13 May 2012

Because I am a Girl (BIAAG) Campaign

Sohiblogger pernah mendengar tentang BIAAG Campaign? Jika pernah, selamaaaaaatt!!! :-bd Tapi jika belum, mungkin dengan melanjutkan membaca tulisan ini, sohiblogger akan tau mengenai BIAAG Campaign. Walopun aku tidak bisa menjamin juga bahwa informasi yang ada disini nanti akan lengkap. Tapi, aku akan berusaha menjelaskan dengan sesederhana mungkin, sesuai dengan apa yang pernah aku dengar dan aku baca. :D

Apa yang ada dikepala sohiblogger ketika mendengar tentang BIAAG Campaign??? :-/

Apa kepanjangannya?
Kampanye mengenai apakah itu?
Siapa yang melakukan kampanye itu?
Apa alasan mengadakan BIAAG Campaign?
Begitukah???

Hmm,. Saat awal aku mendengar tentang BIAAG Campaign, sebenarnya pertanyaan yang muncul dikepalaku juga cukup banyak, termasuk yang sudah aku tuliskan diatas itu. Bahkan bisa dibilang, sampai sekarang pun masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum kutemukan jawabannya. Untuk membuat postingan ini saja, jujur aku sampai membaca beberapa artikel baik dari Wikipedia maupun official website ‘BIAAG Campaig’, website ‘GirlEffect’, juga bertanya pada beberapa rekan kerja. Tapi karena keinginan untuk menuliskan tentang ini sangat besar, jadi aku buat saja tulisan ini, sesuai dengan apa yang aku tau saat ini. Hanya bisa berdoa semoga yang aku sampaikan tidak salah… :”>

Oke, sekian untuk pembukaannya #skippp!!!

Apa itu BIAAG Campaign?

BIAAG, merupakan singkatan dari ‘Because I am a Girl’. Sedangkan BIAAG Campaign sendiri merupakan sebuah kampanye yang di prakarsai oleh Plan International USA, yang merupakan suatu gerakan yang mendukung anak-anak perempuan dan wanita untuk bisa memperoleh masa depan yang lebih cerah ditengah perkembangan dunia yang semakin maju. 

Mengapa anak perempuan dan wanita? Mengapa ‘Girl’??

*Sebelum lanjut baca, ada baiknya tonton video ini dulu yaa... ;)*

Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun, ternyata didapatkan fakta bahwa saat seorang anak perempuan dapat meraih pendidikan yang layak, kesehatan yang baik, serta perlindungan yang tepat, anak perempuan bisa membagikan pengetahuan dan keterampilan yang ia miliki kepada keluarga dan komunitasnya, yang juga berperan dalam perubahan bangsa dan Negara dimasa depan.

Disamping itu, ternyata juga ditemukan beberapa fakta tentang anak perempuan yang menjadi latar belakang dimulainya BIAAG Campain ini. Beberapa hal tersebut diantaraya, anak perempuan di Negara paling miskin di dunia merupakan golongan masyarakat yang paling rentan, dimana hak dan kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang layak seperti saudara laki-lakinya tidak diakui. 70% dari jutaan manusia yang hidup dibawah garis kemiskinan terdiri dari wanita dan anak perempuan, sedangkan anak perempuan sendiri memiliki risiko untuk mengalami malnutrisi tiga kali lebih besar dibandingkan anak laki-laki. 60% populasi buta huruf di sub-sahara Afrika adalah anak perempuan dan wanita. 76% penderita HIV+ remaja di sub-sahara Afrika adalah anak perempuan, 50% pelecehan seksual di seluruh dunia diarahkan ke anak perempuan dibawah 15 tahun, dan kehamilan adalah penyebab terbesar kematian anak perempuan di negara berkembang.

Siapa yang melakukan kampanye ini?

Seperti yang sudah aku tuliskan diatas, BIAAG Campaign ini diprakarsai oleh Plan International USA, yang untuk selanjutnya menjadi salah satu program besar di Plan International, bekerja sama dengan beberapa pihak lain diantaranya UNICEF, UNFPA, Save the Children, Care, UN Foundation, serta I-NGO lainnya. Sedangkan untuk negara-negara yang masuk dalam cakupan kampanye BIAAG  (untuk Plan International) diantaranya Sierra Leone, Vietnam, India, Nepal, Ethiopia, El Salvador, Indonesia, dan Egypt.

Tujuan dari kampanye ini untuk apa ya?

BIAAG Campaign, merupakan inisiatif dari Plan untuk berkomitmen membangun sumber daya anak-anak perempuan melalui pengetahuan dan keahlian. Tujuannya, untuk memberikan bekal, melengkapi, dan memberdayakan anak perempuan dari segala usia untuk mendapatkan asset, keahlian, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam hidup.

Lalu, apa saja bentuk kampanyenya?

