02 September 2012

Buka Bareng, Reunian, atau Sesi Foto...?

"Ma, aku kaya'e gak ikut. Masi di RS, ada pasien baru"
"Lhaaaaa... Trus gak jadi balik Gresik juga?"
"Aku kesana gak nututi, ini ada pasien. Jadi..."
"Jam berapa kira-kira...?"
"Jam lima lebih baru cabut dari RS, paling sampe Gresik jam 6-an... Gak nututi ndukk..."
"Yaaahh... Pengen ikut nih, tapi gak ada temen bareng. Gak ada yang kenal deket lagi.."
"Ini aku otw pulang. Gak jadi ngeliatin pasien. Kalo misalnya buka di rumah piye? Kesanae nyusul"
"Gak masalah"
"..."
Kurang lebih begitulah percakapan saya dengan Tya via whatsapp, beberapa jam sebelum kami menghadiri acara Buka Bersama dan Reuni Alumni SMP Negeri 2 Gresik angkatan tahun 2004. Ehh, betul gak sih 2004? Saya jadi bingung. Kalau di SMP atau SMA, tahun yang digunakan sebagai penentu angka 'angkatan' itu tahun lulus kan ya? Berbeda dengan di perkuliahan yang mengambil tahun masuk. Begitu? Yah, anggap saja begitu. Intinya, saya lulus dari bangku SMP tahun 2004.Sepertinya... #ehh

Kalau tidak salah ingat, ini merupakan acara kumpul-kumpul pertama yang saya ikuti semenjak saya lulus dari bangku SMP. Whaowww.. Berarti sudah cukup lama ya? Sekitar delapan tahun yang lalu. Walaupun ada beberapa dari teman SMP yang alhamdulillah sampai saat ini masih terus berhubungan baik, diantaranya teman-teman yang melanjutkan ke SMA yang sama--meskipun jumlahnya tak banyak. Dan karena hal itulah, saya sedikit memaksa Tya untuk tetap ikut, karena yang penting bukan acara buka puasanya, melainkan kumpul-kumpulnya, bertemu dengan kawan-kawan lama, momennya, yang entah kapan akan ada kesempatan lagi.

Akhirnya setelah berbuka puasa dan sholat, saya langsung memacu si honda-beat-putih-yang-imut-itu menuju rumah Tya. Begitu sampai, berbasa basi sedikit dengan si Tante dan Om--orang tuanya Tya. Lumayan kenal juga si, tapi sudah lama gak main kesana. Gimana gak kenal? Orang temenan ama Tya sejak SD, dan sejak dulu juga sudah sering main kesana. Ya, Tya ini merupakan salah seorang sahabat cewek terbaik, dan terlama yang pernah ku kenal. :D

Begitu sampai di lokasi yakni di RM Warung Apung Rahmawati, Gresik, kami berdua tidak langsung masuk, melainkan mengkonfirmasi terlebih dahulu pada seorang teman, karena ingin memastikan kalau acara belum berakhir. Gak lucu juga kalo saat kami datang terus teman-teman yang lain mendadak pulang. Ya tho? Akhirnya setelah chat konfirmasi diterima, masuklah kami ke rumah makan tersebut yang ternyata kondisinya sudah amat sangat jauh berbeda dibandingkan saat terakhir saya kesana. Maklum, orang dari desa. Sudah lima bulan lebih gak lihat tampang kota *dipersilakan dengan sangat kalau mau ngakak :))

Dari jauh, sudah nampak keriuhan teman-teman SMP yang, hmmmm.. bingung harus berkomentar seperti apa. Pastinya sebagian besar tidak saya kenal. Ada yang saya kenal pun juga sudah amat sangat jauh berubah, kecuali beberapa sosok yang memang masih sering hadir dalam hari-hari beberapa waktu lalu. Selebihnya? Errrrrr.. Cuma bisa pasang senyum paling manis sambil bersalaman satu persatu. Tak lama setelah itu, disodorilah es teh dalam cup berukuran cukup besar kepada saya dan Tya.

