02 January 2013

Behind the Scene: Giveaway Popcorn's 2nd Anniversary

Assalamualaikum sohiblogger semuaa,. Selamat ber-hari-rabu-rasa-seniiin... Hihihi... 

Bagaimana kabar sobat semua di hari rabu yang agak mendung ini? *didaerah saya maksudnya. Hmmm, tahun baru berlalu begitu saja. Tak ada yang terlalu spesial kecuali tanggal 31 Desember siang ada acara "Ngaha Caru", atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah "Makan Enak" bersama beberapa orang peserta pelatihan Konselor dan Motivator PMBA (Pemberian Makanan Bayi dan Anak) di desa. Alhamdulillah...

Saya ingin sedikit bercerita, --sepertinya ada indikasi kalau postingan ini agak sedikit panjang, semoga hanya agak ya... :D

Mungkin, ada beberapa sohiblogger yang bertanya-tanya, "Dalam giveaway kemarin, mengapa temanya harus catatan perjalanan sih??? Mengapa tidak tulisan dengan tema yang lainnya???"

Hmmm, sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini sangat sederhana, yakni karena saya suka jalan-jalan. Terutama di Indonesia yang saya yakin masih banyak lokas-lokasi eksotis yang masih belum terpublikasikan dengan baik. Selain untuk referensi saya, pastinya juga untuk referensi sohiblogger semua ya. Karena saya yakin, bahwa sebenarnya semua orang itu suka jalan-jalan. Walaupun pernah juga saya menemui beberapa orang yang, katanya mereka lebih suka menghabiskan waktu liburan di kos atau di rumah saja, lebih baik seperti itu daripada harus berlelah-lelah mengunjungi suatu daerah atau tempat wisata dan merefresh otak. Tapi tetap saja, disisi lain mereka sebenarnya mau saja kalau diajak jalan-jalan, namun mungkin bukan jalan-jalan ala saya, tapi ala mereka sendiri. Misalnya nge-mall, itu juga termasuk jalan-jalan kan? Hehehe...

Lalu, bagaimana dengan format penilaian giveaway kemarin? Saya share juga deh yaa, sekalian curhat. Hihi...

Saya, bersama dengan seseorang yang namanya tidak boleh disebut, beberapa waktu yang lalu berdiskusi mengenai poin-poin apa saja yang dinilai dalam giveaway ini. Setelah melalui diskusi yang tidak alot sama sekali, akhirnya di putuskanlah beberapa poin yang menjadi dasar penilaian. Mungkin ini juga bisa jadi wacana untuk para sohiblogger dalam membuat catatan perjalanan, karena menurut saya sebagai orang yang suka jalan-jalan dan suka sekali membaca postingan tetang jalan-jalan, beberapa hal di bawah ini patut untuk diperhatikan. Apa saja itu? Mari kita simak satu persatu ya... ;)

* Cara Bercerita *

Kalau hal ini, mungkin bergantung dari selera tiap-tiap orang. Ada yang bercerita dengan cara sederhana seperti reportase berita, ada yang panjang kali lebar dan disertai hal-hal yang sifatnya emosional. Masing-masing orang pasti punya selera tersendiri ya. Namun jika saya pribadi, jujur saya lebih menyukai cara bercerita yang kedua. Karena ini blog, kawan,..Wadah untuk mengekspresikan diri, bukan website berita yang bahkan sebelum menulis kita sudah diberi batasan karakter... ;)

* Foto *

Tak bisa saya pungkiri bahwa foto merupakan poin yang cukup penting dalam membuat sebuah postingan tentang catatan perjalanan. Entah foto saat menuju ke lokasi wisata, foto saat di tekape, maupun foto dengan siapa saja kita kesana. Karena itu akan menjadi suatu momen tersendiri yang pastinya akan dapat dikenang suatu saat nanti. Namun, diantara beberapa peserta yang mengikuti giveaway kemarin, ada beberapa yang sebenarnya ceritanya sangat bagus, bahkan mendapat nilai sempurna, namun kurang di foto.

