27 February 2014

Empat plus Satu

kak Rahmad (#5) - kak Lani (#1) - saya (#2) - Hanafi (#4) - Nasruddin (#3)

Foto ini diambil pada tanggal 13 Februari 2014 kemarin, saat saya sedang menghabiskan liburan di Kalimantan Selatan. Mmmmh,.. sebenarnya tidak ada maksud khusus sih untuk memposting foto ini. Tapi ya, saya suka aja. Hehe... :D

Supaya tidak terlalu hampa, baiknya saya cerita sedikit ya...

Jadi, saya empat bersaudara, anak kedua. Namun sekarang tambah satu saudara lagi yang telah kami sepakati bersama sebagai anak ke lima dari Mama dan Papa, yang tidak lain tidak bukan adalah suami kakak perempuan saya :)

Hal ini terjadi pada saat hari raya Idul Fitri yang kami habiskan sekeluarga di Tana 'Ugi, Sulawesi Selatan, Agustus 2013 kemarin. Karena terakhir saya kesana adalah saat SD, jadi banyak keluarga yang lupa dengan kami, dan hampir selalu di setiap rumah keluarga yang kami datangi, mereka meminta untuk dijelaskan mana anak pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Nah, giliran tiba kak Rahmad, suami kakak saya, dengan lugunya dia mengangkat tangan sambil menyampaikan, "Saya anak ke lima!"
Kontan kami semua tertawa. Tapi yah, ide itu akhirnya kami terima hingga saat ini :D

Kami (empat bersaudara) jarang sekali berkumpul bersama. Maklum saja, kami berempat saat ini tinggal di empat lokasi yang berbeda. Kakak dan suami tinggal bersama Mama dan Papa, saya di Dompu, adik saya yang nomor tiga kuliah di Banjarmasin, sedangkan yang paling kecil saat ini memasuki tahun ke lima-nya di pesantren Darul Hijrah, Martapura, Kalimantan Selatan. Namun, mungkin itulah yang dikatakan saudara. Sekalipun jarang sekali bertemu atau tinggal bersama, saya tetap merasa dekat dengan mereka.

Bukan, bukan dekat dalam hal sering berbagi cerita atau mengenali dengan baik karakter satu sama lain, tapi sama sekali tidak ada rasa canggung diantara kami. Entah ini hanya pertanyaan bodoh saya saja, atau mungkin memang pemikiran seperti ini wajar adanya.

Jika kami berkumpul seperti kemarin, walaupun hanya dalam hitungan hari, ada kalanya kami tumplek bleg jadi satu dikamar Papa, tidur bareng diatas kasur ber empat, sambil cerita-cerita gak jelas, bercandaan sekenanya seperti anak-anak kecil pada umumnya. Yang paling sering terutama ngerjain adik saya yang paling kecil. Nyuruh ini itu --yang entah kenapa dia juga selalu nurut. Hahaha... Aneh! :))

Bertengkar? Seingat saya itu adalah kebiasaan waktu kami masih SD/SMP. Setelah kami beranjak dewasa, hal itu tidak pernah terjadi. Walaupun ini semua adalah kabar baik, namun tetap saja saya masih merasa aneh. Namun disisi lain, saya selalu berdoa dan berharap bahwa hal tersebut akan berlangsung selamanya. Tidak peduli kami sudah berumur berapa, sudah jadi apa, sudah menikah atau belum, dan lain sebagainya.

Kemudian, dia yang hampir selalu bisa menjawab segala tanya dari saya, menyampaikan, "Begitulah saudara. Terkadang mereka yang tidak pernah tinggal bersama dan jarang bertemu justru lebih akur dan akrab daripada yang sehari-hari selalu dekat,"

Begitukah?

Anyway, saya jadi penasaran dan tidak sabar menantikan anak-anak Mama dan Papa yang keenam, ketujuh, dan kedelapan selanjutnya. Semoga disegerakan! Aamiin... :">

20 comments:

  1. wah kompak sekali seragamnya ...

    ReplyDelete
  2. hahha lucu banget kalimat: anak ke lima yg telah disepakati :P

    tahu gak rie, yg bahan baju mbak tuh, belum2 suami udah rikues pengen bikin baju seragam, birunya keren katanya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha,.. Alhamdulillah kalo sukak. Iyaudah mbak, gak papa. Bilang aja yah kalo mau nitip lagi :)

      Delete
    2. rie, koq kemaren alamatnya gresik hahahhahahha anak ke enam ya? :p

      Delete
    3. Iya mbak,. gak papa. Aku tinggal di Gresik juga kok :D
      Ada apa dengan anak ke 6 mbak?? :))

      Delete
  3. aamiin-in paragraf terakhir :D

    ReplyDelete
  4. ooooohhhh... gitu to.
    sipp dah.

    solusi problematika dan kesuksesan anda, silahkan mampir disini.
    Gelang Kecubung | www.gelangkecubung.com | Jeng Riska

    ReplyDelete
  5. btul.btul.btul.. sippp.
    semangat gan.!!

    virtuarchive.web.id

    ReplyDelete
  6. persaudaraan yang indah.. semoga tetap akrab sampai kapanpun.. aamiin

    ReplyDelete
  7. kompakan bajunya, kompakan juga senyumnya, cantik dan ngguanteng.. :)

    ReplyDelete
  8. keluarga yang kompak nan bahagia nih ya

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D