"Makan gak...?" tanya si Yossi, ibu ketua pelaksana event ini.
"Kalo makan, dipesanin, tapi bayar yaa.. Kalo gak, yaaa gak jadi pesan. Dapat minum doank, gimana?"

Nah lo, naluri anak kos mulai bekerja. Berhubung sebelumnya sudah berbuka puasa di rumah masing-masing, saya dan Tya memutuskan untuk tidak makan lagi--lebih tepatnya gak pengen bayar lagi. Lumayan meen, tigapuluhlimaribu. Hahaha... #skippp

Ternyata eh ternyata, acara reunian plus buka puasa bareng itu belum selesai, tapi SUDAH AKAN SELESAI. Namun untungnya sesi yang paling penting diantara yang penting tidak saya lewatkan. Apalagi kalau bukan sesi dokumentasi? Dan seperti biassa, saatnya si G12 beraksii. Asseeeekkk... :D




 


Tak cukup didalam rumah makan, para rombongan 'model dadakan' ini berpindah lokasi ke parkiran mobil. Sempat nego dengan bapak tukang parkir sejenak, karena kami ingin mengambil sedikit lahan parkir sebagai lokasi pengambilan gambar. Gambar yang diambil juga sebenarnya hanya satu-dua jepretan saja. Tapi berhubung modelnya tidak hanya satu dua orang, jadilah, bisa kawan-kawan perkirakan sendiri bagaimana akhirnya.




Namun ternyata itu saja belum cukup, kawan. Hingga akhirnya tercetuslah ide dari, mmmhhh,. siapa yaa? Ntah siapapun itu. Intinya, acara malam itu belum boleh berakhir begitu saja. Harus ada lanjutannya. Dan lokasi selanjutnya yang dipilih--ntah untuk sesi pengambilan gambar lagi atau ada plus plus nya--adalah Wisma Ahmad Yani, jalan veteran Gresik. Berangkatlah para rombongan bersepeda motor itu dari rumah makan menuju wisma. Jalanan Gresik malam itu cukup ramai. Ah ya,. saya melupakan sesuatu. Sejak dulu, jika saya perhatikan, jalanan di Gresik selalu ramai saat malam bulan puasa. Kenapa ya...?

Wisma Ahmad Yani, lagi-lagi membuat saya memutar memori di otak, tentang kejadian beberapa waktu silam. Terakhir saya kesana, saat melihat pertandingan basket antar SMP beberapa bulan yang lalu, sebelum keberangkatan saya ke Dompu. Berarti sudah berbulan-bulan yaa? Tak terlalu banyak yang berubah, walaupun tetap saja merasa asing dengan tempat itu. Lahh, kok jadi nostalgia sendiri begini? Ahh, skiplah. Balik ke acara rame-rame tadi. ;)

Ternyata apa yang saya perkirakan benar adanya. Sesi utama pastinya pengambilan gambar--lagi. Jeprat jepret sana sini, pake si G12 atau kamera gede punya teman--Niko!!! Niko namanya, yang bawa kamera gede itu. Sebelumnya saya tidak tau sama sekali. Saat ada kesempatan ngobrol baru saya tanyakan namanya. Oke, Niko. Catat!!! Semoga gak lupa. Yah, setidaknya saya bisa menghafal satu nama dari sekian banyak nama yang ada setelah acara itu. Harap maklum, dari dulu saya memang agak lemah dalam mengingat nama. Beda dengan angka. Seandainyaa nama manusia itu berupa angka... #plakkk

