20 July 2014

Libur Prematur

picture source
Sudah masuk bulan Ramadhan, pasti para perantau (termasuk saya) sudah terpikirkan tentang mudik. Yapp,. rencana itu bahkan sudah terpikirkan jauh-jauh hari, sebelum bulan puasa tiba, saat orang-orang di rumah nanyain pas momen pulang bulan lalu.

"Kapan balik lagi?"
"Lebaran disini kan...?"

Jawabku cuma, "Iyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....", sambil mikir trus lihat-lihat tanggal dan cocokkan jadwal *plus cek saldo rekening.

Awalnya tidak berencana mau mudik di dua tempat. Namun berhubung saya melihat ada kesempatan, disamping modus lain yang tidak bisa juga terabaikan begitu saja, akhirnya saya mulai memikirkan untuk mudik di dua lokasi berbeda yang cukup jauh: Gresik dan Banjarmasin. So sorry, no more Makassar for this year. :D

Tentunya yang perlu dipikirkan selain destinasi, adalah manajemen budget. Setelah dihitung-hitung, dengan rute Dompu - Surabaya/Gresik - Bajarmasin - Lombok - Dompu, lumayan membengkak juga anggaran. Bisa-bisa gaji bulan Juli habis di jalan. Tapi yasudahlah, bukan sekali ini saya melakukan hal itu. Hahahaha...

Masalah waktu juga. Cukup menguntungkan dengan tanggal lebaran yang terletak di awal minggu. Jadi liburnya akan lebih banyak saat setelah lebaran. Saya berencana untuk pulang hari Sabtu, tanggal 26 Juli 2014. Ambil cuti 8 hari kerja, jadi total libur ada dua minggu. Yah, minimal dapat sekali sahur dan dua kali buka puasa di rumah, plus sekali shalat tarawih di masjid favorit di Gresik. Rencananya begitu.

Sengaja juga saya belum pesan tiket. Bukan kebiasaan saya untuk booking tiket pesawat terlalu jauh dari hari keberangkatan. Khawatir akan ada perubahan mendadak dan lain sebagainya. Selain itu, yakin deh, H-7 sampai H-3 keberangkatan itu harga pesawat lagi cenderung turun. Atau, pilihan yang lebih mungkin ya antara harganya mulai turun dan sold out :))

Tau tau, tanggal 9 Juli kemarin, ibu OIC Manajer di Jakarta kirim email dan menyampaikan kalau akan ada meeting koordinasi di Kupang. Tanggalnya??? 21-26 Juli 2014! Whaowwwww... Udah berasa dapat durian runtuh aja nih. Alhamdulillah :)

Jadilah, jadwal yang sudah tersusun rapi di otak direset lagi. Rutenya jadi berubah, dan otomatis tanggal juga sedikit berubah. Mau nggak mau, baru tanggal 27 Juli 2014 saya bisa sampai di rumah di Gresik. Cuma dapat buka puasa doank. Besoknya udah lebaran. Sedihnya, tahun ini gak kebagian shalat tarawih dengan imam masjid yang ngajinya enak banget di Masjid Jami' Gresik. Tapi beruntungnya, anggaran untuk transportasi mudik lebaran jadi terpotong sekitar 30%nya. Lumayan bangettt kalo ini mahh :D

Efek dari kegiatan itu juga, jadinya harus lebih cepat ninggalkan Dompu. Semacam libur prematur gitu. Saat yang lain baru mulai mudik pada tanggal 25-an keatas, saya tanggal 20 sudah mulai jalan. Hehehe..

Padahal kan pake mampir dulu ya ke Kupang? Nyelesaikan kerjaan dulu gitu. Tapi, tau sendiri kan kalo di kepala saya, travel karena kerjaan itu artinya liburan. :-B Jadi ya, saya juga makin senang. Karena jujur aja, saya sudah mulai mabok dengan sate-bakso-soto-nasi goreng-mie instan yang menunya muteeeeeeeeeerrrr terus pas sahur. :))

'koleksi' tiket pesawat untuk mudik tahun ini :D

Alright, sampai ketemu pasca lebaran, teman-teman.
Selamat berkumpul dengan keluarga, sanak saudara, kawan-kawan lama.
Selamat berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan dan bulan Syawwal.
Titip salam dari saya untuk keluarga kalian ya, semoga senantiasa sehat, panjang umur, berkah, hingga bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan. Aamiiin yaa rabbal aalamiin,.

