05 April 2012

Lakey Beach, Hu'u, Dompu, NTB

Begitu sampai di Dompu, aku tak langsung mulai aktif bekerja di kantor. Pada hari selasa (27 Maret 2012), aku, mbak Ira, serta pak Alex langsung digiring ke Aman Gati Hotel, salah satu hotel berbintang di bagian selatan kabupaten Dompu, tepatnya di desa Hu'u. Kami dibawa kesini bukan tanpa alasan. Karena sebenarnya, pada tanggal 19-30 Maret 2012, Plan Indonesia mengadakan workshop di Dompu, dalam rangka penyusunan design project Community Action to Improve Maternal and Child Nutrition (CAI-MCN) serta persiapan untuk baseline survey.


Yakk,. kalo ingin tau aku sekarang bergabung dalam project apa, itulah tadi jawabannya. :D Tapi tenaaang, kali ini aku gak akan cerita tentang workshopnya, karena selain akan sangat membosankan, aku juga gak tau terlalu banyak karena aku hanya mengikuti separuh dari kegiatan workshop tersebut. Jadi yaaaa ngikut aja gitu ceritanyaa. Cuma karena emang basicnya aku kuat di nutrition in community, jadinya pas penyusunan design project, penentuan goal, objective, output, dll, sampai penentuan tools untuk monitoring dan evaluasi dan lain sebagainya jadi lebih gampang nyambungnya. :D

Oke, cukup tentang worksopnya, karena kali ini aku akan bercerita tentang Lakey Beach. Tapi apa hubungannya workshop dengan Lakey beach yakkk??? :-?

Nah, jadi nih ya teman-teman, di Kabupaten Dompu ini, ada sebuah pantai yang cukup terkenal baik dikalangan turis domestik maupun turis mancanegara, dengan karakteristik ombak yang sangat cocok untuk kegiatan surfing. Gak percaya? Coba search di google dengan kata kunci "Lakey Beach". Yakin dehh bakal banyak tuh artikel ato blog yang menceritakan tentang pantai ini. And you know what??? Aman Gati hotel terletak tepat di depan Lakey Beach. Nyiahahahaha... It's really whaaaowwwww :D

Belum lagi, waktu aku pertama kali sampai di Aman Gati Hotel, kan ceritanya hotel dengan rate yang standar yang udah di booking khusus untuk karyawan Plan udah penuh tuh, jadinya aku sama mbak Ira ditempatkan di kamar yang yang lebih istimewa dibandingkan yang lain, yang memiliki rate paling tinggi di hotel itu. Istimewanya, kamar tersebut menghadap ke laut, ke pantai. Jadi begitu membuka jendela, yang terlihat adalah laut. Belum lagi waktu sore pas sunset, gak perlu keluar kamaaaar, udah keren bangeeeet pemandangannya. Hihihi.. Sekali lagi, Indonesiaku emang indaaaah bangeeeeetttt. Proud to be part of Indonesia. Yayy.... :D

Yakk, sebelum langsung ke pamer foto-foto kerennya, ada baiknya kalo aku sedikit menginfokan mengenai bagaimana cara untuk bisa sampai di Lakey Beach ini.

First of all, kumpulin duit. Karena bisa dipastikan, biaya yang dikeluarkan gak sedikit teman!!! Tapi apalah artinya semua itu kalo kita bisa memanjakan mata, menikmati keindahan alam Indonesia, plus mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT? Dan satu lagi, pengalaman itu mahal harganya. Gak bisa dinilai dengan uang. Harus setuju kalo bagian ini. Wakakakakkk :p

Kedua, usahakan untuk bisa sampai ke pulau Sumbawa. Ehh, bukan usahakan sii ini. Tapi harus, kudu, wajib nyampek pulau Sumbawa, NTB. Bisa lewat darat, laut, atau udara. Kalo darat, bisa tuh naik bis dari Surabaya atau Mataram. Kalo lewat laut, yaa kombinasi dengan darat jadinya. Kalo lewat udara, teman-teman harus transit di Denpasar. Karena hanya dari sanalah ada pesawat menuju ke Kabupaten Bima, sebelahnya Dompu.

Nah, begitu sampai di Sumbawa, langsung arahkan diri teman-teman ke kabupaten Dompu. Biasanya sih lewat darat, bisa menggunakan jasa rent car dengan tarif + 300ribu rupiah perhari belum termasuk supir dan bensin, ato bisa naik bis dari Bima langsung ke desa Hu'u. Cuma aku kurang tau ratenya berapa, tapi pastinya jauh lebih murah lah yaaa daripada jasa rent car. begitu masuk ke desa Hu'u, teman-teman tak perlu pusing dengan tempat menginap. Karena sudah banyak wisatawan yang datang, fasilitas penginapan, hotel, maupun home stay disini cukup banyak, dan pastinya bervariasi mulai yang kelas melati hingga berbintang. Karena pantai Lakey ini cukup luas dan panjang, jadi bisa dikatakan hampir semua penginapan disini terletak ditepi pantai. Karena memang pantai Lakey inilah yang mereka 'jual'.