Di akhir acara, akhirnya kami semua punya kesempatan untuk duduk bareng, ngobrol bareng, dan berdiskusi untuk acara-acara kedepannya. Beberapa harapan akhirnya terlontar, beberapa keinginan akhirnya tersampaikan, beberapa keluh kesah pun tertuangkan. Semoga apa yang kita rencanakan untuk kedepannya bisa terlaksana yah, dan kita diberi kesempatan untuk bertemu lagi, di lain waktu yang pastinya amat sangat jauh lebih baik.
Ibu ketua pelaksana dan Ibu bendahara event ini ^^
tango... yeah.. hahha
Mohon maaf kawan, harus pamit terlebih dulu malam itu dan tidak bisa mengikuti acara hingga akhir, karena satu dan lain hal yang harus saya selesaikan. Ternyata memang bukan acara buka puasanya, bukan juga tentang foto-fotonya. Jadi terus apa? Ahh,.. Biar hanya hati saya saja yang tau. Pastinya saya sangat bahagia, punya kesempatan untuk bertemu dengan kalian semua, menjabat tangan kalian satu persatu, bercanda tawa, seperti saat kita masih SMP dulu. Walaupun masih ada beberapa dari mereka yang tak hadir yang sungguh ingin saya temui. Yahh, mungkin memang bukan malam itu, tapi suatu saat nanti. InsyaAllah...

*Pas momen ini saya belajar banyak tentang cara pake G12 dengan blitz, tapi tetap dengan mode manual. Mohon maaf kalo hasilnya kurang maksimal. Tapi dibalik itu, asik juga ternyata. Boleh deh kapan-kapan lagi, dan masih harus belajar banyak pastinya. Hihi...

***

Ternyata ada cerita unik dibalik acara malam itu...

Beberapa jam, atau hari, atau malam setelahnya, entah saya lupa pastinya, ada seorang blogger yang bertanya pada saya via twitter.

"Dhek, alumni SMP 2 Gresik ya...?"

FYI, yang bertanya itu adalah blogger Gresik, Mas Roni, pemilik 'Nukilan Kecil', yang sudah saya kenal beberapa waktu yang lalu di blogsphere. Saya memang belum pernah bertemu dengannya, tapi saya tau kalau beliau ini merupakan orang Gresik--lihat dari profil bloggernya.

Pada saat itu saya sedang hiatus dari dunia maya, jadi saya tidak bisa membalas mensyennya saat itu juga. Hingga akhirnya, datanglah sms dari seseorang tak dikenal, yang belakangan mengaku kalau dia adalah blogger Gresik yang saya ceritakan di atas.

Dalam obrolan singkat via sms itu, satu kekonyolan luar biasa akhirnya saya sadari. Bahwa ternyata, mas Roni yang sudah saya kenal berbulan-bulan yang lalu ini ternyata adalah teman seangkatan saya di SMP 2!!! Ohh meeenn,.. Its really whaowww. Bener-bener gak percaya waktu saya diberi tau tentang hal itu. Si Mas Roni nya juga awalnya gak yakin. Tapi begitu di akhir sesi ketemuan, saat semua teman diminta menuliskan biodata masing-masing termasuk beberapa akun jejaring sosial, barulah mas Roni yakin kalau cewek berbaju pink ini adalah saya. Hahaha... :">

Sebagai penutup, saya cuma menyampaikan satu permohonan padanya, masih lewat sms,

"Mas mas, boleh yaa tetep panggil 'mas Roni' aja. Sudah terlanjur terbiasa soalnya. Hehe..."
"Ok 'dhek'. Hahaha... Iyah, udah kebiasaan sih. Anggep ajalah itu yang bedain aku dengan teman-teman yang lain. Hehe..."

