06 December 2013

Saya Kembali Membaca!

Sudah hampir dua minggu berjalan, hobi lama saya kembali saya tekuni: Membaca! Terutama membaca novel yang selalu berhasil membawa pikiran saya melanglang buana, menembus batas tepian pulau dan menyeberangi laut, berkelana melintasi benua, yang bahkan belum pernah saya saksikan secara langsung dengan mata. Tapi yah, itulah kehebatan imajinasi manusia.

Dalam dua minggu ini, sudah dua buku setebal sekian ratus halaman yang sudah selesai saya baca. Masih ada empat buku lagi yang menanti, tiga diantaranya masih tersegel dengan rapi.

Yapp, dalam perjalanan ke Lombok minggu lalu, saya menyengaja singgah di Gramedia Mataram untuk belanja buku. Satu aktifitas yang sudah saya idam-idamkan sejak masih duduk di bangku kuliah, saat keputusan membeli satu buah buku berarti harus menghemat makan selama beberapa hari.


Dulu, rasanya selalu iri saat berbaris di kasir toko buku dan melihat seseorang dengan belanjaan buku yang jumlahnya banyak, bahkan melebihi sepuluh buah! Saya tidak peduli apa jenis buku yang mereka beli, entah itu komik, buku pelajaran, novel populer, atau sekadar buku teka-teki silang. Intinya saya takjub dan saya ingin sekali merasakan hal yang sama: saat saya bisa membeli buku-buku yang saya inginkan tanpa sibuk menghitung-hitung harganya, dan mengkhawatirkan apakah lembaran rupiah didompet dapat menutupinya atau tidak.

Hingga akhirnya saat itu saya membuat kesepakatan pada diri sendiri, bahwa kelak jika sudah berpenghasilan, saya harus menyisihkan sebagian penghasilan saya tiap bulan untuk membeli buku, minimal satu buah. Tidak sulit kan?

Namun ternyata hal tersebut belum bisa terlaksana, bahkan hingga saat ini. Saat ternyata saya sudah berpenghasilan sendiri, hidup sendiri, ternyata disekitar saya sangat sulit saya temui toko buku. Hanya ada satu toko buku kecil, di kota kecil, di salah satu pulau kecil, dan sungguh kondisinya sangat mengenaskan. Koleksi bukunya sangat sedikit, sebagian besar buku pelajaran sekolah, yang kondisinya sudah usang. Hemmm...

Kalau mengingat kondisi sekarang ini, sebenarnya saya punya pilihan lain, yakni membeli buku secara online. Tapi kawan, nyatanya mengunjungi toko buku dan berbelanja buku secara online adalah dua hal yang berbeda. Kita tidak bisa melihat-lihat buku jika berbelanja online, kita harus memasukkan judul buku yang kita inginkan, tidak bisa memilih sendiri sambil berputar-putar dari rak satu ke yang lain, dari roman ke sastra, dari buku kesehatan hingga resep masakan, atau buku lama hingga buku terjemahan. Tidak bisa! Dan saya termasuk salah satu penikmat aktivitas di toko buku yang semacam itu.

Kemarin saja saat di Gramedia, total saya menghabiskan waktu dua jam lebih. Jika tidak karena sudah terlampau larut, mungkin akan lebih dari itu. Lantas apa saja yang saya lakukan? Saya membaca! Dua buah buku berhasil saya habiskan dalam waktu tersebut, sambil menahan pegal di kaki karena memang tidak disediakan kursi. Jadilah, berbagai macam pose saya peragakan, demi supaya betah berdiri selama dua jam sambil membawa buku yang tidak bisa dibilang tipis. Nah, jika belanja online, bisakah saya menikmati momen-momen semacam itu?

Baiklah, mungkin sekian saja cerita saya tentang buku dan belanja buku hingga mencapai harga yang cukup fantastis untuk saya. Tapi okelah, tak ada ceritanya perhitungan untung rugi. Sekalipun mungkin buku yang sudah saya beli hanya saya baca satu kali, sebagai penikmat buku, menjadi suatu kebanggan tersendiri buat saya jika buku yang saya baca, memang milik saya sepenuhnya.