Bentuk kampanye BIAAG dilakukan diberbagai sektor. Diantaranya sektor pemberdayaan, microfinance, perlindungan, dan kesehatan. Plan Indonesia, sebagai salah satu negara yang menjadi sasaran BIAAG Campaign, berinisiatif untuk menjalankan sebuah program dalam sektor kesehatan yang diberi nama “Community Action to Improve Maternal and Child Nutrition (CAI-MCN)” yang akan diimplementasikan di dua distrik yaitu di  Dompu, NTB, dan Sikka, NTT. For your information, inilah program dari Plan Indonesia dimana aku sedang bergabung saat ini. :D

Well, ini hanya postingan pembuka tentang BIAAG Campaign, dan ‘catatan perjalanan’ di Dompu pastinya. ;) Sudah banyak cerita yang cuma mentok di kepala dan pengen diceritain, tapi entah kenapa beberapa hari ini setiap malam menghadap si leptongkusayang dan nyolokin pinklink, ujung-ujungnya malass dan memutuskan untuk tidur. Nyobak nulis di kantor pun rasanya agak tidak mungkin, karena lebih sering chat via skype sok sibuk bikin ini itu, ngurusin ini itu, dan lain sebagainya. Yahh.. intinya malass. Itu saja #sekiancurhatmalamini #:-S

Oke, itu tadi sekilas mengenai BIAAG Campaign. Ada pertanyaan??? Kalo ada, kuharap sohiblogger sekalian tidak mengajukan pertanyaan itu ke aku, melainkan langsung meng-klik di:
Plan USA, Project&Series :
http://www.planusa.org/content2722638 , atau di
About Because I am a Girl :
http://www.planusa.org/content2722638 , atau di

Nyiahahahahaa…:))

"Invest in a girl, and she will change the world..."

35 comments:

  1. ini sih curhatan berguna banget loh, aku jadi tau mengenai ini sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Makasiii mbak Lid :">

      Delete
  2. jiah lempar batu sembunyi tangan....
    masa suruh nanya ke Plan USA, Project&Series
    kan taunya dati pemilik lapak

    sudah mengerti 60%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa.. emang mo tanya apa sii kakakk??? Kalo bisa, ya aku jawab. Kalo tidak, yaa silahkan baca disumbernya langsung yaaa ;)

      Delete
  3. Jangan2 foundernya Ibu Kartini ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terinspirasi mungkin, lebih tepatnya ;)

      Delete
  4. ini emaknya yang nulis???? :d

    ReplyDelete
  5. Because I'am a Girl.. Invest in me... so.. mari kita bersama-sama menginvestasikan para remaja putri agar mendapat kehidupan layak, karena dengan berinvestasi pada mereka berarti kita sudah selangkah lebih maju untuk memutus lingkaran kemiskinan yang terjadi dari generasi ke generasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantabb nihh :-bd
      Makasiii Uliiillll :-*

      Delete
  6. berbagi Kata Kata Motivasi gan
    Tak peduli seperti apa penampi lan kamu, percayalah, ada seseorang di luar sana yg akan mencintai kamu, JustTheWayYouAre!
    =========================================
    semoga bermanfaat dah , dan salam kenal

    ReplyDelete
  7. kamu ikutan nggak Mae??

    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masuk kategori Nuel,. Pengennya sih ikut #eh #lupakan :))

      Delete
  8. kalau BIAAB, because I am A Boy ada nggak ya? he he

    yah baik itu laki-laki dan perempuan musti mendapatkan akses terhadap ilmu pengetahuan yang sama besar dan seluas-luasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)) Blum ada mas Fifin. Mau mengajukan??

      Yapp. Memang harusnya begitu. Tapi kenyataannya masih banyak yang membedakan akses untuk laki-laki dan perempuan ;)

      Delete
  9. ada nggak ya acara spt ini tapu buat cowok ?

    ReplyDelete
  10. beh beh beh beh, seperti yang diatas, kalau cowok gimanaaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cowok mungkin programnya bakal beda lagi yaaaa :D

      Delete
  11. halo gan,
    tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  12. KALAU WANITANYA BAIK-BAIK INSYA ALLAH NEGARA BAIK...
    :)

    ReplyDelete
  13. "because i am a girl" itu nama judul pilem korea deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoia? Gak pernah dengar tuh :P

      Delete
  14. nawari ada pertanyaan tapi diserahkan ke yg lain :))
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pengetahuanku masih sangat terbatas. Daripada salah jawab hayooooo :))

      Delete
  15. barusan ini aku denger BIAAG
    wekeke ... kunjungan ke blog ini juga perdana :P

    ReplyDelete
  16. pantas riee passionnya di NGO :)

    iklannya bagus loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. kalo aku dari awal gak ngerti tentang iklan ini. Dan passionnya juga bukan karena iklannya mas Ario ;)

      Delete
  17. tApi Indonesia ngak disertakan dalam kampanye ini lohh...aku cek ke web nya :(

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D