...anyway, inilah kopdar pertama saya dengan seorang blogger. 'kopdar tidak terduga', lebih tepatnya. :D

***


"Tak semua hal bisa terekam dengan jelas hanya dari sebuah gambar. 
Namun semoga gambar-gambar serta tulisan sederhana ini bisa membantu menerbitkan sedikit senyuman di wajah kawan-kawan semua,
kelak saat benda berukuran sekepalan tangan orang dewasa dalam tempurung kepala ini tak mampu lagi bekerja dengan maksimal"

Mmmh,. satu lagi,

"Kalau gak sekarang, kapan lagi...?"
-mungkin ini salah satu momen dimana label tersebut boleh saya sematkan-

27 comments:

  1. Mau komentar apa hun disini..?? Pointnya sudah diceritakan, hehee... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :o
      Emang pointnya yang mana??? :D

      Delete
    2. Hahaha, yang di chat WA, kalo lupa tak jitak, :p

      Delete
    3. Hahha.. beneran lupa. Chat lagi donk kakakk :D

      Delete
    4. Hun ??? perlu dipertanyakan nih... ;)

      Delete
    5. Hahha.. Mo tanya apa Kang..? :p

      Delete
  2. makin rame makin asik toh, nikmati saja semuanya ^^

    ReplyDelete
  3. Mantap tuch reuniannya, sayang g' bisa dateng.. huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :o Ini Fachri???

      Iyaa, sayang banget kamu gak ikutan. Seru looo... :D

      Delete
  4. masa rie ga mau bayar makan sendiri? cuma 35 ribu loh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau sih mauu,. Tapi kan sudah makan mas, sayang bangett kalo nanti dipesenin terus gak habis. Hihihi.. *alibi :P

      Delete
  5. ternyata ada yg sama bingungnya sama sy, kalo angkatan di SD sp SMA itu sama gak sih sama hitungan angkatan kuliah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nahh... Tanya ke siapa kita yaaa baiknyaa..?? :-/

      Delete
  6. lihat foto fotonya aku kok jadi pengen reunian juga ya *ngayal*

    seru ya Mae acaranya, kubayangkan ngobrol rame rame spt itu dgn teman teman dulu pasti nggak bakalan ada habis habisnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak El. Seandainya malam itu gak ada urusan lain, pasti bakal sampe malem banget tuh kumpul-kumpulnya. Hehhe

      Delete
  7. Makannya gak penting tp foto2nya itu kuduuu ya :)

    ReplyDelete
  8. dunia sempit dong ya hehehe teman blog ternyata satu angkatan disekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih tepatnya Gresik yang sempit :D

      Delete
  9. Komen cuma mau tanya, foto kedua itu siapa namanya? #Ehh :D

    *kabur sebelum dilempar panci*

    ReplyDelete
    Replies
    1. :))
      Gak dilempar panci kok, tapi di getok pake palu :p

      Delete
  10. Woaah, Baru pertama ini saya di bahas di tulisan orang. *blush* hehehe.
    .
    Makasih ya dhek udah diupload. Seneng liatin poto anak anak satu persatu. Ternyata cuma 15% yang ku lupa diantara mereka. Sampean termasuk di dalamnya *awalnya* Hahaha :D sungguh menyenangkan. . .
    well, see you next. . . Next time we meet again. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Selamaaaaaaaaaaaaaaatttt :D

      Wuihh.. 15 %?? Kalau disaya, mungkin 15% itu yang saya kenal. Maklum, saya bukan anak gaul di SMP. Hehe,,

      Aamiin... Semoga bisa bertemu lagi di kesempatan yang lebih baik dan disadari sepenuhnya. :))

      Delete
  11. Jadi kangen-kangen masa-masa SMP dulu..
    Kunjungan balik ke Kemasan Makanan

    ReplyDelete
  12. Halo dhek. mampir bentar, sambil senyum senyum sendiri liat pola anak-anak. hehehe.... Niatnya cuma mbaca doank, tapi kalo ngga komen eman. kapan lagi komen berjarak 3 tahun =)). Semoga bukan Spam, :D

    ReplyDelete
  13. Seru memang kalau ketemu temen lama ngumpul2 lagi, apalagi temen yg udah lama ga ketemu :) pada beda penampilannya dibanding sekolah dulu

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D