posting gizi cuman kali ini? #entah emang pertama atau enggak#
    sepertinya saya musti makan makanan astronot (dikit tapi mencakup) kekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ternyata ada juga yg merasa. Emang baru pertama iniii. :D

      Ransum tentara aja,. itu dikit banget yg dimakan tapi kalorinya gedeeeeee.

      Delete
  8. 4 sehat 5 sempurna jaman kita sd sob. Memang kalau sudah menginjak bangku kuliah dan wawasannya luas. Semboyan itu nggak berlaku. Yang ada piramida makanan. Makanannya juga disesuaikan kebutuhan tubuh kita. Berapa kalori yang dibutuhkan.

    Tapi kalau di desa, yang penting mah 4 sehat 5 sempurna. Tanpa mengindahkan nilai gizinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai gizi itu mengikuti apa yg di konsumsi kok, jadi kalo porsi normal nya orang normal dengan komposisi yang lengkap seperti 4 sehat 5 sempurna, minimal akan mendekati pemenuhan gizinyaaa :D

      Delete
  9. wah..ahli gizi akhirnya mosting ttg gizi, nice share mae...dapet ilmu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tuh kata teh Tia ahli gizinya baru posting tentang gizinya sekarang haha harusnya itu, 4 sehat 5 kurang lengkap. Tapi etelah jadi piramida makanan kayaknya lebih lengkap 0_0

      Delete
    2. Trimakasih kak Tia.. :D

      Asep: : Sebelumnya gak PD nih aku :">

      Delete
  10. Sering melewatkan buah-buahan. :(
    Btw, yang seharusnya lebih baik dihindari itu, malah lebih menggoda ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :))
      Persisi kayak lagunya bang Haji Rhoma Irama

      Delete
  11. Nah ini nih postingan keren, jadi dapat ilmu dan pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat, aku lho baru tahu kalo 4 sehat 5 sempurna udah dihapus.
    Aku baru denger juga yang namanya piramida makanan, taunya dulu sih rantai makanan pas pelajaran sekolah =))

    Ditunggu lagi postingan lainnya tentang makanan, nice post ma'e :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh banget yaaaa piramida makanan dan rantai makanan. Hihihi

      InsyaAllah yaaa mas,. walopun mungkin gak bisa sering-sering :D

      Delete
  12. makasi atas info nyoa ya mae..
    "tidak ada satu jenis makananpun yang mengandung semua zat gizi secara sempurna kecuali ASI!!! Ingat itu yaa..."
    kalau gtu, saya netek ma mama lagi aah. biar gizi nya cukup. gag pke mahal pula. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw...ane setuju sama anda sob.....udah murah lg...hahaha

      Delete
    2. Yura & IT Soft Center : I-) Kalo gak punya bebi mana adaaa air susunyaaa. Lagipula, kandungan zat giz di ASI itu sempurna untuk bayi, bukan untuk orang dewasa ;)

      Delete
  13. aduh mak, mata kuliahku dulu nih -,- #trauma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakakk... Samaaaaaaa :five5

      Delete
  14. baru tahu kalau 4 sehat 5 sempurna itu sudah tidak berlaku lagi. Padahal setelah umurku menginjak baligh, udah tidak mengkonsumsi susu lagi.

    eh tahu-tahu sekarang dah ada piramida makanan. istilah baru nih, atau aku yang kurang baca :(

    Kirain dari judul, pikiranku tiba-tiba melayang ke piramida rantai makanan.. ha ha ternyata berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi bu guru... kan ga mungkin kita yang dewasa ini masih minum ASI? :P

      #kabuuur

      Delete
    2. Bang Fifin: Hihihi.. ternyata ada juga yg mikir sampe ke rantai makanan. Semoga bisa memberi informasi yang tepat ya mass postingan ini :)

      Nuel: :)) Emang gak mungkiiiin. Kan ASI cuma untuk bayii.. :D

      Delete
  15. wah .. aku suka banyka minum air putih bisa 15 gelas sehari :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-bd
      Lanjutkan mbak, itu kebiasaan yg patut untuk dilestarikan ;)

      Delete
  16. dhe sudah pernah membaca masalah piramida makanan ini mae.. tapi baru bener2 ngeh disini, kalo piramida makanan ini pengganti 4 sehat 5 sempurna.. eh mae, kalo seusia dhe masih boleh minum asi gk?? adeknya dhe paling bungsu kan masih minum asi tuh, nah kira2 kalo dhe nyicip2 gitu kira2 bakal ada efeknya gk?? hahahahhaha.. sebenarnya dhe gk mungkin juga nenen lagi ke ibunya dhe, tapi gara2 mae bahas asi diatas mendadak jadi pengen ditanyakan.. harus dijawab lho yaa.. besok2 dhe kesini lagi.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak boleh Dheeee....!!!
      ASI itu sempurna untuk bayi. Kandungan gizinya pun sesuai dengan kebutuhan bayi, yang pastinya sangat berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Jadi, Dhe makan makanan biasa aja yaa yg untuk orang dewasa ;)

      Delete
  17. Wah, baru ttahu nih kalo ada istilah piramida makanan, dan juga sebagai pengganti 4 sehat 5 sempurna....

    kalo es krim ama burjo gitu masuk ditingkatan mana yaaa??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. es krim yang puncak, kalo burjo yang tingkat ke empat. Kan dia kacang-kacangan, sumber protein nabati gituuuu :D

      Delete
  18. rokok gak masuk piramida makanan yah ??? hehehehe
    salam kenal ..

    ditunggu kunjungan baliknya di Blog informasi makanan sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hyyaaa... rokok kan emang bukan makanan.. #:-S

      Delete

Speak Up...!!! :D