Oke deh, mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan tentang Lakey Beach ini, selebihnya, mari kita persilahkan foto-foto dibawah ini bercerita. Hassseeeeeeeeeekkk :))


Foto-foto diatas merupakan foto-foto yang diambil pada tanggal 28 Maret 2012. Aku bersama beberapa staf Plan yang lain yang ikut dalam workshop yakni mbak Ira, mbak Nur, mbak Eli, mbak Lepi, mbak Yovita, mbak Kristina, juga Yulia, mengahbiskan senja dengan jingga yang luar biasa. Ahh... Indah nian jingga sore itu... :D

28 comments:

  1. Woww...Kereen...:d

    yg surfing mana?Kok g keliatan? Akhh... Infonya bohongan nih... :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak punyaaa fotonyaaaa yg surfing... search sendiri aja yaaaa di google :p

      Delete
    2. G asyik ah, masa disuruh cari k google. :d

      pantai ini termasuk salah satu objek wisata jg kan ya d dompu? Jarang kedngaran pamornya dan jarang diekspos.

      Delete
    3. Dari pada aku pajang foto yang bukan hasil jepretanku sendiri... Hayooo??? :p

      Jarang didengar oleh orang Indonesia, tapi sudah terkenal di kalangan turis asing yang doyan surfing. Kata bapak-bapak petugas hotel sii, kebanyakan turisnya kalo gak dari Australia yaa dari Amerika latin.. :D

      Delete
    4. kan ngibul ngibul dikit boleh kan?? :D

      wah publikasinya kurang nihh.. kaya' pulau bawean ajaaa... hayooooo aku dukung dirimu jadi duta wisata di pantai ituuu... lakey beachh..... tapi jadi putri duyung tapinyaa... :))

      Delete
    5. Tidak tidak, aku kan baik hati tidak sombong rajin menabung dan gak suka ngibul... :">

      Yeeeeeeeee.. ngeledekin teruuuussss.. X-(
      Kalo masalah publikasi, mungkin emang bisa dibilang kurang. Terutama untuk warga Indonesia sendiri. Tapi postingan ini kan sudah salah satu bentuk dari usaha mempublikasikannya.. :D

      Delete
  2. Waaaaaaaaaaaaaawww. Pengen ke sanaaaaaaaaaa. T^T

    ReplyDelete
  3. wahhh pemandangan yang sangat indah itu
    kapan ya bisa k situ
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeet. Apalagi kalo pas sunset gitu. Kereeeennn :D

      Delete
  4. pantainya keren, apalagi kalau lagi pasang:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pasang bisa kelihatan lautnya ijo gitu,. tapi jadinya pantainya sempiiitt, gak bisa buat gulung-gulung :))

      Delete
  5. semoga aja suatu saat nanti dapat undangan dan tiket gratis, sambil menikmati keindahal alam indonesia yang diberikan olehNya.
    siap datang ke Dompu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wusssss... aku juga mau kakaaaakk kalo gratiiis. :))

      Delete
  6. Pantainya keren... Jadi pingin ngeliat langsung.. Pasti indah :)

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Yang bikin kalah karena disini masih sepi mbak.. Jadi lebih bisa menikmati :)

      Delete
  8. pernah sih ditawarin kerja di daerah Bali & Lombok tapi kagak diambil bukan karena jauh atau gaji'a kurang tapi Jakarta itu surga'a duit soalnya banyak client yg tinggal di Jakarta kalau sampai pindah > langsung bokek pasti :(
    Tapi mungkin 6tahun lagi bakal kesana deh tapi bukan untuk kerja melainkan bulan madu,wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaahh.. tiap orang kan punya pertimbangan masing-masing mas Andy. :D
      Whaaaaaowww.. asik tuhh, bulan maduu. Tapi kok lama yaa mas, masih 6 tahun lagi???

      Delete
  9. NTB memang keren....

    Salam kenal ya mba....

    ReplyDelete
  10. maeeeee, mupeeeeeeeeeeeeeeeennnngggggg!!!!!

    waaahh, gila cantik banget.. gk sia2 dikau ke Dompu sana, ternyata disuguhin pemandangan sebagus itu.. di Palembang kok ndak ada yaaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mupeng main kesiniiii Dheeeee... Aku tunggu yaaaaaa :))

      Delete
  11. enak dong dapat kamar menghadap pantai... jgn sampai mendapat kamar hotel yg ga punya jendela pemandangan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)) Berasa kos kosan aja tuh kalo kamar hotelnya gak berjendela.

      Delete
  12. Halo, saya rencana ke Dompu bulan Juli besok. Sudah googling how to get there etc, apakah punya kontak langganan rental mobil yang murah terjangkau (airport transfer aja). Trus saya juga mau surfing di Lakey, apakah di sana ada rental motor? Berapa kira2 harganya sehari? Kalo ada kontaknya boleh dong di share. Soal hotel, saya belum nemu yg cocok. Aman Gati katanya gak asik ya, selimut gak ada, wifi gak ada, banyak gak ada-nya (ato krn mungkin mereka gk mau layanin turis Indonesia?). Thanks ya. (tnjour@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kirim infonya by email yaa.. ;)

      Delete

Speak Up...!!! :D