"Hanya orang bodoh yang mau meminjamkan buku,
dan hanya orang gila yang mau mengembalikan buku"

Anda, setuju? ;)

*
Saya jadi ingat, beberapa bulan yang lalu ada seorang sohiblogger yang bertanya pada saya, 
"Jika 4 dari 5 panca inderamu ditarik Tuhan, pilihlah satu yang ingin kau pertahankan..."
dan tidak butuh waktu lama, saya pun menjawab,
"Mata..."
"Alasannya?"
"...karena melalui mata, Tuhan seringkali mengingatkanku untuk bersyukur"
Mungkin juga, termasuk rasa syukur saat saya bisa membaca... :)

28 comments:

  1. buku yg kubeli blm sempat kubaca :D

    ga punya waktu untuk membaca... walau punya buku sejarah, tapi akhirnya milih googling untuk cari tahu sejarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhe.. iya. Kadang terasa kalau membaca buku itu jadul...disaat orang lain baca ebook dari tabletnya.. -_-

      Delete
  2. aku dulu suka baca buku, dan sekarang udah jarang banget :") jadi pengen baca, ada buku yang baru tak beli belum sempet tak baca nih :")

    ReplyDelete
  3. wahh saya juga saya jugaaaaaa xD
    saya juga suka banget ke toko buku dan suka ngiri juga dengan orang2 yg belanja banyak buku. makanya klo ada event buku2 diskon,langsung saya beli banyak2 hahah xD bales dendam gituu,,hhe
    tapi selain itu, saya juga iri sama buku2 yg dipajang disana, ingin suatu hari buku karangan saya yg dipajang disana,hahah aminnn xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. sama donk mbak. Rajin banget kalo ada pameran buku, walopun kadang bingung sendiri milihnya gara-gara banyak banget yang dipengen :D

      Delete
  4. *toss
    tiada yang dapat menggantikan nikmat membaca buku

    ReplyDelete
  5. aku juga harus mulai banyak baca lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yapp,. harus dibudayakan mbak :)

      Delete
  6. wah,sama aku juga termasuk penikmat buku,,,,

    ada kenikmatan tersendiri membaca buku,apalgi pada saat perjalanan jauh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh,. ya, .terutama kalau naik kereta. asik aja gitu ya baca buku, sibuk sendiri, gak bosen walaupun sendirian :D

      Delete
  7. dulu sebelum berkeluarga bisa setiap satu atau dua buku, tapi setelah berkeluarga mau tidak mau harus bisa mengendalikan diri, disamping tempat untuk nyimpannya juga sudah makin tak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya saking banyaknya koleksi nih sampe bingung nyimpannya B-)

      Delete
  8. *tiba-tiba keinget tumpukan buku yang belum sempat dibaca*

    ReplyDelete
  9. Duh..
    Pengennn :'(

    *lagi gak bisa baca buku apapun selain buku kuliah sekarang*
    *lagi UAS*

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat UAS.. semoga sukses yaaa :D

      Delete
  10. makanya saya suka males minjem ke perpustakaan. Males ngebalikin :D

    ReplyDelete
  11. Tadinya mau aku pinjem lohh bukunya. hahaha
    btw, lagi sibuk bener yaa mba? udah jarang update lagi :D ol pun jarang. hehe

    ReplyDelete
  12. mantap tulisannya. saya suka karya tulis ini.. saya juga suka menulis coba lihat disini.. bagaimana tulisan saya menurut anda.?

    zie's for you - JalanJalan | Berkunjung | Silaturahmi

    ReplyDelete
  13. Makin banyak membaca makin bagus deh, menambah wawasan kita gan.... :)

    ReplyDelete
  14. saya kembali mengunjungi blog ini! hahah :D
    menurut saya membaca jangan dijadikan hobi, tapi dijadikan kebutuhan :)

    BTW terimakasih atas kunjungannya ke blog saya tempo hari. kalau berkenan silakan mampir lagi untuk membaca lanjutan ceritanya :)

    ReplyDelete
  15. Salam sukses deh sebelumnya

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D