11 June 2014

Tempat Menarik di Bandung

Kata "Bandung" datang dari kata bendung atau bendungan lantaran terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang dikisahkan oleh beberapa orang tua di Bandung menyampaikan bahwasanya nama "Bandung" di ambil dari suatu kendaraan air yang terbagi dalam dua perahu yang diikat berdampingan. Yang dimaksud perahu bandung adalah yang dipakai oleh Bupati Bandung, R. A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menukar ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Menurut filosofi Sunda, kata "Bandung" datang dari kalimat "Nga-Bandung-an Banda Indung", yang disebut kalimat sakral serta mulia lantaran memiliki kandungan nilai ajaran Sunda. Nga-"Bandung"-an berarti melihat atau bersaksi. "Banda" yaitu semua suatu hal yang ada di alam hidup yakni di bumi serta atmosfer, baik makhluk hidup ataupun benda mati. "Indung" yaitu Bumi, dimaksud juga untuk "Ibu Pertiwi" tempat "Banda" ada. Dari Bumi-lah seluruhnya dilahirkan ke alam hidup untuk "Banda". Semua sesuatu yang ada di alam hidup yaitu "Banda Indung", yakni Bumi, air, tanah, api, tumbuhan, hewan, manusia serta semua isi perut bumi. Langit yang ada diluar atmosfir yaitu tempat yang melihat, "Nu Nga-Bandung-an". Yang dikatakan sebagai Wasa atau Sanghyang Wisesa, yang berkuasa di langit tiada batas serta semua alam semesta terhitung Bumi. Jadi kata Bandung memiliki nilai filosofis untuk alam tempat semua makhluk hidup ataupun benda mati yang lahir serta tinggal di Ibu Pertiwi yang keberadaanya disaksikan oleh yang Maha Kuasa.

Kota Bandung secara geografis memanglah tampak dikelilingi oleh pegunungan, serta ini tunjukkan bahwasanya pada masa lalu kota Bandung memang adalah suatu telaga atau danau. Legenda Sangkuriang adalah legenda yang menceritakan bagaimana terbentuknya danau Bandung, serta bagaimana terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu, lalu bagaimana juga keringnya danau Bandung hingga meninggalkan cekungan seperti saat ini. Air dari danau Bandung menurut legenda itu kering lantaran mengalir lewat suatu gua yang bernama Sangkyang Tikoro.

Tempat Menarik Di Bandung
 
Sejarah situ patengan (foto koleksi pribadi)
Situ Patenggang (Situ Patengan). Di sini beberapa pengunjung dapat selalu mengingat indahnya alam yang dipunyai wisata Situ Patenggang. Luas lokasi wisata ini kurang lebih mencapai 60 hektar dengan keindahan alam yang asri di sekelilingnya, seperti area perkebunan teh Rancabali yang menghampar demikian luas beserta lokasi rimba pinus, serta cagar alam Patenggang yang tetap demikian sejuk.

Salah satu view Situ Patenggang yang eksotik (foto koleksi pribadi)
Gedung Sate. Terletak di Jl Diponegoro Kota Bandungelah, Gedung Sate sudah berdiri sejak 27 Juli 1920. Pada awal dibangunnya, gedung sate ini bernama "Gouvernements Bedrijven" yang didirikan dengan tujuan sebagai pusat pemerintahan Belanda, lantaran pemerintahan Belanda telah menetapakan Kota Bandung sebagai ibu kota dari jajahan Belanda.

Gedung Sate di malam hari (foto koleksi pribadi)
Hotel Murah Di Bandung
Hotel murah identik dengan traveler yang ingin hemat serta tidak keluar biaya banyak, di bawah ini saya informasikan beberapa daftar hotel murah di bandung :

Savoy Homann Bidakara Hotel
alamat: Jl. Asia Afrika No. 112 Bandung, Indonesia
telp: +62 22 4232244
website: savoyhomann-hotel.com
e-mail: info@savoyhomann-hotel.com

Grand Seriti Boutique Hotel
alamat: Jl. Hegarmanah No. 9-15 Bandung, Indonesia.
tlp: +62 22 2041680
website: www.grand-seriti.com
e-mail: reservation@grand-seriti.com

Banana Inn Hotel & Spa
alamat: Jl. Setiabudhi No. 191 Bandung, Indonesia
tlp: +62 22 2005479
website: www.banana-inn.com
e-mail: book@banana-inn.com

Tips Booking Hotel Di Bandung

Bikin Profile atau Anggota. Bikin profile atau anggota yaitu langkah mudah untuk mempercepat sistem pemesanan hotel. Langkah tersebut dapat menghidarkan Anda dari kemungkinan kekeliruan mengisi data apabila tidak berhasil dalam pengiriman. Umumnya sarana profile atau anggota ini telah disiapkan dengan cara gratis terutama apabila Anda memakai layanan agen travel on-line. Transaksi dengan cara on-line umumnya memakai e-mail, misalnya untuk mengirim elektronik voucher hotel. Cukup pastikan saja bahwa Anda memakai e-mail yang kerap Anda gunakan.

13 comments:

  1. Situ Patenggang udah ada filmnya juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau ya saya kalo filmnya. Tapi kalo jadi lokasi shooting, iya banget :D

      Delete
  2. Jadi pen ke Bandung, ada keluarga di sana. Smoga bs silaturahmi kesana... Sembari menikmati bandung.

    ReplyDelete
  3. Gedung sate sekarang indah banget kalo malem hari, dipasang lampu lampu gitu sama Walikotanya hehe.

    Btw, IMHO itu hotel-hotelnya masih lumayan mahal. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaapp,. makanya itu foto diatas aku kasih yang pas malem (selain karena alasan aku kesananya emang pas malem aja) :D
      Kalo ingin hotel yang lebih murah, bisa cek di www.traveloka.com yaa :)

      Delete
  4. Setuju sama atas ane. itu hotel-hotelnya masih mahal, tapi tetep tergantung isi kantong masing-masing.
    Jangan lupa masih ada bukit moko dan THR juanda, menarik untuk dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess,. kalo mau kunjungi semua tempat wisata di Bandung rasanya satu minggu juga masih belum cukup waktunya. :D
      Kalau mau hotel yang lebih murah silakan cari di www.traveloka.com ya :)

      Delete
  5. waahh.. armae akhirnya traveling ke bandung.. oiya itu hotel yang lo sebut masih ke masuk mahal loh disini..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwehe.. iyaaa.. akhirnya. :D
      kalau mau yang lebih murah juga banyak kok. cek sendiri di www.traveloka.com yaa :D

      Delete
  6. mantep tuh view nya, jadi pingin kesana :D

    btw, cari hotel murah di kamarmurah.com aja, klo list hotel ga ada bisa request secara offline jadi mungkin dapet harga spesial :)

    ReplyDelete
  7. wakaka... :D ajib beneuurrr... hotel "murah" nya level bertabur bintang getooo euy :p hihihi...

    ReplyDelete
  8. anjritt, pingin kesana, liat fotonya kayaknya sejuk bener :3

    ReplyDelete

Speak Up...!!! :D