Taqabbalallaahu minna wa minkum, minal aidin wal faidziin :) 

28 comments:

  1. wah, udah mau pulang ya, Mae? cepet juga ya. Aku pernah mudik 3 hari sebelum lebaran, wekeke. Sepi malah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmmmmh,.. akuu, pernah gak yaa?? lupa. Hihi.. masalah rame ato gak bergantung arusnya Ila, kalo kita lawan arus ya sepi-sepi ajaa :D

      Delete
  2. Emang kampung Mae di Gresik sama Banjarmasin?

    Kalo saya sih rada ngeri beli tiket mepet2. Kalo bukan hari lebaran mungkin enak, bisa dapet murah. Kalo lebaran, takutnya ya itu: sold out :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah satu lagi, Bone, Sulawesi Selatan! :D
      Bergantung rute sih, karena mudik kan ada arusnya. Nah kalo pas lawan arus, insyaAllah aman-aman aja kok :D

      Delete
  3. Jauh juga ya, dari Dompu ke Gresik,
    Selamat menikmati liburan mba, jangan sampai bablas liburannya, nanti di omelin pak bos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggaaaaaaaaaakkkk,.. deket kok kalo udah biasa. Bolak balik tiap bulan juga bisa. Tapi duitnya yang tekor. Hahaha..
      InsyaAllah ga akan diomelin pak bos, karena saya ga punya pak bos, adanya bu bos :p

      Delete
  4. Alhamdulillah.. Itu yang namanya rejeki yah, Mae.. :D
    Asik donk bisa mudik.. Yeeeey ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Beb,. alhamdulillah yahh.. *ala syahrini *kibas jilbab B-)

      Delete
  5. Hmm.. temen-temenku kampung halamannya pada banyak yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau punya kampung halaman banyak?? mau aku kasi tipsnya?? :))

      Delete
    2. Eh.. itu maksudnya bukan kampung halaman beneran? Tempat kelahiran gitu

      Delete
    3. kampung halaman beneran laah, masak bo'ong2an. Tapi menurutku definisi kampung halaman gak selalu tempat kelahiran. Bisa jadi dulu asal muasal orang tua dari sana, atau dilihat juga dari kesukuan, banyaknya keluarga yang tinggal, besar dimana, bla bla bla :D

      Delete
  6. singgah, sambil mengucapkan met puasa dan minal aidzin walfaidzin

    ReplyDelete
  7. berkunjung, selamat menunaikan ibadah puasa dan mohon maaf lahir bathin, jangan lupa kumbal nya ya bu

    ReplyDelete
  8. =datang berkunjung kemari menyimak postingannya, selamat menunaikan ibadah puasa dan sebentar lg hari fitri akan tiba, sebelumnya saya mengucapkan minal aidin walfaidin mohon maaf lahir batin ya , ditunggu kunjungan baliknya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttt :)

      Delete
  9. kirian bayi aja yang prematur hehehe, selamat mudik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,. gak mau kalah sama bayi nih. hehehe

      Delete
  10. wehehehe, mudik nih ceritanya. lah kok sampe banjarmasin. bukannya asli gresik yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banjarmasin kan tempatnya orang tua :)

      Delete
  11. Senangnya yang ambil cuti 8 hari. Selamat mudik. Hati2 di diperjalanan ya, Arm. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gajadi 8 hari, jadinya 5 hari doank Idah. Tapi tetep donk, dapat liburnya dua minggu. >:)

      Delete
  12. Mohon maaf lahir batiiin :)

    THR mana THR

    #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samasama Aul, selamat lebaran juga yaa,. mohon maaf lahir batin.
      THRnya minta di pak bos atau ibu bos. ok? ;)

      Delete
  13. berkunjung kemari dalam rangka menyambut hari 17 agustus hehehe.... ditunggu kunbalnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya :)

      Delete

Speak Up...!!! :D