Sebenarnya saya tidak menginginkan foto yang terlalu banyak. Tidak, itu tidak perlu, karena justru akan merusak cerita yang ada. Cukup empat atau lima foto saja, yang menjadi 'hot spot' atau 'icon' dari tempat yang sedang diceritakan, yang mungkin tidak ada di lokasi wisata lain. Juga sebenarnya tidak harus menggunakan 'kamera gede' untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus, yang bisa bercerita. Maksimalkan kamera hape, atau pocket camera. Dengan begitu saya yakin, pasti kawans semua dapat mengabadikan tiap momen berharga dengan baik.

Dan, satu lagi. Ini yang paling bikin saya agak sebel. Terlalu banyak foto yang ada manusianya. Jujur hal itu agak mengganggu untuk saya. Karena sedang 'meliput' lokasi wisata, maka menurut saya yang perlu ditekankan ya foto lokasi wisatanya. Hehe... Maafkan yaaa.. :D

* Informasi *

Tidak hanya mengenai lokasinya apa, melainkan juga informasi mengenai dimana lokasi wisata itu berada, minimal kabupaten dan propinsinya lah. Akan sangat lebih baik lagi jika kita juga bisa menyuguhkan cara bagaimana menuju kesana. Dan saya sangat senang karena ada beberapa postingan yang menceritakan semua hal itu secara detail, lengkap dengan biaya perjalanan pergi-pulang kesana. Bisa nih saya mulai nabung dari sekarang untuk kesana. Hehehe... :D

Mengenai informasi ini, sebenarnya juga ada kaitannya dengan cara bercerita. Cara bercerita yang emosional, itu jauh lebih informatif daripada cara bercerita yang lugas, sederhana, apa-adanya, dan to the point. Percaya deh... ;)

Sedangkan satu poin terakhir pastinya yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan dalam giveaway itu yaa, yang sepertinya tidak perlu saya jelaskan lagi.

Yaahh,. mungkin sekian itu saja edisi curhat mengenai giveaway pertama yang saya adakan di popcorn. Semoga bisa memberikan referensi mengenai lokasi liburan yang ada di Indonesia yaa, dan pastinya meningkatkan rasa syukur kita terhadap Allah SWT bahwa kita telah dilahirkan di tanah yang sangat luar biasa ini. ;)


"...karena tiap perjalanan pasti menyisakan suatu cerita yang berbeda bagi masing-masing pelakunya,
jadi, tak perlu ragu untuk merekam tiap jejak perjalananmu, kawan... "
Mae, 2013

Anyway, sekalian juga. Sebagai postingan pembuka untuk 2013 ini, saya ingin mengucapkan,
picture source

Tepat setelah postingan ini, akan saya umumkan pemenang Giveaway Popcorn's 2nd Anniversary,.. Jadi,... Jangan kemana-mana yaa.. ;)

9 comments:

  1. uwahhh....kayak film juga ya ternyata ada behind the scene :D
    akhirnya selesai juga GA-nya,tggl nyebar hadiahnya nih hehehe...

    selamat tahun baru 2013 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Iseng aja sebenarnya ini bikinnya :D

      Delete
  2. hihi, kirain harus pake foto orangnya, mae :P
    aku ga ada foto yg ada fotoku xD
    anw, sukses buat hajatannya kmrn.;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, memang harus ada foto orangnya, Ila,. Tapi gak semua. Makanya kemarin saya menyebutkan 'minimal 1'... ;)

      Aamiin,, Makasi yaaa :D

      Delete
  3. Juri lainnya?? hmm.. sepertinya saya tau.. sebut gak ya.. sebut gak yaaa?? :)

    ReplyDelete
  4. aku perhatikan blogger gaphe ga ikutan yah? dia suka jalan2

    *aku di ciputat (perbatasan jakarta selatan)
    **kalau kuta axis pro habis, aku mau coba smartfren

    ReplyDelete
  5. untung aja mas bro gaphe nggak ikut, wokokokoko.
    tapi kok kyk e aq nggak masuk sama sekali ya point2nya T.T

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D